Sekecil apapun rumah atau apartment, area yang wajib ada adalah kamar tidur, kamar mandi, dan dapur. Memang beberapa developer di masa kini yang mulai "menghapus" tawaran adanya area dapur karena dianggap bahwa masyarakat Indonesia lebih banyak memesan makanan secara online atau makan di luar. Tapi CASA Indonesia menyarankan bahwa area dapur tetap penting. 


Jikalau rumah yang Anda beli tidak ada dapur, sebaiknya sediakan area khusus walaupun kecil untuk kompor dan sink. Memang akan membutuhkan budget tambahan, tapi percayalah bahwa itu akan berguna di masa mendatang. Lalu desain kitchen set atau dekorasi kitchen set seperti apa yang cocok untuk rumah Anda?




Pertama, cek ukuran ruangan Anda. Kedua, lihat kembali kebutuhan dan kebiasaan Anda, apakah Anda tipe yang suka heavy cooking atau light cooking? Ketiga, cari inspirasi desainnya.


20 Desain Kitchen Set untuk Rumah Minimalis

instagram account @casa.deebali


Konon, fungsi dapur hanya sekadar untuk memasak atau menyantap hidangan jika berintegrasi dengan dining room. Namun dewasa ini, fungsi itu pun semakin bergeser hingga kini dapur dianggap sebagai jantung rumah dengan desain yang mengikuti tren dan gaya hidup.


Dengan kebutuhan tersebut, desain dapur atau kitchen set harus memiliki tampilan yang menarik serta nyaman. Model kitchen set minimalis sekarang begitu diminati. Berikut ini adalah desain kitchen set yang bisa menjadi inspirasi di rumah Anda.


1. Suka dengan suasana alam sembari memasak? Ini inspirasinya.

Punya rumah yang compact emang lebih efisien untuk pemanfaatan ruangnya. Misalnya rumah ini dengan luasan 236 m². Untuk area dapur dan makan, cukup memanfaatkan island di bagian dapur dan menyatu dengan ruang keluarga.



Rumah ini memang mengutamakan luasannya untuk area outdoor dan menyediakan area makan di balkon dengan pemandangan private pool di bawahnya.


2. Tampil modern dengan laci metal

Bagi yang tidak suka terlalu banyak warna dan dekorasi kitchen set yang berlebihan, Anda bisa memilih material kabinet dari metal. Selain kokoh, material ini sangat mudah dibersihkan dan tahan air. Ini juga cocok untuk penghuni yang suka gaya modern dan minimalis. 

 

20 Desain Kitchen Set untuk Rumah Minimalis

Cinqueterre dari Schiffini


3. Sentuhan nuansa alam dengan desain kitchen set minimalis

Bagi pecinta masakan, dapur menjadi tempat yang menyenangkan sehingga harus didesain dengan baik dan efisien. Namun, bagi yang sangat sibuk dan jarang memasak, sering kali kitchen set hanya sebagai tempat transisi untuk mengambil dan menyiapkan makanan cepat saji atau yang dibeli secara online. 


20 Desain Kitchen Set untuk Rumah Minimalis

Rumah Meksiko karya Tescala


Apapun habit yang Anda miliki, penting untuk membuat desain kitchen set yang menyenangkan mata, salah satunya dengan menggunakan material atau finishing berunsur kayu. Ini adalah finishing paling digemari dari tahun ke tahun. Material kayu selalu berhasil memberikan nuansa yang berbeda pada ruangan. Penggunaannya bisa menggunakan teakwood atau finishing HPL. 


Baca juga: 25 Desain Dapur Cantik yang Bisa Anda Tiru dengan Mudah


4. Putih tapi tetap bisa bersih

Seperti yang banyak diketahui orang, warna putih mampu membuat ruangan terlihat luas. Bagi orang yang suka ragu menggunakan warna putih di dapur karena takut kotor. Maka dari itu, CASA Indonesia menyarankan menggunakan desain kitchen set berwarna putih di pantry atau dapur bersih saja. 


20 Desain Kitchen Set untuk Rumah Minimalis

Country Style dari Toto Kitchen


Light cooking seperti menghangatkan makanan, membuat jus, menyiapkan breakfast tidak menyebabkan asap masakan yang tebal atau cipratan minyak, sehingga lebih aman. Akan lebih baik jika Anda rutin membersihkan dapur Anda. Seusainya memasak, langsung lap top table Anda. Lalu, bersihkan kabinet dapur minimal 1x seminggu agar debu tidak meninggalkan noda.



5. Manfaatkan pemandangan luar sebagai tontonan yang segar 

Tak jarang mencuci piring dianggap aktifitas yang membosankan dan memalaskan, tapi tentu tetap harus dikerjakan karena bisa mengundang serangga di sink. Salah satu tips dari CASA Indonesia agar Anda semangat menggunakan dapur adalah pemandangannya. Sangat cocok jika Anda memiliki dapur yang bersebelahan dengan taman atau area outdoor.


