Inovasi dan pembaruan di dunia arsitektur terus berjalan seiring bergulirnya waktu. Di tahun 2019 ini, tercatat akan ada banyak bangunan arsitektur baru yang mampu menarik perhatian. Tersebar hampir di seluruh penjuru dunia, pastikan Anda mempersiapkan waktu untuk dapat bisa mengunjungi dan menikmati keindahan objek-objek arsitektur yang telah CASA Indonesia rangkum. 


1. Menara BNI 46, Jakarta



Demi menghadirkan konsep green building untuk gedung perkantoran yang baru, BNI 46 menggandeng Aboday untuk merancang menara setinggi 34 lantai tersebut. Menara BNI 46 ini berlokasi di daerah Pejompongan, Jakarta Pusat dan dinobatkan sebagai salah satu gedung ikonis di Jakarta.


2. Beijing Daxing International Airport, Beijing


11 Bangunan Arsitektur Terbaru di Tahun 2019


Zaha Hadid Architects / Methanoia


Pembangunan Beijing New Airport di Tiongkok yang didesain oleh Zaha Hadid telah masuk ke dalam tahap akhir. Bekerja sama dengan pakar dalam perancangan dan pengembangan infastruktur bandara, ADP Ingénerie, Zaha Hadid Architects berharap bandara yang akan diresmikan pada September nanti dapat menjadi jantung distribusi ekonomi untuk provinsi Tianjing dan Hebei.


3. M+ Museum, Hong Kong


11 Bangunan Arsitektur Terbaru di Tahun 2019


Herzog & de Meuron / Farrells


Digadang akan menjadi pusat budaya untuk kesenian di abad ke-20 dan ke-21, M+ Museum yang dirancang oleh Herzog & de Meuron dan Farrells akan berdiri tegak setinggi 17 lantai. Berlokasi di West Kowloon Cultural District, bangunan ini nantinya akan terintegrasi dengan moda transportasi khusus bandara.


4. 111 West 57th, New York City


11 Bangunan Arsitektur Terbaru di Tahun 2019


SHoP Architects


Di tahun ini, Sebuah bangunan yang dijuluki World’s Skinniest Building dengan tinggi mencapai 435 meter akan hadir meramaikan pemandangan skyscrapers di tengah kota New York. Dirancang oleh ShoP Architects, material utama yang digunakan pada bangunan ini adalah terakota. Pemilihan terakota dianggap melambangkan The Golden Age of Manhattan Skycraper.


5. Panda House, Copenhagen


11 Bangunan Arsitektur Terbaru di Tahun 2019


Bjarke Ingels Group / Schønherr Landscape Architects / MOE Consulting Engineers


Bjarke Ingels Group bersama Schønherr Landscape Architects dan MOE Consulting Engineers sedang mengerjakan proyek untuk Copenhagen Zoo, Denmark. Proyek ini hadir dalam bentuk rekreasi habitat untuk dua panda asal Tiongkok. Panda House dirancang menggunaan konsep Yin Yang yang merepresentasikan keseimbangan.


Baca juga: Saatnya Menelusuri Momen Paling Instagrammable di 2018


6. Courtyard Kindergarten, Beijing


11 Bangunan Arsitektur Terbaru di Tahun 2019


Mad Architects


Mad Architects, firma arsitektur asal Tiongkok mencoba untuk menggabungkan dua entitas. Usaha tersebut hadir dalam bentuk taman kanak-kanak dengan gaya klasik dari abad ke-18 yang memiliki atap berbentuk lansekap berwarna merah yang bisa digunakan sebagai outdoor activities untuk para murid.


7. Tainan Axis, Taiwan


11 Bangunan Arsitektur Terbaru di Tahun 2019


MVRDV Architects / The Urbanist Collaborative / LLJ Architects


Salah satu shopping centre di Taiwan yang kini sudah tidak beroperasi akan dialih fungsikan menjadi taman kota. MVRDV Architects asal Belanda bekerja sama dengan studio arsitek lokal merancang taman kota beserta laguna buatan untuk tempat bermain anak.


8. Kistefos Museum, Jevnaker


11 Bangunan Arsitektur Terbaru di Tahun 2019


Bjarke Ingels Group


Satu lagi karya arsitektur unik hadir dari Bjarke Ingels Group. Firma arsitektur tersebut merancang sebuah galeri seni yang juga memiliki fungsi sebagai jembatan untk menyebrangi salah satu sungai terbesar di Norwegia. Rencananya, galeri ini akan diresmikan di dalam komplek Kistefos Museum, di desa Jevnaker, Norwegia.


Baca juga: Taman Favorit! Fakta Menarik Mengenai Lapangan Banteng

 

9. The Shed, New York


11 Bangunan Arsitektur Terbaru di Tahun 2019


Diller Scofidio + Renfiro / Rockwell Group


Selain bangunan berbentuk sarang lebah, Hudson Yard, Manhattan tahun ini akan memiliki gedung pertunjukan dan pameran baru yang diberi nama The Shed. Dirancang oleh Diller Scofidio + Renfiro dan Rockwell Group. Rencananya The Shed akan diresmikan pada musim semi mendatang.


10. Nhow Amsterdam RAI Hotel, Amsterdam


11 Bangunan Arsitektur Terbaru di Tahun 2019


OMA


Bangunan RAI Hotel terbaru ini nantinya akan dinobatkan sebagai hotel terbesar di Belanda. OMA, studio arsitek yang merancangnya akan membangun hotel berkapasitas 650 kamar ini dalam bentuk segitiga yang ditumpuk.


11. Hunter’s Point Library, New York


11 Bangunan Arsitektur Terbaru di Tahun 2019


Steven Holl Architects


Di sudut kota New York yang lain, tepatnya di Queens akan berdiri Hunters Point Community Library setelah kurang lebih satu tahun pengerjaannya terhenti. Bangunan perpustakaan publik rancangan Steven Holl Architects ini akan berdiri di bibir kanal Long Island City yang akan berhadapan dengan bangunan PBB karya Le Corbusier.


Foto teaser: Mad Architects