Inspirasi interior rumah ala gaya Skandinavian tampaknya menjadi standar pada rumah modern dalam beberapa tahun belakangan ini.

Gaya yang berkesan bersih, fungsional, serta indah di mata merupakan daya tarik dari langgam ini kepada selera publik masa kini.




A Warm Vintage 


Namun, tak sedikit yang menganggap bahwa gaya modern yang disuguhkan oleh tren desain ini berkesan kaku dan lebih terasa seperti showroom percontohan ketimbang rumah milik sendiri. Pemikiran ini tampaknya kian mempertegas tren terbaru dalam dekor rumah masa kini, yaitu mengawinkan interior bergaya modern dengan unsur vintage.


inhouden_jr


Bukan berarti perabot atau dekorasi yang digunakan harus yang berusia tua hingga lebih dari 100 tahun, namun lebih kepada elemen interior yang kaya akan motif terutama flora era tahun 1980-an.

Mengutip opini dari Luthfi Hasan selaku desainer interior sekaligus founder dari Jakarta Vintage, terkadang dengan menghadirkan sebuah elemen vintage pada interior rumah mampu menyulap ruang bergaya modern menjadi lebih homey dan kaya akan karakter sang pemilik rumah.


Baca juga, Tips Gampang Buat Tempat Lilin Cantik untuk Dekor Rumah




Berdasarkan estetika yang disukai masa kini, produk-produk vintage untuk dekor rumah yang digunakan cenderung dibuat dalam pilihan warna pastel ataupun yang lembut. Dengan demikian, dapat melebur dengan manis bersama dengan interior rumah bergaya modern.

Bagaimana cara mendekor rumah modern dengan produk vintage ini? Berikut inspirasi tren dekor rumah masa kini dengan objek vintage.




1. Motif flora pada tirai dan lukisan dinding di ruang kerja

ju_seonyeo


2. Taplak meja warna kuning untuk meja makan

Paper Garden Korea


3. Lampu gantung unik dan bermotif dengan permukaan transparan

you_r_hythm



6. Kombinasi perabot kayu berwarna coklat tua di ruang keluarga

Dambi Home





Baca juga, 16 Ide Dekorasi Kamar Tidur Sederhana Namun Terasa Luas


9. Kombinasi tatakan piring dengan motif checkered dan dinnerware klasik berwarna pastel


jeegugonggan_vintage


10. Lampu meja dengan fixture terbuat dari kertas motif khas vintage


jeegugonggan_vintage




Foto teaser: On Riwon