20 Desain Kitchen Set untuk Rumah Minimalis

Hikari House karya Pranala Associates

Gunakan jendela aluminum besar di depan sink agar cahaya matahari pun bisa masuk dengan baik. Kurang disarankan meletakkan kompor dekat jendela karena api bisa menyambar ke dalam rumah saat tertiup angin.


6. Aksen dapur yang cantik

Sering kali dekorasi dapur seperti lampu dan karpet sering dilupakan, padahal kedua elemen interior ini bisa memberikan suasana menarik saat memasak atau makan. Bagai menciptakan dua nuansa yang berbeda dalam satu ruang, area panty dan dining bar ini menghadirkan gaya modern tropis dengan sentuhan maskulin dan natural. 


20 Desain Kitchen Set untuk Rumah Minimalis

Desainer Interior: Leclair Decor (@leclairdecor)

Karpet dan lampu gantung bermaterialkan brass menjadi aksen yang memberi warna segar pada ruangan.


Baca juga: 14 Inspirasi Desain Dapur Mungil dan Minimalis


7. Kitchen set modern minimalis paling favorit

Motif marble masih menjadi top of mind terutama yang berwarna putih dengan sulur hitam. Anda bisa menggunakan motif ini sebagai top table ataupun backsplash (dinding dapur). Alasan motif ini banyak diminati karena warnanya yang terang memberikan efek ruangan yang luas. Pemilihan material solid surface pada top table dan marmer di backsplash dapat memudahkan perawatan serta pembersihan.


20 Desain Kitchen Set untuk Rumah Minimalis

White kitchen dari Homestolove


8. Tren backsplash yang kembali seperti dulu

Seringkah Anda melihat motif keramik seperti gambar di bawah ini? Jika melihat kembali ke desain di era 1980 dan 1990, banyak dapur yang menggunakan ceramik tile dengan nat kontras sebagai backsplash. Di awal tahun 2000, desain ini mulai ditinggalkan. Namun di era 2010-an, desain ini kembali lagi menjadi tren. Kesan vintage kembali digemari oleh generasi millenials. 


20 Desain Kitchen Set untuk Rumah Minimalis

Ikea


9. Kombinasi warna putih dan motif kayu

Kali ini inspirasi desain kitchen set minimalis berwarna putih untuk rumah compact. Kombinasi warna putih dengan material atau motif kayu adalah pilihan paling tepat karena timeless atau everlasting design.




20 Desain Kitchen Set untuk Rumah Minimalis

Instagram account @biarfotoberbicara


Tapi tahukah bahwa putih itu banyak macamnya: bright white, warm white, ivory white, dll. Kaya apa aplikasinya di interior? Baca inspirasinya di "6 Tips Mudah Memilih Variasi Cat Warna Putih Pada Rumah."


10. Kesan elegan dengan kitchen set berwarna hitam

Desain dapur ternyata juga bisa diberi sentuhan warna maskulin lho! Yang penting adalah permainan warna dari elemen interiornya seperti nuansa kayu dan warna hitam untuk kabinet dapur. Untuk tetap membangun mood pada setiap ruangan dengan pencahayaan yang tepat seperti lampu strip atau dim dengan warna warm kekuningan.


20 Desain Kitchen Set untuk Rumah Minimalis

Lepic Kitchen karya Jasper Morrison dari Schiffini


11. Dapur praktis dengan home appliances tersembunyi

Pintu kulkas yang menyatu dengan furnitur atau kabinet bisa menjadi ide desain yang rapi. Dengan sistem ini, sirkulasi ruang dan tempat penyimpanan Anda akan semakin banyak. Tapi penting untuk memberikan akses ventilasi udara di bawah kulkas, agar udara panas yang dikeluarkan kulkas tidak terperangkap di dalam. Jika tidak diberi akses, kulkas dan kitchen set akan beresiko rusak.


20 Desain Kitchen Set untuk Rumah Minimalis

Liebherr


12. Hadirkan skylight untuk pencahayaan alami pada dapur

Desain ini ada pro kontranya untuk di negara tropis. Dapur menjadi terang tanpa perlu lampu yang terlalu banyak saat siang hari, namun khawatir teriknya matahari akan membuat rumah menjadi terlalu panas. Cara menyiasatinya adalah dengan menggunakan blinds horizontal yang bisa dioperasikan secara otomatis (remote). Desain ini cocok untuk Anda yang suka ceiling rumah tinggi agar dapur tidak terasa sesak.


20 Desain Kitchen Set untuk Rumah Minimalis

Dapur di Hilton House, Toronto karya StudioAC

13. Berani bermain campur warna

Bosan dengan suasana dapur yang monoton? Apabila Anda mulai bosan dengan suasana dapur yang monoton, Anda dapat merubah suasana dapur menjadi lebih hidup dengan menghadirkan beberapa kombinasi warna. CASA punya inspirasi kombinasi warna yang bisa Anda gunakan, yaitu earthy tone! Kombinasi warna yang tepat dapat menjadikan dapur Anda menjadi segar dan bahkan terlihat baru.


