Lahan merupakan salah satu pertimbangan dalam membangun rumah idaman, selain budget. Namun, semakin terbatasnya ketersediaan tanah kosong di Ibukota dan sekitarnya membuat harus memutar otak dalam merancang hunian impian.



Michael Hennesey Architecture / Adam Rouse


Dengan lahan terbatas, opsi terbaik adalah membangun rumah bergaya minimalis. Agar dapat memenuhi kebutuhan Anda di daerah perkotaan, gaya rumah ini baiknya dibangun menjulang ke atas dengan lantai minimal dua. CASA Indonesia telah mempersiapkan denah rumah minimalis di kawasan urban.


1. Denah rumah minimalis dua lantai





Clerestory House / Pearson Architecture


Identik dengan dinding dari beton ekspos, mendesain rumah minimalis dua lantai memerlukan penataan yang baik. Penataan ruang ini dilakukan agar tidak ada sudut yang terbuang sia-sia.





MHD House / 7A Architecture Studio


Namun, agar tidak melenceng dari konsep minimalisnya, interior rumah ditata dengan cara mengaplikasikan rona monokromatis, seperti putih, hitam, atau abu-abu pada furnitur, ranjang, hingga lemari hias agar menghasilkan keselarasan warna.




Loft / Korman Arquitetos


Baca juga: 12 Ide Interior Minimalis yang Bikin Betah di Rumah



2. Denah rumah minimalis split-level




Moon House / NH Village Architects


Rumah minimalis bertingkat tiga atau lebih ini biasa disebut dengan stacked split-level house. Model rumah seperti ini, memungkinkan penghuninya untuk menjadikan tiap lantai memiliki fungsi yang berbeda-beda.



Peak House / Apollo Architects and Associates



Fungsi tersebut meliputi kitchen dan dining area di lantai dasar, living room di lantai pertama, serta lantai-lantai berikutnya yang bisa digunakan sebagai area pribadi bagi tiap anggota keluarga.



3500mm House / Ago Architects





3. Denah rumah minimalis tiga kamar tidur


ThuBao's House / 85 Design


Bagi keluarga dengan domisili dan mobilisasi di tengah kota, memiliki rumah minimalis dengan tiga kamar tidur dirasa mampu untuk memenuhi kebutuhan di dalam rumah.




Zeze Osaka / Swing


Jika aktivitas di dalam rumah tidak terlalu banyak, penghuni dapat menggabungkan ruang makan dengan area living untuk memaksimalkan ruang tanpa sekat, sehingga setiap sudut lahan yang tersedia dapat digunakan secara menyeluruh.



Garage House / Horibe Associations



Baca juga: 25 Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Untuk Keluarga Muda



4. Denah rumah minimalis dengan banyak bukaan jendela



House CB005 / GAAGA



Mementingkan sirkulasi udara dan pencahayaan yang baik untuk sebuah rumah minmalis tidak hanya memberi manfaat bagi penghuninya.




Peninsula Addition / Michael Henessey Architecture


Pemasangan jendela dan pintu yang dapat menghadirkan sirkulasi yang baik mampu mengatur tingkat kelembapan dalam rumah dan akan dapat memperpanjang umur segala aspek interior rumah.



Courtyards Villa / Maena Architects



5. Denah rumah minimalis dengan area hijau



Ovule / Tomokazu Hayakawa Architects



Menghadirkan taman hijau untuk rumah minimalis urban bukanlah hal yang mustahil dilakukan.





House S / Design Integratus



Untuk menghadirkan kesan asri pada dominasi warna putih atau abu-abu pada eksterior, penghuni dapat membangun taman kecil di bagian depan rumah atau rooftop, menggunakan tanaman hias yang diletakkan di dalam pot.






Clifton Hill House / Field Office Architecture



Foto teaser: MHD House / 7A Architecture Studio