Sofa adalah furnitur wajib di setiap rumah. Di ruang tamu, ruang keluarga, atau mungkin kamar tidur, sofa menyita perhatian lebih dalam pemilihannya.

Mengapa demikian? Karena sofa adalah sarana duduk bagi penghuni maupun kerabat dan tamu yang bertandang ke rumah. Oleh karena itu banyak aspek pertimbangan dalam pemilihan sebuah sofa.

Aspek kenyamanan sudah pasti jadi yang utama dalam hal pemilihan sofa. Yang berikutnya, tentu saja didominasi segi visual. Ukuran, jenis bahan dan material, serta bentuknya sangat menentukan pilihan akhir.




Oleh karena itu, jangan sampai salah pilih bentuk sofa. Setiap bentuk mewakili dan merepresentasikan karakter tertentu. Pastikan karakter Anda sebagai sang penghuni serta gaya interior rumah berpadu tepat dengan bentuk sofa yang dipilih.

Berikut ini adalah enam bentuk sofa paling umum beserta karakter yang dipancarkan.


1. Cabriole

Ciri khas: Rangka kayu yang terekspos dengan atau tanpa ukiran. Sandaran punggung menyambung hingga ke bagian lengan dengan garis melengkung. Tidak memiliki bantal punggung.

Karakter: Merepresentasikan ruang keluarga bergaya Prancis. Cabriole menampilkan kesan formal dan cantik.


2. Lawson


Ciri khas: Bentuk tegas, berisi, dan kokoh. Biasanya terdiri dari tiga dudukan (3-seater) dengan bantal punggung untuk masing-masing dudukan. Bagian lengan atau armrest lebih rendah dari sandaan atau backrest dengan bentuk melingkar maupun persegi.

Karakter: Kasual; khas gaya desain American style. Sangat mengedepankan kenyamanan.


3. English Rolled Arm


Ciri khas: Padat, biasanya memperlihatkan jahitan-jahitan kecil, bagian lengan terlihat seperti tersembunyi. Tampilannya halus dan lembut dengan bantalan-bantalan yang royal. Sering juga dilengkapi dengan roda.

Karakter: Bergaya country khas British tahun 1900-an. Cocok untuk santai dan yang mengutamakan kenyamanan bersandar.




4. Chesterfield


Ciri khas: Bagian punggung mengekspos banyak jahitan quilted yang khas. Cenderung memiliki dudukan dan sandaran yang rendah. Bagian lengan setinggi sandaran punggung dengan bentuk melingkar. Tidak memiliki bantal punggung. Pada umumnya sofa model ini banyak mengugnakan material kulit.

Karakter: Awalnya, sofa ini didesain untuk postur duduk yang baik bagi kaum pria agar baju yang dikenakannya tidak kusut. Elegan dan maskulin adalah karakter utama soda bergaya abad ke-19 ini.


5. Camelback


Ciri khas: Bentuk ramping dengan lengkungan menjulang pada bagian tengah sandarannya. Lengkungan khas ini yang menyerupai punggung unta, sesuai namanya. Lengan setinggi sandaran punggung dengan ujung persegi. Bagian kaki terekspos serta tidak memiliki bantal punggung.

Karakter: Simple namun tetap stylish seperti bentuknya yang tegak tetapi chic.


6. Tuxedo


Ciri khas: Tinggi dan kokoh. Tuxedo memiliki lengan tegap yang sejajar dengan sandaran punggung. Bentuk persegi mendominasi. Kaki terekspos dan tidak memiliki bantal punggung. Biasanya memiliki jahitan kancing (tufted) yang membentuk garis sejajar.

Karakter: Glamor dan sleek. Tegas tapi tetap detail dalam gaya. Sofa ini juga selera aktor Billy Baldwin, Jackie O, dan kolumnis majalah fashion legendaris Diana Vreeland.


(Foto: Dok. Sofa.com)