Desain Kitchen Set untuk Rumah Minimalis

Prue Ruscoe (@prueruscoe)


14. Backsplash subway yang kekinian

Sama dengan poin nomor 8 yaitu backspash vintage yang kembali jadi tren. Tahukah Anda tentang sejarah brick tile (atau subway tile) ini? Desain keramik dinding putih dengan pola batu batu ini kembali marak di dunia desain. Anda tentu sering melihatnya di dapur, kamar mandi, bahkan restoran. 


Keramik putih mengkilap ini pertama kali dirancang oleh arsitek George C. Heins dan Christopher Grant La Farge untuk stasiun kereta bawah tanah di New York City pada tahun 1904. 


20 Desain Kitchen Set untuk Rumah Minimalis

Inspirasi dark grey kitchen dari Coco Lapine Design

Berkat perhatian akan higienis dari Ratu Victoria, Inggris pun mengikuti desain tersebut karena keramik ini mudah dirawat dan dibersihkan. Permukaan yang mengkilap ini dapat memantul tampilan yang bersih dan rapi. Noda akan mudah ditemukan dan bisa langsung dibersihkan, maka cocok untuk area basah.


15. Inspirasi desain dapur di apartemen kecil

Warna hitam tidak selalu membuat ruangan menjadi terasa sesak. Semua tergantung dengan kombinasi desain yang dipilih. Untuk mengimbangi pekatnya warna hitam pada kitchen set, sandingkan dengan warna putih serta backsplash bermotif unik. Jadikan warna hitam sebagai aksen, agar ruang terasa berdimensi.


Desain Kitchen Set untuk Rumah Minimalis

Andrey Kabanov


16. Desain dapur untuk pasangan muda

Dengan bentuk ruang utama yang memanjang dan bersatu dengan ruang keluarga, konsep dapur terbuka ini dapat menjadi pilihan Anda. Jika Anda tidak terlalu sering memasak-masak di dapur, 1 set counter dengan panjang 240 cm sudah cukup untuk menyimpan kompor dan instalasi sink di dapur Anda.


Desain Kitchen Set untuk Rumah Minimalis

Instagram account @biasalahanakmuda


Perpaduan warna yang hangat dengan vinyl kayu sebagai lantainya dapat membuat area ini semakin homey, juga tambahkan aksen di backsplash berupa keramik untuk memberikan kesan bersih pada ruangan.



17. Aksen tidak selalu harus warna, tapi bentuk

Jangan tutup semua rak kabinet. Selipkan satu rak terbuka untuk menghindari desain dapur yang membosankan. Anda bisa gunakan rak ini untuk menaruk gelas atau pajangan.


Desain Kitchen Set untuk Rumah Minimalis

Green Kitchen di Ukraina karya Roman Shpelyk


18. Inspirasi desain dapur untuk rumah besar

Desain Kitchen Set untuk Rumah Minimalis

Dapur minimalis karya Nendo untuk Scavolini di Da Vinci Indonesia


19. Dapur sehat, hidup pun sehat.

Jendela di dapur itu penting, setuju? Tentu! Asap dan bau masakan tidak mengendap di dalam rumah, serta dapur jadi terang. Kelilingi dapur dengan bukaan yang besar agar ruangan terpancarkan sinar matahari yang sehat. Untuk penyaring cahaya, bisa pakai roman shade atau gorden lipat menggunakan tali dan rol untuk mekanisme pengangkatan dan dibuka secara vertikal.


Desain Kitchen Set untuk Rumah Minimalis

Inspirasi kitchen set dari Mecc Interiors.inc


20. Dapur minimalis dengan desain kitchen set yang rapi tanpa handle

Kabinet tanpa handle adalah desain kitchen set yang sangat modern dan terlihat rapi. Sistem buka tutupnya bermacam-macam. Pertama, top table dengan pintu kabinet diberi jarak untuk akses jari menarik pintu, kemudian sisi atas pintu kabinet dibuat diagonal sebagai finger grip. 


Desain Kitchen Set untuk Rumah Minimalis

Dapur di London karya Larissa Johnston


Kedua, sistem push to open. Anda cukup menekan pintu dan akan terbuka, begitu juga sebaliknya untuk menutup. Gunakan engsel soft close agar pintu bisa tertutup dengan sendirinya secara perlahan.


Foto oleh CASA Indonesia, Biefbi, Liebherr, Leo Espinosa, Schffini, Toto Kitchen, Sunray Solid, Ikea, Homestolove.com.au, Hafele, Coco Lapine Design, Mario Wibowo, Andrew Snow, Rory Gardiner, Sta?le Eriksen, Yuriy Salabay, Mecc interiors inc.