Warna cat dinding tak hanya sekedar berfungsi untuk mempercantik ruang tamu, tetapi lebih dari itu, bisa menghidupkan suasana, meningkatkan semangat, dan bisa memengaruhi suhu ruangan. Misalnya saja, warna cat dinding yang terang akan memantulkan panas -- membuat ruangan lebih sejuk. Sedangkan warna cat dinding yang lebih gelap cenderung menyerap panas -- membuat ruangan lebih panas. Lalu, apa saja warna cat yang bisa membuat ruang tamu terasa lebih sejuk? Ini pilihannya untuk Anda!


Warna biru


(Chastity Cortijo on Unsplash)




Warna biru sangat identik dengan hal-hal yang menyegarkan. Itulah mengapa, warna biru bisa menjadi salah satu pilihan warna cat ruang tamu yang bisa membuat lebih sejuk. Selain itu, mengaplikasikan warna cat biru juga bisa membuat ruang tamu terasa lebih fresh, menciptakan nuansa tenang dan damai yang bisa memberikan mood yang positif dan kestabilan. 


Warna putih


(Photo: Jonathan Raditya (@jonathanradityas) / Arsitek: Dhanie & Sal (@dhaniesal))


Kurang lengkap rasanya jika membahas mengenai warna cat yang bisa membuat ruang tamu lebih sejuk, tetapi tidak memasukan warna putih ke dalam daftar. Menurut desainer interior Vera Villarosa-Orila, mengaplikasikan warna putih akan membuat ruang tamu terasa lebih sejuk dibandingkan dengan mengaplikasikan warna gelap. Bahkan, sudah menjadi rahasia umum jika mengaplikasikan warna putih dapat membuat ruang tamu tampak lebih luas.  


Dengan mengecat dinding ruang tamu dengan warna putih, Anda dapat mengurangi suhu ruangan -- membuatnya lebih sejuk -- yang pada gilirannya bisa mengurangi penggunaan air conditioner di rumah Anda. Jadi, lebih hemat bukan?


Warna abu-abu muda


(Photo: Andrey Avdeenko / Arsitektur: Azovskiy&Pahomova architects)


Warna abu-abu muda memiliki efek yang sama dengan warna putih saat diaplikasikan pada ruangan. Sama halnya dengan warna putih, warna abu-abu muda akan memantulkan panas sehingga membuat ruang tamu terasa lebih sejuk dan menciptakan suasana tenang. Padukan dengan sofa warna senada dan beri sentuhan tekstur kayu yang bisa membuat ruangan terasa lebih warm dan hidup. 


Warna cokelat muda


(Max Vakhtbovych on Pexels)


Warna cokelat muda yang lembut akan menciptakan nuansa ruang tamu yang tenang, hangat, dan nyaman. Selain itu, pengaplikasian warna cokelat muda pada dinding ruang tamu akan membuat ruangan tampak lebih luas. Warna cokelat muda termasuk warna terang yang bisa memantulkan panas sehingga membuat ruang tamu Anda terasa lebih sejuk. 


Warna kuning


(Max Vakhtbovych on Pexels)


Warna kuning terkenal bisa memberikan nuansa hangat dan ceria pada ruangan. Namun, bagi sebagian pemilik rumah warna kuning terkesan terlalu berlebihan dan silau saat diaplikasikan pada dinding ruang tamu. Padahal, selain menghadirkan nuansa hangat dan ceria, warna kuning dapat membuat ruang tamu Anda terasa lebih fresh, sejuk, dan bisa memberikan kesan ruangan yang luas. Kombinasikan dengan furnitur berwarna earthy tone atau abu-abu muda yang bisa membuat ruang tamu terasa lebih hangat dan homey. 




Warna hijau


(Photo & Produk: Vivere (@viverecollection) x Cottonink (@cottonink) / Desain Interior: Alvin Tjitrowirjo (@alvin_tjitrowirjo @alvint_id))


Jika Anda ingin memiliki ruang tamu yang lebih sejuk, coba aplikasikan warna hijau pada dinding ruangan. Hal ini karena, warna hijau identik dengan dedaunan dan pepohonan serta kesan alam yang menyegarkan. Selain itu, warna ini juga dianggap sebagai warna yang paling tenang untuk mata, bisa menciptakan suasana damai dan terasa lebih homey, serta dipercayai dapat menghilangkan stres. Lebih lagi, menggunakan warna hijau pada dinding ruang tamu, warna ini dapat "mendorong" rasa santai serta memiliki nuansa yang hangat untuk meningkatkan kenyamanan dan kebersamaan.


Warna lilac


(dulux.com.sg)


Warna lilac menjadi salah satu warna yang sedang tren di tahun 2021. Menggunakan warna ungu yang lembut, seperti lilac, pada ruang tamu akan membuat ruangan terlihat lebih terang, memberikan kesan manis, dan membuat ruangan terasa lebih sejuk dan dingin. Bahkan, sentuhan warna lilac bisa membuat ruangan lebih aesthetic


Jika rumah Anda mengusung konsep rumah minimalis dan tidak suka hal yang terlihat berlebihan, Anda bisa memadukan warna lilac dengan furnitur berwarna abu-abu muda atau kayu. Jika Anda ingin menonjolkan sisi feminin pada ruang tamu, Anda bisa memadukan warna ini dengan furnitur berwarna soft pink. 


Warna pink blush


(Beazy on Unsplash)


Menggunakan warna pink blush pada ruang tamu? Mengapa tidak! Warna pink blush akan membuat ruang tamu terlihat lebih terang, menghadirkan nuansa yang lebih kalem, menenangkan, dan santai, serta membuat ruangan terasa lebih sejuk. Warna ini bisa Anda padukan dengan furnitur geometris, modern, dan ramping. Dijamin, ruang tamu Anda akan terlihat lebih keren dan instagramable!


Warna coral


(furniturechoice.co.uk)


Coral merupakan warna hasil perpaduan oranye dengan merah muda. Mengecat dinding ruang tamu dengan warna ini akan membuat ruangan terasa lebih segar dan sejuk, serta memberi kesan ceria, hangat, dan bersemangat. Tambahan furnitur warna kayu yang natural, putih, atau abu-abu muda, yang akan membuat ruang tamu Anda terlihat lebih cantik. 




(Teaser: Adam Winger on Unsplash)