Perjalanan Bang &Olufsen selama 90 tahun di dalam industri ini ditelusuri melalui koleksi produk bersejarah Bang & Olufsen yang dipamerkan dalam museum mini di dalam The Farm. Markas besar Bang & Olufsen ini berlokasi di di Struer, 360 km dari ibukota Denmark, Copenhagen.

The Farm yang terletak di tengah hamparan daerah peternakan di Jutland, Denmark ini terlihat menggunakan material otentik seperti black Icelandic basalt rock, hardwoods Skandinavia, kaca dan beton. Melalui dinding kaca terlihat domba-domba yang sedang merumput dengan nyaman di luar.





Santap siang khas Denmark di gedung tua yang didirikan pada tahun 1683  menyambut tamu istimewa termasuk CASA Indonesia, terdiri atas aneka open sandwich yang terbuat dari roti gandum hitam yang disebut smørrebrød.

Bir Denmark Carlsberg dan Tuborg menemani santap siang penggemar bir. Hans Christian Andersen dikenal melalui dongeng anak-anak The Little Mermaid, The Emperor’s New Clothes, The Ugly Duckling, Thumbelina, The Princess and the Pea dan masih banyak lagi.

Dokumentasi tulisan, gambar dan buku-bukunya yang diterjemahkan ke dalam lebih dari 125 bahasa ditampilkan di museum ini.





Di sinilah mereka mendemonstrasikan produk-produk terbarunya dengan penataan akustik yang cermat. Kunjungan ke showroom yang terletak tepat di sebelah ruang demonstrasi memamerkan kemampuan beragam produk canggih Bang &Olufsen.

Di sanalah berkumpul para insan di balik konsep, teknologi, desain dan craftmanship BeoLab 90 yang memberi pemahaman baru tentang keistimewaan produk ini.  Stefan K. Persson, Chief Operating Officer Bang & Olufsen menyambut kedatangan kami di ‘The Farm’.



Pemahaman ulasan Geof Martin, Tonmeister Bang &Olufsen dan Iza Mikelssen, Product Communication Consultan Bang &Olufsen tentang proses penciptaan BeoLab 90 dari konsep sampai produk akhir membangkitkan antusiasme baru bagi peserta yang hadir waktu itu.


Fasilitas Mekanik 5a dengan bahan aluminium Bang & Olufsen diproses merupakan salah satu situs produksi aluminium terkemuka di dunia. Richard Koch, Director DK Production mengurai tahapan-tahapan memproses aluminium. Terlihat robot-robot memoles, mengebor dan melekuk rangka aluminium BeoLab 90. Situs proses anodizing cukup luas.

Di sinilah aluminium diproses dengan cairan elektro kimia untuk memberi resistensi, warna dan finishing yang diinginkan. Setiap loudspeaker BeoLab 90 diuji dengan teliti di dalam ruang uji coba berukuran 11x11x11meter di dalam gedung yang sama. Sesuai dengan dimensinya ruang ini disebut The Cube.
    Brian BjØrn Hansen, Senior Manager System Solutions & Morten Hemmingsen, System Integration Consultant menjabarkan B&O Smart Home Solutions yang memungkinkan integrasi aneka perangkat di dalam hunian.

Pengikut wisata terlihat antusias ketika mengikuti penjelasan tentang Smart Home Solutions ini. Home Automation System dapat mengintegrasi semua perangkat di rumah sedemikian rupa sehingga dapat dikontrol melalui satu remote control maupun melalui ponsel. Perangkat bahkan dapat dijadwalkan untuk berfungsi pada jam-jam yang kita inginkan.

Termasuk dalam perangkat yang dapat di-integrasikan adalah TV, Sound System, CCTV, kontrol penutupan dan pembukaan pagar rumah, oven, lampu, penutup dan pembuka gordyn, penyiram kebun otomatis, robot penggunting rumput, robot pembersih kolam renang, oven dan perangkat2 lainnya. Tingkat keamanan jaringan wireless pada sistem ini sangat melegakan karena memiliki keamanan pada tingkat perbankan.
   

Kunjungan ke rumah kediaman keluarga Olufsen di Quistrup menutup acara hari itu. Kami dijamu dengan produk-produk khas setempat seperti jus bunga elder yang merupakan minuman khas musim panas di Denmark.

Di rumah inilah pendiri Bang&Olufsen, Sven Olufsen mengutak-utik ciptaan-ciptaannya 90 tahun yang lalu. CASA Indonesia mendapat kehormatan turut serta di dalam Bang&Olufsen VIP Tour dan melihat proses penciptaan akustik dan desain BeoLab 90 secara langsung.

Foto: Dok. Bang & Olufsen, Liny Agustini