Tahun Baru Imlek sudah di depan mata, tepatnya tanggal 5 Februari. Bagi warga keturunan Tionghoa, Imlek dirayakan dengan bersilaturahmi ke saudara-saudara yang lebih tua.

Hari Raya Imlek di Indonesia ditetapkan sebagai hari libur nasional, yang tahun ini juga menjadi “Hari Kejepit Nasional”. Bagi Anda yang tidak merayakan, jangan khawatir tentang libur yang pendek. Anda dapat melakukan beberapa aktivitas baru di hari kejepit tersebut, di antaranya:




1. Pergi ke Mal



Bagi Anda yang tidak merayakan Imlek, pergi ke mal adalah pilihan yang tepat. Beberapa mal di Jakarta menggelar sejumlah acara untuk menyambut Tahun Baru Imlek seperti lantern festival, pertunjukan barongsai, atraksi beladiri, dan beberapa acara menarik lainnya.


2. Wisata ke China Town



Dok. Nuran Wibisono / Minumkopi.com


Tetap menikmati kemeriahan Tahun Baru Imlek, Anda dapat berwisata sebentar ke China Town yang berada di kawasan Petak Sembilan, Glodok. Dengan ornamen khas, berada di sana membuat Anda serasa di Tiongkok. Anda dapat mengunjungi salah satu Klenteng tertua di Indonesia dengan bangunan khas Tiongkoknya. Bila Anda tertarik, Anda dapat membeli beberapa ornamen khas Imlek yang lucu-lucu.


Baca juga, 15 Makanan Imlek Wajib Ada dan Membawa Keberuntungan


3. Makan Malam di Hotel atau Restaurant





Libur Imlek dimanfaatkan sebagian orang untuk menghabiskan momen bersama orang-orang terdekat. Beberapa hotel dan restaurant memang mengadakan perayaan khusus menyambut tahun baru, penawaran kamar dengan harga terbaik, hingga menikmati hidangan khas Imlek. Tempat-tempat yang dapat Anda kunjungi antara lain, Grand Mahakam, Hotel Mulia, Hotel Fairmont, dan Shu Guo Yin Xiang Restaurant.


Baca juga, 20 Inspirasi Dekorasi Imlek yang Membuat Acara Menarik

4. Olahraga



Dok. Aktual


Pada hari libur nasional, jalanan ibu kota yang lenggang dapat dimanfaatkan untuk Anda berolahraga. Lari atau bersepeda bersama teman-teman, sambil menikmati pemandangan Kota dapat menjadi hal yang menyenangkan, sekaligus membuat tubuh lebih sehat. Setelah lelah berolahraga, Anda dapat bersantai sejenak di beberapa taman kota, seperti Taman Lapangan Banteng, Taman Suropati, dan Taman Menteng.


5. Netflix and Chill!



Dok. Tvanswerman.com


Khusus bagi Anda yang malas untuk keluar rumah, atau sekedar beranjak dari tempat tidur. Anda dapat menikmati berbagai serial yang tersedia di Netflix! Di antaranya Polar, DareDevil, Black Mirror dan masih banyak lagi!



Teks oleh Edwin Hartanto

Foto teaser: Ornamen khas Imlek di Klenteng / Dok. Publicholidays.co.id