Tahukah Anda dengan 1 furnitur yand disebut credenza, Anda dapat menyulap suasana dekorasi ruang tamu minimalis di rumah menjadi lebih hidup. Mengapa demikian?

Credenza adalah salah satu furnitur yang serba bisa. Bentuknya menyerupai lemari penyimpanan serta meja sehingga membuatnya memiliki beragam fungsi. Dapat ditempatkan di berbagai sudut ruang, perabot ini bisa hadir di foyer, ruang tamu, ruang makan, bahkan kamar mandi. Walaupun demikian, salah satu favorit untuk meletakannya adalah di ruang tamu.

Lalu, 1 furnitur ini bisa didekorasi seperti apa sajakah agar bantu percantik ruang tamu minimalis Anda? Berikut ide menata credenza yang tak hanya fungsional tetapi juga terlihat stylish. Selamat mencoba!




1. Meja konsol televisi yang gaya

Salah satu fungsi paling umum dari credenza. Agar tetap tampil menarik, simpan barang-barang di dalam bagian penyimpanan dan tambahkan elemen-elemen dekoratif di sisi-sisi samping televisi tapi jangan terlalu ramai. Permainan motif dan foto maupun lukisan-lukisan kecil berbingkai pada dinding belakang televisi juga menambah kesan vocal point pada sisi ini.



Westelm


2. Membuat Ilusi ruang lebih luas

Tempatkan sebuah cermin di dinding belakang credenza dan jadikan sudut ruang menjadi titik berbenah tampilan diri singkat. Tidak hanya itu, cermin besar di atasnya juga seolah dapat memperluas ruang dan suasana di dalamnya.



Reinventyourself.guide


Baca juga, 10 Inspirasi Ruang Tamu Kecil Terlihat Luas + Tips!


3. Mix and match bingkai cantik

Ciptakan zona masa lalu yang indah melalui deretan foto liburan musim lalu atau hasil karya pertama anak yang dibingkai satu per satu. Tempatkan di atas permukaan credenza atau digantung di dinding belakangnya, suasana ruang yang plain akan lebih hangat.



placeofmytaste


4. Make it personal

Bentuknya yang tidak terlalu besar membuat credenza pas dijadikan wadah penyimpanan sekaligus memajang hobi. Sementara memajang turn table vintage atau speaker favorit di atasnya, tumpukan vinyl dan kaset lagu hasil buruan dapat ditempatkan di dalam lemari penyimpanannya.



Urban Outfitter


5. Manfaatkan tekstil andalan

Punya kain tradisional warisan nenek? Atau hobi berburu kain pada saat traveling? Tempatkan di dinding belakang credenza dan ciptakan suasana berkarakter yang langsung menampilkan ciri identitas sang penghuni rumah.



Urban Outfitter


Baca juga, 8 Kombinasi Warna Cat Ruang Tamu Minimalis Terbaik


6. Galeri seni kecil

Memajang sebuah karya seni tak selau harus digantung pada dinding polos. Sandarkan di atas credenza yang cenderung bergaya netral, sertakan barang-barang kecil dengan tampilan sederhana di kanan dan kirinya, dan jadikan karya seni tersebut sebagai sorotan utamanya. Dekorasi di ruang tamu minimalis Anda jadi semakin unik dan artsy, deh!



Tellementswell




7. Mini bar kasual

Tempatkan koleksi minuman Anda pada credenza di ruang tamu sehingga memudahkan saat menjamu kerabat yang bertandang ke rumah. Simpan koleksi gelas dan botol minuman di dalam kabinet semntara itu tempatkan minuman favorit atau yang hendak diminum di atas credenza dengan sebuah baki cantik.



Bloglovin


8. Tempat pajang alat makan cantik

Tempatkan credenza di salah satu sisi ruang untuk memajang koleksi peralatan makan andalan Anda untuk moemn-momen tertentu. Berangkat dari tujuan ini, sering kali furnitur diletakkan di sisi yang dekat dengan ruang makan. Jadi, tetap menjamin kepraktisan penyimpanan dan pengambilan peranti makan.



Freshdesignpedia


9. Ruang jadi segar berkat tanaman

Keterbatasan ruang terbuka hijau pada hunian mungil dapat disiasati melalui tanaman-tanaman yang bisa ditempatkan di interior. Salah satunya dengan cara menempatkan deretan tanaman hijau dengan pot-pot senada di atas credenza. Pindahkan sesekali keluar ruangan untuk mendapatkan sinar matahari langsung dan tempatkan kembali ke dalam ruangan untuk menghadirkan suasana yang lebih segar.



sfgirlbybay


Foto teaser: Wayfair