Apakah Anda sedang mencari inspirasi desain kamar mandi minimalis; baik yang mau membuat baru ataupun sedang renovasi? CASA Indonesia telah merangkum desain kamar mandi minimalis kecil. Berapapun luasan kamar mandi, kini area ini tidak lagi sebagai ruang servis yang dipakai untuk membersihkan badan, tapi menjadi sebuah tempat pribadi yang bisa memberikan ketenangan.


Yang terpenting dalam membuat kamar mandi adalah pencahayaannya. Akan sangat baik meletakkan posisi kamar mandi yang berhadapan dengan arah matahari Barat atau Timur, sehingga kuman-kuman dapat mati berkat pancaran alami tersebut.


Berikut 11 desain kamar mandi minimalis berdasarkan material yang digunakan dan sentuhan aksen yang membuat kamar mandi terasa berbeda. 


1. Lemari kabinet yang mengikuti bentuk ruangan

Siasati penyimpanan di kamar mandi dengan membangun kabinet built-in di salah satu sisi kamar mandi. Kabinet dibagi kedalam dua tipe penyimpanan, yaitu rak terbuka untuk barang-barang yang sering digunakan sehingga lebih mudah dijangkau. Lalu, lemari berpintu kaca untuk menyimpan keperluan kamar mandi lainnya.


11 Desain Kamar Mandi Minimalis Paling Diminati di 2020

Tom Robertson Architects / Tatjana Plitt


2. Hadirkan tanaman hias yang menyegarkan

Menambahkan tanaman hias di kamar mandi dapat membantu menjaga kelembapan udara serta menghilangkan bau tak sedap. Banyak varian tanaman yang cocok untuk kamar mandi, seperti lidah buaya, peace lily, sirih gading, tanaman tersebut tidak hanya sedap untuk dipandang tetapi bisa memberi manfaat untuk menyegarkan ruangan.


11 Desain Kamar Mandi Minimalis Paling Diminati di 2020

Casey Keasler / Rafael Soldi


3. Wastafel menggantung dengan pemandangan taman

Wastafel di kamar mandi seakan melayang berkat memanfaatkan tumpuan pada dinding dengan bentangan sekitar 2,8 meter. Walaupun didominasi dengan konsep minimalis, namun kamar mandi tetap diberikan kesan asri berkat rangkaian tanaman Pakis di fernery (taman dalam ruang berisi tumbuhan pakis) yang dengan leluasa dapat dilihat dari dalam.



Baca juga, Segar dan Sehat! Temukan Khasiat Tanaman di Kamar Mandi


4. Aksen kayu di tengah kamar mandi putih

Aplikasi panel kayu pada kamar mandi mampu hadirkan suasana hangat untuk kenyamanan berelaksasi. Selain menambah nilai estetika, panel kayu dapat membantu dalam memasang cermin karena dapat merekat lebih baik daripada penggunaan keramik.


11 Desain Kamar Mandi Minimalis Paling Diminati di 2020

Bent Architects / Tatjana Plitt


5. Kamar mandi kecil yang terlihat luas

Untuk kamar mandi yang berukuran kecil, bisa disiasati dengan menggunakan kaca cermin yang besar. Kaca cermin dapat memberikan ilusi atau efek ruang yang lebih luas. Kombinasikan dengan dinding dan kabinet kamar mandi berwarna terang untuk memperkuat kesan luas.


11 Desain Kamar Mandi Minimalis Paling Diminati di 2020

Brave New Eco / Emma Brynes


6. Kamar mandi berbentuk memanjang

Memiliki kamar mandi berbentuk lorong dengan ventilasi memanjang di penghujung ruangan? Siasati dengan desain yang baik agar kamar mandi kecil terlihat mewah dan luas. Gunakan granit bermotif marmer pada area shower. Agar kamar mandi tidak terasa sesak, pilih kusen showerbox berbahan aluminium atau besi yang tipis namun kokoh.




11 Desain Kamar Mandi Minimalis Paling Diminati di 2020

SALA2 arquitetura e design / Evelyn Müller


Baca juga, 7 Tips Jitu Buat Dapur dan Kamar Mandi Lebih Berkilau


7. Pencahayaan alami yang dramatis

Untuk memberikan kesan dramatis dan suasana yang terang di kamar mandi, berikan kisi-kisi di ceiling untuk memberikan pencahayaan alami. Gunakan material yang serupa dengan cermin dan tangga handuk agar kamar mandi terlihat lebih selaras.


11 Desain Kamar Mandi Minimalis Paling Diminati di 2020

Somia Architecs & Interior dan Maekayu Interior & Furniture / Mario Wibowo


8. Lampu LED untuk listrik yang lebih hemat

Sematkan hidden lamp menggunakan LED strip di bawah kabinet dapur. Lampu warna warm light (kuning) memberikan kesan hangat dan dramatis di kamar mandi. Selaraskan dengan pintu kabinet berlapis cermin secara full. Desain seperti ini dapat membuat lorong kamar mandi terlihat luas. Untuk area shower, gunakan keramik heksagon berwarna abu-abu muda atau putih untuk ruangan yang minimalis sekaligus elegan.


11 Desain Kamar Mandi Minimalis Paling Diminati di 2020

Gabriel Cordeiro Arquitetura


9. Kamar mandi kecil juga bisa punya bathtub

Kamar mandi yang mungil bisa disiasati dengan menggunakan customized unibath berukuran compact serta palet warna dinding yang terang. Pencahayaan alami juga memberikan andil yang besar untuk memperluas ruangan


11 Desain Kamar Mandi Minimalis Paling Diminati di 2020

Arsitektur oleh Muhammad Sagitha dan Wiyoga Nurdiansyah / Sefval Mogalana


10. Cocok untuk rumah tinggi

Berikan penerangan secara alami dan nuansa asri pada powder room dengan merancang ceiling transparan. Warna dinding putih memperlebar kesan ruangan yang sempit menjadi lapang.


11 Desain Kamar Mandi Minimalis Paling Diminati di 2020

David de La Mare / Peter Landers


Baca juga, Lagi renovasi? Ini 22 Motif Lantai Keramik Kamar Mandi


11. Sliding door untuk menghemat area

Privasi menjadi salah satu pertimbangan dalam merancang kamar mandi di rumah. Sliding door terbuat dari frosted glass dengan bingkai kayu dapat dijadikan pembatas privasi serta memisahkan area basah dan kering di kamar mandi.



Foto teaser: Brave New Eco / Emma Brynes