The Sacred Crafts, merk yang fokus pada elemen-elemen sustainable di rumah yang berasal dari San Diego, AS ini merilis koleksi lantai kayu berjudul Kudmai Collection.


Sesuai namanya, "Kudmai" yang berarti "reborn" dari bahasa Thailand ini menjadi contoh hidupnya kembali bangkai-bangkai kapal dalam bentuk lantai kayu.






Dibandingkan memproduksi material baru, perusahaan ini berdedikasi untuk mendaur ulang material yang telah tersedia sebelumnya.


Baca juga: Kursi Lipat Terinspirasi dari Origami Agar Travel Aman


Kayu yang digunakan sebagai bahan baku utama Kudmai Collection memang datang dari kapal-kapal Thailand yang sudah berhenti beroperasi dan tidak digunakan lagi.




Kapal-kapal tersebut lalu dibongkar, lalu kayunya didesain sebagai indoor flooring. Tidak hanya untuk indoor, koleksi tersebut juga bisa digunakan untuk outdoor dan panel dinding.




Setiap panel terdiri dari kayu besi dan akasia yang telah didaur ulang setebal 4mm dengan dasar berupa plywood eukaliptus setebal 15mm.




Baca juga: Kabinet Kekinian dengan Permukaan Seperti Jelly


Koleksi Kudmai terdiri dari 3 skema warna berbeda yang bisa diubah sesuai dengan gaya dan kebutuhan.




Warna pertama yakni "Carbonized" menggunakan treatment panas dan tekanan pada kayu untuk memperkaya mineral aslinya. Artinya warna dari jenis ini tidak akan memudar dan berubah sepanjang waktu.




Warna kedua yakni "Blonde" merupakan yang paling ringan di antara yang lainnya. Dengan skema lebih ke kuning-pucat, jenis warna ini menampilkan nuansa yang lebih cerah dan segar.




Warna terakhir adalah "Nude". Skema warna ini menampilkan lantai dengan warna merah kecoklatan yang menguarkan nuansa vintage.


Sumber: Inhabitat
Foto & Teaser: The Sacred Crafts