Ruangan apa yang pertama dan terakhir yang Anda gunakan di rumah? Tentu jawabannya adalah kamar tidur. Sudah menjadi ruangan yang wajib Anda perhatikan desainnya, walau terkadang Anda merasa tidak ada waktu.


Desain kamar tidur yang baik akan mempengaruhi mood Anda saat beraktifitas. Coba bayangkan, bagaimana perasaan Anda jika setiap pagi membuka mata, lalu melihat kamar seperti hotel bintang lima? Tentu menjadi mood booster, bukan? 




Salah satu ruangan yang paling sering didesain dengan nuansa minimalis adalah ruang tidur, dengan tujuan meningkatkan kenyamanan saat Anda tengah beristirahat maupun bonding time bersama keluarga.


Poin penting untuk tema dekorasi minimalis ini adalah spacious room dengan jumlah furnitur serta detail yang tidak berlebih dan berfokus pada pemilihan warna-warna natural maupun pastel serta permainan tekstur yang akan menghidupkan suasana. 


Berikut ini CASA Indonesia memberikan 10 tips mudah dan cara menghias kamar agar ruangan Anda terasa baru lagi. 


1. Ganti seprai bermotif atau berwarna-warni


Bukan sekadar mengganti seprai seminggu sekali, namun menggantinya dengan motif baru dipercayai membuat tidur semakin nyenyak. Pilih motif dan warna yg sesuai selera Anda. Jika perlu, beli satu set dengan bed cover serta sarung bantal dan guling.




2. Hadirkan tanaman hias atau bunga di sudut kamar


Ini mungkin cara menghias kamar paling mudah namun paling cepat terlihat efeknya. Menghadirkan tanaman hias atau bunga dapat memberikan kesegaran mata, mengurangi stres, menenangkan pikiran, dan meningkatkan kualitas tidur. 



3. Tambah cushion bermotif seru di tempat tidur


Jika Anda merasa poin pertama (mengganti seprai) dirasa terlalu berlebihan karena Anda suka dengan warna netral, tenang! CASA Indonesia punya tips yang lebih sederhana dan mudah. Alihkan motif-motif tersebut pada produk yang lebih kecil, yaitu bantal. Tak hanya bermotif, Anda bisa memilih bantal dengan bentuk-bentuk menggemaskan.


cara menghias kamar dengan cushion bermotif

Jessie Schuster / Kirsten Francis


Mengutip dari Superior Custom Linens, menata bantal pun ada aturan dan triknya. Beda ukuran tempat tidur juga akan mempengaruhi jumlah dan posisi bantal. Simak tips di bawah ini.


cara menata bantal

Superior Custom Linens


Baca juga: 16 Ide Dekorasi Kamar Tidur Sederhana Namun Terasa Luas


4. Pasang wallpaper


Pilih nuansa biru untuk ruang tidur, karena warna biru mampu menampilkan suasana yang menenangkan sehingga tidur bisa terasa nyenyak. Motif pada wallpaper dinding kamar juga penting untuk dipilih dengan cermat. Gambar bangunan pada wallpaper bisa jadi ide kamar tidur modern.


cara menghias kamar dengan wallpaper

Iwan Sastrawiguna menggunakan wallpaper dari Sekata Living / @e1sastrawiguna




5. Jajarkan foto di atas tempat tidur


Menjajar bingkai foto di atas tempat tidur bisa dengan dua cara. Pertama, bisa diletakkan di atas dipan / bedhead tanpa perekat. Kedua, memakunya di dinding.


Baca juga: 14 Bingkai Foto Cantik yang Minimalis Namun Elegan



6. Bookshelf untuk pajangan atau reading corner


Bagi pecinta buku atau senang koleksi barang-barang, sediakan area khusus yang rapi di kamar tidur Anda. Rak ini bisa menjadi harta karun yang cantik, sekaligus dekorasi.


cara menghias kamar dengan rak buku

Kamar tidur Ikea / Fantastic Frank


7. Sentuhan warna dari karpet


Kamar tidur cantik bisa Anda miliki dengan hanya menghadirkan karpet. Sesuaikan ukuran karpet dengan luasan kamar dan ukuran tempat tidur Anda sebelum membeli. 


cara menghias kamar dengan karpet berwarna

Zahara Synthetic Rug Gray / Pottery Barn



cara menata karpet

Cara menata karpet di bawah tempat tidur (dalam ukuran inci) / Marina Klima


8. Cat dinding di satu sisi sebagai aksen


Tak perlu semua dinding dicat dengan warna yang sama, karena bisa lebih cepat membuat jenuh. Triknya adalah cukup aplikasikan pada satu sisi dinding saja sebagai aksen, sedangkan dinding lain bisa berwarna putih. Pilih material ceiling dan lantai yang terang untuk menonjolkan warna dinding ini.


cara menghias kamar dengan cat dinding


Baca juga: 15 Kombinasi Warna Cat Kamar Tidur


9. Makrame yang artistik


Makramé (mek-re-mei) adalah seni kerajinan merangkai tali menjadi simpul yang kerap dijadikan hiasan interior atau produk dompet. Makrame adalah salah satu kerajinan yang populer di Amerika pada tahun 1970-an.


cara menghias kamar dengan makrame

Ashley Hosmer 


10. Ganti tirai jendela


Tahukah Anda, bahwa mencuci atau mengganti gorden / tirai jendela sebaiknya seminggu sekali? Sama seperti seprai. Posisi tirai yang bersentuhan langsung dengan udara luar (saat jendela dibuka), tentu membuatnya lebih cepat kotor. 



Baca juga: Kapan Harus Bersih-Bersih?


Foto teaser: Kamar tidur karya Kirsten Diane / @kirsten.diane