Tidak bisa dipungkiri bahwa peranan dan pengaruh desain dari Bauhaus membuat sekolah desain tersebut menjadi pusat desain untuk dunia Barat, bahkan di dunia.


Rayakan 100 Tahun, Bauhaus Siapkan Gedung Berjalan




Kini, di usianya yang akan genap 100 tahun, Van Bo Le-Mentzel, arsitek asal berlin merancang karavan berukuran 15 meter persegi yang menyerupai persis bagian sayap ikonis gedung Bauhaus di Dessau.


Rayakan 100 Tahun, Bauhaus Siapkan Gedung Berjalan


Baca juga: City of Light, Pameran Pencahayaan Canggih dari Signify


Rencananya, bus Bauhaus ini akan berjalan mengelilingi empat kota dalam jangka waktu 10 bulan. Dilansir Dezeen, Savvy Contemporary, selaku penggagas tur tersebut akan melakukan simposium dan workshop bertajuk “Spinning Triangles” mengenai perkembangan desain yang seharusnya tidak melulu berkiblat ke arah Barat.




Rayakan 100 Tahun, Bauhaus Siapkan Gedung Berjalan


Baca juga: Wow! Ada Kapal Pesiar Lego Terbesar di Dunia!


Bahkan, semestinya setiap penjuru dunia perlu untuk mempelajari ciri khas desain dari tiap-tiap negara agar dapat memberi keberagaman di tengah kemajuan perkembangan dunia perancangan.




Karavan Bauhaus akan memulai perjalananya dari Dessau, menuju Berlin sekaligus merayakan 100 Tahun Bauhaus. Setelah itu melanjutkan perjalanan ke kota Kinshasa di Republik Kongo dan mengakhiri tur tersebut di Hong Kong.


Foto: dok. Dezeen