Siapa yang tiap menginap atau staycation di hotel atau vila pasti langsung rebahan begitu masuk kamarnya? Tenang, CASA Indonesia juga melakukan hal yang sama kok! Punya kamar seperti hotel kadang jadi impian yang membuat kita jadi enggan pulang saat harus check out. Tetapi, bukan tidak mungkin kok kita punya kamar yang super nyaman layaknya di hotel! Ada beberapa tips dari CASA Indonesia yang bisa kamu coba buat menyulap kamar kamu jadi hotel pribadi yang super cozy!

Ayo Beresin Dulu!

Jangan khawatir, tips ini berlaku untuk semua jenis kamar di manapun kamu tinggal, mau di kosan, apartemen, kontrakan, rumah pribadi… sampai rumah mertua! Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk menata kamar jadi hotel pribadi adalah dengan beres-beres terlebih dulu! Lakukan teknik decluttering atau memilah barang di kamar yang sudah tidak dipakai, biasanya ini berlaku untuk pakaian, sepatu, atau perabot lain yang menumpuk di pojok kamar.

Setelah kamu pilah, beberapa benda pasti masih layak untuk kamu jual kembali atau sumbangkan pada yang membutuhkan. Hal positif di awal pasti membawa suasana baru juga bagi kamarmu! Siapa tahu ada tambahan dari hasil jual barang, bisa beli perabot baru yang kece kan?



Meja sisi atau side table di samping ranjang merupakan furnitur yang esensial untuk kamar bergaya hotel (Foto:ESTLiving/ Anson Smart/ Stafford Architecture)


Atur Layout Kamar

Setelah kamar rapi dan lapang, coba atur layout kamar seperti layaknya hotel atau vila. Biasanya susunan kamar di hotel adalah ada meja di sisi ranjang, meja untuk bekerja di salah satu sisi ruangan, meja televisi di depan ranjang, dan kursi di sudut kamar. Tenang, bila kamarmu memiliki ruang terbatas, layout kamar rasa hotel ini bisa disesuaikan dengan luasan kamarmu kok! Seperti meja samping ranjang bisa kamu ganti dengan ambalan dinding di atas kepala dan kamu pasangkan strip light di atasnya.

Jangan lupa ukur besaran ranjang. Semakin besar ranjang sesuai dengan luas kamar, maka space untuk penataan akan semakin fleksibel. Untuk ukuran meja juga tidak perlu yang besar, kini banyak tersedia side table dengan diameter yang pas untuk kamar kamu. Begitu juga dengan kursi, carilah kursi yang unik sebagai pemanis di sudut kamar yang nanti bisa kamu pakai untuk tempat meeting virtual!

Mengakomodasi barang-barang di kamar juga bisa diakali dengan kabinet dinding yang bisa ditambahkan aksesori lampu di atasnya (Foto:ESTLiving/ Tom Blachford/ Folk Architects)

Tata Cahaya

Perhatikan setiap kita menginap di hotel pasti begitu nyaman saat istirahat. Ternyata salah satu faktor utamanya adalah pencahayaan. Kamar hotel atau vila umumnya menggunakan lampu kekuningan dan nuansa temaram. Memang tidak semua orang menyukai lampu kuning, tapi lampu kuning ternyata memiliki efek psikologi yang menenangkan untuk relaksasi otak.



Bila pekerjaanmu menuntut konsentrasi yang tinggi atau berkaitan dengan numerik, boleh gunakan lampu putih hanya pada tempat yang biasa kamu pakai untuk bekerja, misalnya seperti di meja kerja atau lampu portable yang mudah dipindahkan di manapun kamu bekerja. Pilihlah lampu-lampu meja yang unik dengan harga terjangkau untuk diletakkan pada side table di sisi ranjang, di meja kerja, atau di meja televisi. Untuk plafon, kamu juga bisa menggantinya dengan dim light atau down light LED warna kuning yang hemat energi. Oh iya, kamu juga bisa bereksperimen dengan lampu strip light yang kini banyak dijual online lho! Kamu bisa coba pasang lampu itu di kolong ranjang, di belakang meja televisi, atau di sepanjang plafon. Rasakan perbedaan kamar kamu dengan permainan tata cahaya seperti ini, setelah itu pasti rajin upload di TikTok!

Jenis pencahayaan dengan strip light sedang menjadi tren saat ini (Foto: Home-designing/ Z Design)


Aksesoris Dalam Kamar

Setelah kamar kamu punya nuansa yang baru, coba deh untuk percantik kamar dengan beberapa aksesori dan dekorasi. Yang biasa kamu serbu saat menginap di hotel adalah tumpukan bantal di ranjang. Ya, buat tumpukan bantal di ranjang bisa membuat mood untuk relaksasi jadi bertambah, tim rebahan pasti tahu banget tips ini! Tidak harus bantal angsa kok, bantal apapun jika kamu susun dengan warna sarung bantal yang seragam pasti jadi rasa kekinian.

Mencari lampu yang unik di kamar dapat memberi suasana yang berbeda (Foto: ESTLiving/ Jack Shelton/ Carole Whiting Interiors + Design)

Selain itu, kamu juga boleh mencari karpet-karpet unik untuk diletakkan di depan pintu atau di sisi samping ranjang. Tanaman hias yang sedang tren saat ini juga bisa menjadi pilihan untuk membuat kamar kamu tampil lebih segar. Jangan pilih tanaman yang akan jadi raksasa ya, pilih tanaman-tanaman mungil yang akan memberi akses hijau di kamarmu. Dan yang terakhir, jangan lupa untuk menaruh wewangian yang membuat kamar kamu semakin estetik ya!