Walaupun Jakarta dikabarkan sudah terbebaskan dari zona merah, namun travelling keluar kota dan negeri masih harus dibatasi. Lalu kapan donk bisa liburan jika kondisinya seperti ini terus? CASA Indonesia mau memberikan solusi bagi Anda, yaitu renovasi rumah bergaya vila Bali atau sering disebut dengan rumah bergaya tropis.




The Young Villas Canggu


Rumah bergaya tropis paling sering ditemukan di Indonesia karena berkesinambungan dengan iklim yang kita miliki sekarang. Hal ini meliputi banyak fitur dan elemen khas tropis seperti penggunaan material alami, pemanfaatan vegetasi serta kemampuan bangunan beradaptasi dengan lingkungan sekitar.


Fotografer: Milena Villalba / Arsitek: Piano Piano Studio

Selengkapnya, baca juga Apa Itu Desain Rumah Tropis? Yuk Baca Sambil Cari Inspirasi


Kali ini, CASA Indonesia akan memberikan beberapa inspirasi desain rumah tropis bergaya vila Bali berdasarkan areanya, seperti teras, kamar mandi, ruang tamu, bahkan ruang kerja. Selamat memanjakan mata!


Kolam renang di rumah kecil? Kenapa tidak?

Kolam renang memang identik dengan aktivitas bersantai di Bali. Lahan memang sering kali menjadi kendala untuk membuat kolam renang. Jika Anda tetap ingin membuat kolam renang, pastikan tidak dekat dengan septic tank atau saluran pembuangan karena air kolam bisa terkontaminasi. 


Sam Frost (@samfroststudio)


Untuk penggunaan pribadi, ukuran kolam renang tentunya perlu disesuaikan dengan ketersediaan lahan kosong di rumah. Namun, ukuran standar kolam renang pribadi adalah 3 x 7 meter dengan kedalaman 60 sentimeter di bagian dangkal dan 2,5 meter di bagian paling dalam. Ukuran standar ini ditujukan agar aktivitas berenang lebih leluasa dan nyaman.


Fotografer: Hiroyuki Oki / Arsitek: K.A Studio


Selain itu, Anda juga perlu menyiapkan clearance area di sekeliling kolam sekitar 50 sentimeter. Area ini juga dimaksudkan agar penghuni nyaman bergerak di sekitar kolam renang. Buatlah tumpahan air atau overflow dipinggir kolam renang, untuk menambah suasana santai. 


Fotografer: Bali Interiors (@baliinteriors) / Arsitek: Biombo Architects (@biombo_architects) / Desainer Interior: Beyond Bespoke Villas & Biombo Architects (@beyond.bespoke.villas @biombo_architects)


Selayaknya Working From Bali

Sekarang trennya bukan lagi Working from Home, tapi Working from Bali. Begitu banyak karyawan yang sistem kerjanya lebih fleksibel memutuskan untuk bekerja di Bali. Bali mengeluarkan program vaksinasi masal di Ubud dan Sanur untuk masyarakat umum dan juga turis karena proyek zona hijau.


Marissa Hermanson


Tapi tidak semua orang mempunyai kebebasan untuk working from Bali, karena sistem pekerjaan atau memiliki anak kecil yang tidak bisa ditinggal. Maka dari itu, sediakan tempat khusus untuk bekerja dan memiliki pemandangan yang membuat semangat kerja. Selayaknya rumah tropis atau vila Bali, pemandangan hijau selalu menjadi hal esensial yang buat tenang sekaligus fokus.




Agar sinar matahari tidak menggangu, Anda bisa menggunakan roman shade yang tampak rapi dan terstuktur. Roman shade atau gorden lipat menggunakan tali dan rol untuk mekanisme pengangkatan dan dibuka secara vertikal. Sering digunakan di dapur dan ruang kerja.


Fotografer: Fabien Charuau (@fabien_charuau) / Arsitektur: NP Workshop


Makan bersama alam

Material yang paling umum digunakan di vila tropis adalah kayu dan batu. Jadi jika Anda ingin menghadirkan nuansa rumah Bali modern maka gunakan material tersebut di berbagai elemen interior ataupun arsitektur. Contohnya diaplikasikan di dinding atau parket lantai. Begitu juga meja dan kursi makan kayu yang kokoh.


Fotografer: Photographix India / Arsitektur: The Grid Architects (@thegrid_architects)


Sama halnya dengan ruang kerja, area makan dan dapur biasanya semi outdoor atau beririsan dengan teras samping. Lahan merupakan salah satu pertimbangan dalam membangun rumah idaman. Untuk lahan terbatas, konsep minimalis bisa menjadi opsi terbaik bagi hunian.


Fotografer: Agnès Clotis / Arsitek: A6A


Memiliki taman hijau bisa menjadi pemandangan yang indah sembari menyantap hidangan bersama keluarga. Jangan biarkan keindahan tersebut dan udara sejuk terhenti begitu saja dengan jendela dan pintu kecil. Maksimalkan dengan sliding door besar, bahkan hingga 2 meter. Pastikan gunakan kusen dan rel yang kuat untuk memegang lembaran kaca yang besar.




