Menata atau mendekorasi ruang tamu merupakan sebuah keharusan untuk menghadirkan impresi terbaik bagi sebuah rumah. Hal ini berkenaan dengan fungsinya untuk menerima orang lain, non-penghuni, yang ingin merasa nyaman berada di rumah Anda.





Namun, seiring dengan berjalannya waktu, saat ini sudah banyak rumah dengan ruang tamu yang berfungsi sebagai ruang keluarga. Tren ini hadir berkat semakin terbatasnya lahan yang tersisa untuk membangun rumah dan inovasi dalam memaksimalkan ruang di dalam rumah. CASA Indonesia memiliki tips bagaimana mendekorasi ruang tamu yang baik dan tidak berlebihan. Check it out!


1. Aplikasikan dengan warna pastel


Menghadirkan nuansa lingkungan yang kalem pada dekorasi rumah bisa dilakukan dengan mengganti warna ruang tamu.


Tips Dekorasi Ruang Tamu dengan warna

Maison du Monde

Cat tembok dan furnitur berwarna pastel untuk ruang tamu memberi kesan hangat dan juga tidak akan terasa berlebihan jika ingin di hias dengan aksesori ruang tamu tambahan lainnya, seperti patung atau vas bunga.


Baca juga: 8 Kombinasi Warna Cat Ruang Tamu Minimalis Terbaik


2. Aplikasikan frameless cabinet atau rak kaca

Kabinet atau lemari memang penting sebagai dekorasi di area ruang tamu, karena Anda dapat mengisinya dengan hiasan atau aksesori yang menunjukkan kepribadian Anda.


Tips Dekorasi Ruang Tamu dengan rak kaca

Christopher Ward Studio

Memilih kabinet tidak bisa sembarangan. Untuk ruang tamu yang kecil, disarankan menggunakan rak kaca frameless atau frame ramping. Bagi Anda yang suka traveling, rak pajangan bisa dijadikan tempat harta karun yang menceritakan setiap perjalanan Anda.


3. Pilih sofa yang sesuai dengan luas ruang


Melengkapi alternatif mengganti kabinet tinggi dengan yang lebih compact, bisa Anda aplikasikan juga dengan furnitur, seperti sofa yang akan digunakan sebagai pelengkap dekorasi ruang tamu Anda.




Karena perannya yang penting, sofa jenis tuxedo berukuran sedang dapat menjadi pilihan terbaik ketika Anda memiliki ruang tamu di rumah dengan lahan terbatas.


4. Hias dengan cermin


Kehadiran cermin dalam ruang tamu tidak hanya berfungsi sebagai aksen dekorasi yang menunjukan kesan elegan. 

Tips Dekorasi Ruang Tamu dengan cermin

West Elm

Cermin juga mampu menghadirkan ilusi yang membuat ruang tamu Anda menjadi sedikit luas berkat refleksinya. Untuk jenis cermin, Anda bisa sesuaikan dengan gaya yang rumah Anda miliki, apakah itu berlanggam klasik atau minimalis modern.


Baca juga: 17 Ruang Tamu Minimalis yang Super Nyaman


5. Indoor plants sebagai tambahan warna alami


Untuk memberi suasana yang sejuk dan asri di dalam rumah, tambahkan satu hingga dua buah tanaman hias di dalam pot kecil yang ditata rapi di sudut ruang tamu Anda.




Tidak hanya menghadrkan kesan alami, namun juga nyaman bagi pandangan yang terpaku dengan warna dinding solid


6. Kesan elegan dengan furnitur tembaga


Jika Anda memiliki coffee table dari kayu yang digunakan di tengah ruang tamu, tambahan coffee table dari copper atau tembaga mampu maksimalkan kesan elegan pada dekorasinya.


Tips Dekorasi Ruang Tamu dengan furnitur tembaga

Erika Lapresto / Studio D / Good Housekeeping

Dengan berada di spektrum warna yang hampir sama, copper dan wood tampil selaras dan saling melengkapi sebagai bagian dekorasi ruang tamu.




