Baru saja memiliki rumah dan sedang dalam proses mengisi rumah? Atau baru saja berniat membeli TV baru di ruang keluarga?


Baca juga, 14 Sofa Minimalis untuk Ruang Tamu





Kebiasaan orang saat mencari TV baru adalah mencari tahu tentang spesifikasi TV terkini.

Namun pernahkah Anda merasa menyesal saat TV telah terpasang di ruang keluarga dan ternyata TV tersebut terlalu kecil atau besar untuk ruangan Anda?



(Rumah karya Edha Architects)

Jarak antara TV dan sofa itu penting untuk diperhatikan. Ukuran TV harus berbanding lurus dengan luasan ruang keluarga yang Anda miliki.


Baca juga, 9 Ruang Keluarga Minimalis, Sesuaikan Kultur Keluarga



TV yang terlalu besar dapat membuat ruang keluarga Anda akan terasa sempit. Jika TV terlalu kecil dan jarak dengan sofa terlalu jauh, tentu terasa tidak nyaman saat menonton film.


(Rumah Surabaya karya Goutama Design Consultant dan Valvonne Interior)


Berikut ini adalah dimensi yang bisa dijadikan tips saat memilih TV. Simak jarak antara TV dan sofa yang sesuai dengan ruang keluarga Anda sekarang. Misalkan sofa dan TV cabinet di rumah Anda berjarak 1,2 m sampai 2,4 m, disarankan Anda memilih TV berukuran 32".







Baca juga, Tips Menciptakan Ruang Keluarga yang Nyaman


(Apartment Pondok Indah karya Genius Loci)



Dewasa ini, TV tidak selalu ditaruh di atas TV cabinet. Menggantung TV di dinding juga ada teorinya.

Jika terlalu tinggi, mata Anda akan terasa lelah karena harus mendongakan kepala setiap menonton. Jadi pastikan Anda meletakannya dengan tepat.

Ilustrasi oleh CASA Indonesia

Foto opening: Rumah Kemang karya Nataneka

Foto: Dok. CASA Indonesia, Genius Loci, Sefval Mogalana / Goutama Design Consultant & Valvonne Interior, Fernando Gomulya / Edha Architects, Nataneka