Setelah booming 40 tahun lalu, teraso kembali menjadi tren pada desain interior tahun 2018 ini. Material yang tren di tahun 1970-1980-an ini adalah produk daur ulang yang dikemas dengan cita rasa seni.

Keanekaragaman corak dan warna adalah daya tarik utama yang membuat teraso tampil artistik. Pesonanya lahir dari campuran semen dan pasir dengan pecahan marmer, keramik, kaca, hingga kulit kerang.

Teraso mengalami puncak kepopulerannya di Indonesia pada tahun 1970-1980-an. Berbagai bangunan, mulai dari rumah tinggal, kantor, dan hotel, menggunakan teraso sebagai material penutup lantai.




Rupanya ketahanan dan krakter kuat pada teraso menjadi ciri khas selain dari segi visualnya. Buktinya, lihat saja pada bangunan rumah, hotel, atau perkantoran dari masa lalu, yang bertahan hingga sekarang, yang masih menggunakan lantai teraso.

Bangunan-bangunan dengan lantai teraso juga pada umumnya terasa nyaman. Mengapa? Teraso mampu memberi rasa sejuk dalam keadaan cuaca panas dan begitu pula sebaliknya; memberi rasa hangat di keadaan dingin.

Meski pesonanya sempat hilang lantaran kemajuan industri produk keramik sedari tahun 1980-an, tahun ini teraso hadir kembali menjadi tren mewarnai desain interior juga produk.

Karakter masayarakat modern yang cenderung semakin ekspresif dan kembali pada alam, membuat teraso kembali digemari. Teraso masuk ke dalam bagian dari tren dekorasi interior pada tahun 2018.

Kalau dulu hanya sebagai material penutup lantai, kini teraso tampil di berbagai hal. Bahkan permaiann corak, besaran motif, dan warnanya pun membuatnya lebih atraktif.

Pada keenam hal inilah, teraso tampil mewarnai tren desain interior 2018.

1. Dinding


Mungkin dulu hanya di lantai. Tapi kini, teraso adalah salah satu menjadikan dinding sebagai aksen dan statement. Bagi Anda yang belum berani mengekspresikannya pada satu dinding penuh, mungkin bisa dilakukan di back wall pada kitchen atau kamar mandi. Ingat, plain walls are officially out! 


2. Table Top


Baik pada dapur, kamar mandi, dan cabinet lainnya, jadikan teraso sebagai si pencuri perhatian.




3. Bathtub


Lagi-lagi karena karakternya yang kuat dan kokoh, teraso mampu menjadi material bathtub. Tidak cuma stylish, teraso juga tepat karena tahan lama.


4. Furnitur dan Aksesori


Kalau tahun-tahun lalu kita banyak menemukan tray, vas, atau side table dari marble, kini sepertinya teraso akan mewarnai pasar living products dan furnitur.


5. Motif Kain


Karena corak adalah ciri khas dan daya tarik utama teraso, banyak pula yang merespresentasikannya pada material lain, terutama kain. Tidak menutup kemungkinan jika Anda bisa mengapilkasikan material teraso pada bantal atau bahkan tirai.

Sekarang Anda sudah tahu, bukan, pada bagian mana Anda akan menggunakan teraso sebagai material hunian Anda?


(Foto: Dok. Studio David Thulstrup, My Paradissi, Transito Inicial, Dzek, Bathroomcreate.com, Popsugar.com, Sight Unseen, The Spruce, Deny Designs, Urban Otfitters)