Menyambut Tahun Baru Imlek, biasanya warga ketururunan Tionghoa merapikan rumah untuk menjamu saudara atau kerabat yang datang ke rumah. Bagi yang tidak merayakan Imlek, libur Tahun Baru Imlek atau tanggal merah ini dapat dimanfaatkan untuk merapikan rumah.

Dilansir dari Apartment Therapy, Anda tidak perlu menonton Marie Kondo untuk memahami bagaimana cara merapikan rumah secara personal. Tahukah Anda, bahwa merapikan rumah juga bisa dilihat berdasarkan zodiak?

Berikut ini tips merapikan rumah berdasarkan zodiak, karena dengan zodiak yang berbeda tentu karakter orang juga akan berbeda. Tips ini memiliki pendekatan yang berbeda dalam menata rumah dan tentunya menyenangkan. 




1. Aries: Peralatan Bermain




Sifat yang aktif membuat Aries menemukan berbagai cara untuk mengisi waktu luang mereka. Tidak heran, Aries menyimpan berbagai banyak perlengkapan olahraga, permainan konsol, atau board games. Maka dari itu, mulailah merapikan barang-barang yang masih layak dipakai. Singkirkan barang-barang yang sudah cukup usang.


2. Taurus: Alat Dapur




Seseorang yang dapat diandalkan, dan layak memiliki alat yang juga dapat diandalkan. Luangkan perhatian Anda pada laci dapur, kabinet, atau rak bumbu. Dengan cara ini, Anda dapat lebih fokus di dapur, memasak dengan santai, dan melakukan sesuatu yang memang Anda sukai lebih lama di dapur.


3. Gemini: Aplikasi di Smartphone Anda




Pribadi yang impulsif dan mudah berubah tanpa alasan yang kuat. Sama halnya dengan aplikasi yang ada di smartphone Anda, penuh aplikasi yang jarang Anda sentuh. Saatnya merapikan kehidupan digital Anda. Mulailah berani dalam menghapus aplikasi yang tidak Anda pakai lebih dari satu bulan, sehingga Anda memiliki lebih banyak ruang untuk hal baru.


Baca juga, 9 Fakta Unik tentang KonMari / Marie Kondo. Siapa Dia?


4. Cancer: Barang-Barang yang Memiliki Nilai Emosional




Sebagai orang yang sensitif mengenai perasaan, Cancer banyak menyimpan barang-barang yang memiliki nilai emosional, seperti dari pemberian dari orang-orang terdekat. Anda tidak perlu menyingkirkan semuanya, tapi pilihlah barang-barang yang cukup bermanfaat untuk Anda.


5. Leo: Pakaian




Leo yang percaya diri menghabiskan banyak waktu untuk mengatur penampilan mereka. Target untuk Leo adalah merapikan sebuah lemari pakaian. Periksa pakaian Anda, dan mulai singkirkan apapun yang tidak Anda sukai. Tipsnya, jika baju itu sudah tidak Anda gunakan lebih dari 6 bulan, maka sudah waktunya disingkirkan. Anda bisa membaginya menjadi dua kategori: diberikan ke orang lain atau dijual.


6. Virgo: Kertas dan Meja Kerja




Sosok virgo yang terorganisir membuatnya lebih siap menghadapi situasi. Virgo mungkin akan bergantung pada kertas-kertas yang mencatat keperluannya. Rapikan tumpukan itu sekarang. Anda dapat berfokus pada catatan-catatan lama yang sudah usang, kalender bekas, atau pulpen yang tidak terpakai.


7. Libra: Benda-Benda Dekoratif






Berjiwa seni yang cukup tinggi, rumah tidak hanya menjadi tempat hunian saja bagi Libra, tetapi harus memiliki nilai estetika. Dalam merapikan sebuah rumah, singkirkan pajangan-pajangan yang membosankan, ganti dengan pajangan baru yang meningkatkan estetika rumah Anda. 


8. Scorpio: Laci




Sebagai pekerja keras dan ambisius, Scorpio akan menemukan kepuasan dalam tugas yang dapat mereka kuasai. Laci adalah target yang sempurna dalam merapikan rumah. Anda dapat menyingkirkan barang-barang usang yang sudah tidak dapat membantu pekerjaan Anda. Coba intip lagi laci Anda, jangan-jangan banyak peralatan yang sudah rusak namun bisa tersimpan.


9. Sagitarius: Kabinet Kamar Mandi




Produk kecantikan dan perawatan menjadi fokus bagi sagitarius, Anda dapat mencoba bersihkan lemari kamar mandi Anda. Mulai dari produk sampel hingga produk yang sudah tidak digunakan. Jika Anda buka, berapa banyak produk kosmetik yang sudah kedaluwarsa?


10. Capricorn: Kulkas dan Dapur




Capricorn adalah orang-orang yang suka melakukan sesuatu. Anda mungkin sudah cukup banyak menyimpan bahan-bahan makanan di kulkas. Sekarang saatnya menyingkirkan makanan yang sudah lama tertimbun di kulkas Anda. Tata kembali dapur Anda sesuai dengan kategorinya. 


Baca juga, Cara Menyimpan Makanan yang Ideal di Kulkas


11. Aquarius: Buku




Karakter aquarius yang tidak menentu dan menyukai sastra cenderung memiliki banyak koleksi buku di rumahnya. Ini adalah waktunya merapikan buku-buku yang sudah jarang Anda baca, terutama buku-buku fiksi. Membagikan buku kepada yang membutuhkan adalah salah satu cara membagikan sedikit wawasan kepada dunia.


12. Pisces: Gudang Penyimpanan




Sosok pisces disarankan untuk fokus menyingkirkan semua benda-benda tak terpakai yang telah tertimbun lama di gudang penyimpanan. Untuk mempermudah merapikan barang, kelompokan dan berikan label pada furnitur atau storage Anda. Jika perlu, sediakan satu papan khusus untuk mencatat to-do-list.



Sumber foto: Dok. Apartment Therapy

Foto teaser: Ilustrasi Zodiak / Dok. Apartment Therapy