Fotografer: Emanuel Velasquez, Nin Solis, Diego Padilla Magallanes / Arsitektur: em-estudio


Desain jenis pintu dapat menentukan bukaan ruang yang diinginkan. Pintu lipat atau geser merupakan alternatif untuk bukaan lebar yang memberi koneksi antara ruang dalam dan halaman belakang. 


The Young Villas Canggu


Ruang tamu penuh daya tarik

Ruang tamu pada desain rumah mewah biasanya mendapatkan perhatian desain paling besar karena didedikasikan untuk memberikan kenyamanan bagi penghuni atau tamu yang berkunjung. Pada rumah mewah tropis modern, ruang tamu kerap diselimuti oleh furnitur dengan clean look dan earthy tone (warna berunsur alam).


Fotografer: Photographix India / Arsitektur: The Grid Architects (@thegrid_architects)


Optimalkan tampilan tropis pada hunian Anda dengan merancang ruang tamu pada ruang semi terbuka. Pintu geser dengan kaca lebar merupakan solusi bagi Anda yang menginginkan pendingin ruang tetap efektif namun cahaya alami tetap leluasa masuk atau melindungi serangga pada malam hari. Tidak lupa, tatanan tanaman khas tropis kekinian harus menjadi salah satu daya tarik pada interior ruang tamu pada hunian.



Fotografer: Emanuel Velásquez, Nin Solis, Diego Padilla Magallanes / Arsitektur: em-estudio


Punya ruang keluarga yang simpel ternyata membuat rumah tampil lebih menyenangkan. Bagi Anda yang punya rumah seperti ini; yang memiliki luasan 121 m² dan didesain dengan konsep serba terbuka. Desain terbuka ini memang cocok diterapkan untuk hunian tropis karena penting untuk pencahayaan alami dan sirkulasi udara. Langit-langit yang terbuka ditutup menggunakan kaca dan ditambahkan tanaman rambat sebagai penyejuk di siang hari.


Fotografer: Hoang Le Photography / Arsitektur: ODDO architects


Untuk penghawaan, Anda bisa memilih ceiling fan dengan motif kayu atau metal sesuai dengan gaya rumah yang dimiliki, baik minimalis modern atau tropis modern. Selain itu, dengan menggunakan ceiling fan Anda berkontribusi untuk mengurangi polusi udara dari emisi freon AC. 


Kamar mandi yang Relax

Tidak hanya kamar tidur yang harus dibuat nyaman, kamar mandi pun harus memiliki suasana yang nyaman juga. Untuk menciptakan suasana yang nyaman di kamar mandi, Anda dapat memajang beberapa dekorasi pada bagian dinding. Untuk mengedepankan konsep minimalis seperti vila Bali, dekorasi yang bisa Anda gunakan adalah cermin bulat, gantungan handuk berbentuk tangga, dan lampu anyaman.


Fotografer: The Palm Co Design ( @the.palm.co ) / Desainer Interior: Bone Made ( @_bonemade )


Membahas tentang material kayu yang sering digunakan di rumah tropis, kebanyakan orang menghindari penggunaan kayu di kamar mandi. Tetapi sebenarnya, kayu merupakan pilihan nyaman karena permukaannya yang tidak dingin dan licin seperti keramik.


Fotografer: Diego Padilla Magallanes / Arsitek: em-estudio


Untuk melindungi kayu agar tidak melengkung atau berlumut, pastikan Anda memiliki exhaust fan untuk sirkulasi udara yang lancar. Selain itu, sebaiknya kayu juga diberi beberapa lapis sealant, terutama untuk area yang sangat basah seperti bathtub. Apakah Anda tertarik memiliki kamar mandi berbahan kayu?


Fotografer: Jackie Meiring ( @jackiemeiring ) / Arsitek: Cheshire Architects ( @cheshirearchitects )


Pasti risih kan kalau punya jendela terlalu besar untuk di kamar mandi. Jendela yang luas memang mengundang banyak cahaya natural pada ruangan. Plus! Bisa bantu menjaga kelembaban ruang, terutama di kamar mandi. Namun, kemungkinan besar bakal merasa risih karena takut diintip dari luar.


Fotografer: Francesco Russo / Arsitek: Dallas-Pierce-Quintero ( @dallas_pierce_quintero )


Mengatasi ketidaknyamanan ini, area jendela dapat Anda tutup dengan tanaman di dalam ruangan serta pohon untuk di bagian luar jendela. Selain itu, Anda bisa beralih dengan skylight di bagian langit-langit kamar mandi ketimbang jendela pada dinding sebagai sumber cahaya di ruangan.


Fotografer: Minq Bui / Arsitek: A-Boom Design Office


Foto teaser: Modjo Villa