Bandara adalah gerbang utama untuk memasuki suatu negara. Banyak negara yang berlomba-lomba mendesain bandaranya untuk memberikan kesan pertama yang memukau kepada para pendatang yang hadir. Indonesia pun tak kalah dalam menyuguhkan kreasi terkini dengan fasilitas terbaik untuk bandara terbarunya yang yang telah dibuka pada pertengahan Desember 2016 lalu bernama Terminal 3 Ultimate atau disebut T3 Ultimate.






Kemewahan dan kecangihan Bandara T3 Ultimate tak luput dari beragam fakta-fakta menarik yang patut dibanggakan.

Berikut ini CASA Indonesia menjabarkan Fakta menarik yang perlu Anda ketahui:

1. Berdasarkan namanya, ultimate adalah hasil akhir atau sesuatu yang paling megah, maka Bandara Soekarno Hatta T3 Ultimate ini ditargetkan akan menjadi bandara termegah dan terluas se-Asia Pasificdengan total area 42 hektar.


2. Lea Aziz selaku desainer interior yang meneruskan projek T3 Ultmate ini mengatakan konsep desain yang ditawarkan adalah Indonesia Menari. Para pendatang yang tiba di T3 Ultimate akan menikmati dinamika Indonesia melalui keindahan interior yang disuguhkan.


3. Setiap gate dihiasi dengan hasil photo karya photografer kebanggaan negeri, salah satunya seperti Jay subiyakto.


4. Terdapat pula Indonesia Galeri untuk mewadahi seniman Indonesia memamerkan beragam karyanya. Galeri ini pun bertujuan untuk memperkenalkan pada dunia bahwa Indonesia memiliki seniman yang hebat dan budaya yang beragam.


5. Selainjutnya, semakin terasa bahwa T3 Ultimate ini milik Indonesia terlihat dari motif cutting metal di setiap gate cek in yang di ukir indah terinspirasi dari berbagai budaya di Indonesia.


6. Dalam mempermudahkan mobilitas menuju terminal satu dan dua akan tersedia MRT yang direncanakan selesai pada 2017 mendatang.


7. Selain Damri untuk memudahkan para pengunjung yang tidak membawa kendaraan, telah dibangun jalur kereta Commuterline tujuan Bandara Sooekarno Hatta – Sudirman dan Manggarai.




8. Desain bandara T3 Ultimate berbentuk seperti huruf U, disetiap sisi kiri dan kanan bandara akan dibangun hotel berbintang untuk para pendatang agar dapat berinstirahat dengan santai dan nyaman.


9. Pada lantai satu dan dua yang berfungsi sebagai keberangkatan dan kedatangan ini akan menghadirkan 7.000 tenant mulai dari F&B hingga komersil yang 60% nya adalah lokal. Banyaknya brand dalam negeri untuk bergabung diharapkan kearifan lokal akan menjadi kekuatan dalam pesona T3 Ultimate.


10.  Terminal 3 Ultimate ini diestimasikan dapat menampung 25 juta penumpang per tahun dan akan menyaingi kualitas Bandara Changi, Singapura!

Berikut ini foto-foto kemewahan desain dari Bandara T3 Ultimate yang mungkin saja belum Anda lihat.


(pintu gate dengan fotografi karya Jay Subiyakto)


(tampilan depan dari lantai 2 ke lantai 1)


(Tampak taman T3 Ultimate)


Dokumentasi Foto: CASA Indonesia