Menghadirkan dekorasi untuk rumah minimalis bisa berupa pajangan, cermin, pot tanaman, furnitur, dan tentunya bingkai foto. Meletakkan foto-foto sebagai dekorasi rumah merupakan solusi desain yang sangat personal, karena tentu setiap rumah akan memiliki cerita yang berbeda-beda.


Bingkai foto cantik bisa Anda beli ataupun membuatnya sendiri dengan memaksimalkan barang yang ada di rumah. Untuk memajang foto, Anda bisa menaruhnya di bingkai foto cantik. Menjajar bingkai foto bisa dengan beberapa cara. Pertama, bisa diletakkan di atas rak atau meja. Kedua, memakunya di dinding. Ketiga, menggantungnya dengan tali di ceiling (langit-langit).




Baca juga: Cara Menyusun Bingkai di Dinding yang Rapi dan Cantik


Tips singkat dari CASA Indonesia: Memajang foto tidak selalu harus dibingkai secara konvensional dengan empat sisi kayu di sekitar foto, namun bisa ditempel dan menggunakan produk yang ada di rumah. Be out of the box and creative, let's start!


Ide bingkai foto cantik yang digantung atau ditempel di dinding

1. Besi kecil dan seuntai tali

Coba lihat sekeliling Anda, adakah besi kecil yang bisa Anda gunakan sebagai penyangga foto? Ikat tali di besi, lalu rangkai foto secara vertikal. Anda bisa merekatkan foto menggunakan solatip di sisi belakang. Sebagai pemanis, tambahkan potongan kertas bertekstur dan tassel di bagian bawah.


Lily Ardor


2. Potongan kayu dan paper clip

Cat potongan kayu dengan warna putih, lalu rangkai dan rekatkan menggunakan hot glue. Cukup jepitkan foto menggunakan paper clip dan Anda bisa mengganti foto dengan mudah sewaktu-waktu.



It's Always Autumn


3. Kawat dalam sebingkai kayu

Ide ini mungkin membutuhkan bantuan dan waktu ekstra, namun akan memberikan hasil yang sangat cantik. Kawat yang berongga dan transparan dapat menjadi solusi dekorasi dinding yang baik, karena sisi dinding tetap terlihat lega (tidak blocking).




4. Papan tulis jepit yang multifungsi

Tentu Anda familiar dengan papan tulis jepit ini, bukan? Alas tulis yang sering digunakan saat sekolah. Jika Anda memiliki beberapa alas tak terpakai, jadikan papan ini sebagai media penjepit foto. 



Better Homes & Gardens


5. Sepotong kayu lama yang dijajarkan dengan rapi

Sesuaikan ukuran foto dengan papan kayu yang Anda miliki di rumah. Pastikan papan kayu jangan terlalu lebar, biarkan foto yang menjadi primadonya. 



Design Sponge


6. Tutup kaleng yang menggemaskan

Beri tanda lingkaran (menggunakan tutup kaleng dan spidol) pada foto, potong, lalu tempelkan menggunakan hot glue. Anda bisa menambahkan magnet di sisi belakang tutup agar bisa menempelkannya di kulkas.


Meredith / unoriginalmom


7. Bingkai akrilik seperti di galeri foto

Ingin rumah seperti pameran seni dan fotografi? Gunakan papan dan baut akrilik. Tempelkan foto Anda secara presisi di tengah-tengah papan. Gunakan penggaris sebagai panduan yang akurat.





Chris Loves Julia


8. Bingkai foto kayu minimalis


Elsie + Emma / A Beautiful Mess


Bingkai foto yang digantung di ceiling sebagai dekorasi di tengah ruangan

9. Lingkaran yang menarik perhatian

Gunakan besi atau kayu lingkaran sebagai bingkai foto, lalu lilitkan pita secara vertikal atau horizontal. Anda bisa merekatkan foto menggunakan solatip di sisi belakang. Sebagai pemanis, tambahkan tanaman hias artifisial di sisi atas. Untuk menggantungkannya di ceiling, gunakan pengait dan tali plastik yang kuat. Perangkat tersebut dapat Anda temukan di toko alat tulis atau perangkat rumah.




Baca juga, 10 Tips Dekorasi Rumah Minimalis yang Praktis dan Mudah


10. Menggantung dengan tali dan track

Sistem ini merupakan cara memajang foto yang expert dan rapi. Dengan menggunakan track, Anda bisa menggeser dan memindahkan jajaran foto sepanjang jalur yang tersedia. Disarankan menggunakan, bingkai foto yang seragam, agar rapi dan stabil.



Better Homes & Gardens


Bingkai foto sebagai dekorasi cantik di meja atau rak pajangan

11. Foto yang segar

Jangan hanya memajang foto saja, namun Anda bisa menambahkan tanaman kering sebagai dekorasi cantik. Dengan diapit oleh kaca, bingkai foto ini terlihat begitu cantik, anggun, dan tembus pandang.


Elsie + Emma / A Beautiful Mess


12. Kalender lama yang menjadi bingkai foto cantik

Jangan buang kalender tahun lalu, namun maksimalkan sebagai bingkai foto dengan melubangi keempat sudut menggunakan cutter. Ukur terlebih dahulu foto yang akan dipajang, agar lubangnya sesuai.



13. Sebongkah kayu yang minimalis

Jika Anda punya penyangga seperti ini dari kalender atau brosur, gunakan sebagai bingkai foto. Cetak foto dan tempelkan di karton tebal. Sangat simple!


Artifact Uprising


14. Album foto plastik yang konvensional sekaligus modern

Mungkin Anda sering melihat album foto ini di rumah orang tua atau nenek kakek, karena sudah ada sejak dahulu kala. Untuk sentuhan yang lebih modern dan kekinian, pilih penyangga foto berbahan plastik dan berwarna pastel.



Urban Outfitters


Foto teaser: Elsie + Emma / A Beautiful Mess