Siapa saja yang familiar dengan Museum Bank Indonesia yang berlokasi di Kawasan Kota Tua, Jakarta Utara?


Museum Bank Indonesia secara resmi dibuka untuk publik pada 21 Juli 2009. Beragam topik mengenai sejarah serta perkembangan perekonomian di Indonesia ditampilkan dalam beragam display pameran yang interaktif dan menarik.




Area Informasi Museum Bank Indonesia / CASA Indonesia

Area Informasi Museum Bank Indonesia / CASA Indonesia


Tak dapat dipungkiri jika tidak lengkap rasanya jalan-jalan di Kawasan Kota Tua, jika Anda belum berkunjung ke museum ini. Namun, apakah Anda telah mengeksplorasi seluruh informasi yang disuguhkan oleh museum ini?




Simak fakta-fakta seru yang patut Anda ketahui sebelum berkunjung ke Museum Bank Indonesia.


1. Museum yang kaya akan prestasi

Telah banyak penghargaan yang diraih oleh Museum Bank Indonesia, baik domestik maupun internasional. Di antaranya adalah museum terbaik dalam kategori sejarah/arkeologi berdasarkan survei oleh majalah National Geographic Traveler pada tahun 2011. Selain itu, terdapat penghargaan sebagai museum pintar dan museum terbaik pada tahun 2014 oleh Gubernur DKI Jakarta. 


Beberapa penghargaan yang diraih Museum Bank Indonesia / Museum Bank Indonesia

Beberapa penghargaan yang diraih Museum Bank Indonesia / Museum Bank Indonesia


2. Kunjungan di pagi hari

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Museum Bank Indonesia adalah sebelum pukul 11.00 WIB dikarenakan jumlah pengunjung yang begitu ramai. Jadi, akan lebih baik jika Anda datang lebih pagi saat bertandang ke museum ini.




Baca juga: 11 Tempat di Jakarta yang Belum Banyak Orang Tahu


3. Immersive cinema

Bekerjasama dengan Sembilan Matahari, Museum Bank Indonesia menghadirkan kisah sejarah pembangunan dari gedung museum ini melalui sinema interaktif dalam empat dimensi. 


Cuplikan dari immersive cinema di Museum Bank Indonesia / CASA Indonesia



Cuplikan dari immersive cinema di Museum Bank Indonesia / CASA Indonesia


Film yang ditampilkan berdurasi lima belas menit dan ditayangkan pada jam 11.00 WIB dan 14.00 WIB tiap hari Selasa hingga Minggu. Berkapasitas untuk dua puluh orang, immersive cinema terletak di samping toko suvenir museum. 




4. Diorama menarik di ruang sejarah

Beragam artifak serta fakta sejarah dihadirkan dalam diorama-diorama menarik dan penuh warna. Display pameran ini seakan memvisualisasi kehidupan perekonomian Indonesia saat dahulu kala.




5. Kisah di balik desain pada uang Rupiah

Ingin tahu makna dari desain-desain pada kertas dua ribu rupiah atau seratus ribu rupiah yang kini Anda miliki? Temukan makna tersebut dalam instalasi interaktif di ruang pameran terbaru oleh Museum Bank Indonesia, Area Kebijakan Bank Indonesia Periode 2012-2016.


Display interaktif di Area Kebijakan Bank Indonesia Periode 2012-2016 / CASA Indonesia

Display interaktif di Area Kebijakan Bank Indonesia Periode 2012-2016 / CASA Indonesia


Baca juga: Taman Favorit! Fakta Menarik Mengenai Lapangan Banteng


6. Sejarah dari Arsitektur Museum Bank Indonesia

Selain Area Kebijakan Bank Indonesia Periode 2012-2016, museum juga menghadirkan ruang pameran baru yang menceritakan detail-detail bangunan serta sejarah dari pembangunan museum ini.


Ruang pameran tentang sejarah arsitektur Museum Bank Indonesia / CASA Indonesia

Ruang pameran tentang sejarah arsitektur Museum Bank Indonesia / CASA Indonesia


7. Ikuti tur di Museum Bank Indonesia

Layanan tur bersama pemandu diberikan secara cuma-cuma oleh Museum Bank Indonesia. Untuk dapat mengikutinya, Anda dapat mengirimkan surat pendaftaran ke museum dan memilih jadwal yang telah disediakan, yaitu pada pukul 08.00, 10.00, dan 13.00 WIB.




Foto teaser: Instalasi tentang desain mata uang rupiah / CASA Indonesia
Dok. CASA Indonesia, Museum Bank Indonesia