7. Pilih fabric coverings sesuai konsep


Ruang tamu adalah ruangan pertama yang orang lain lihat sebelum masuk ke dalam rumah Anda secara keseluruhan. Dengan hal itu, gaya dan konsep yang diusung untuk hunian harus diperlihatkan pada dekorasi ruang tamu.


New and Fresh! 12 Tips Dekorasi Ruang Tamu Kekinian

Gardenia / Romo

Jika Anda memilih gaya klasik atau art deco, bisa memilih fabric covering untuk sofa dan cushion dengan pola garis horizontal atau geometris, sedangkan untuk eco-friendly house pilihlah fabric covering yang polos tanpa pola agar tidak terlihat berlebihan dekorasinya.


8. Tirai menambah manisnya ruang tamu


Semakin banyaknya jendela yang Anda gunakan, Anda membutuhkan lebih banyak tirai untuk menutupinya. Selain sebagai penangkal sinar matahari dan untuk privasi, tirai dapat menambah nilai estetika ruang tamu.


Tips Dekorasi Ruang Tamu dengan tirai

Pottery Barn

Untuk keselarasan dan dekorasi yang maksimal, pilih curtain tipe sheer, rod pocket, draperies, dan eyelet dengan motif polos jika dinding ruang tamu Anda sudah terhias dengan wallpaper, foto, serta lukisan. Selain itu, aplikasikan gordyn bermotif floral untuk tembok yang polos.


9. Terang dan trendy dengan lampu gantung


Lampu gantung bisa menjadi centrepiece yang cantik di ruang tamu. Pemilihan lampu gantung harus disesuaikan dengan desain interior ruangan secara keseluruhan. Memang tidak ada salahnya, jika Anda memiliki ruangan bergaya modern namun menggunakan chandelier. Ruangan tersebut bisa berkonsep eklektik. Semua kembali ke selera masing-masing.


Tips Dekorasi Ruang Tamu dengan lampu gantung

Northern / Chris Tonnesen

Agar tetap menghadirkan kesan elegan namun tetap up to date, Anda bisa hadirkan melalui pendant lamp bergaya kontemporer dengan garis desain geometris.




Baca juga; 14 Hal yang Harus Ditanyakan ke Desainer Interior Rumah


10. Ceiling fan sebagai alternatif hiasan langit-langit


Jika dirasa pendant lamp terlalu membuat dekorasi ruang tamu yang diinginkan berlebihan, Anda bisa menggantinya dengan ceiling fan.


New and Fresh! 12 Tips Dekorasi Ruang Tamu Kekinian


Rumah Rima Marcel Karya Rima Melati Adams / CASA Indonesia

Anda bisa memilih ceiling fan dengan motif kayu atau metal sesuai dengan gaya rumah yang dimiliki, baik minimalis modern atau tropis modern. Selain itu, dengan menggunakan ceiling fan Anda berkontribusi untuk mengurangi polusi udara dari emisi freon AC. 


11. Hadirkan jendela dunia melalui reading corner


Saat ini, ruang tamu dan ruang keluarga telah menjadi sebuah kesatuan untuk rumah-rumah modern. Menggabungkan fungsi tersebut, menambah juga tempat aktivitas untuk keluarga di rumah.


Tips Dekorasi Ruang Tamu dengan reading corner

Emily Henderson / Alison Bernier

Menambahkan reading corner di ruang tamu Anda, tentu memberi ruang lebih untuk menambah pengetahuan bagi Anda dan seisi keluarga.


12. Wall of Fame sebagai sentuhan personal


Tentu dengan fungsinya yang merambah sebagai ruang keluarga, ruang tamu di rumah modern perlu dihias dengan beberapa foto-foto keluarga yang memorable.


New and Fresh! 12 Tips Dekorasi Ruang Tamu Kekinian

@stylizimoblog / Domino

Namun, jangan lupa untuk memilih figura yang selaras dengan warna dinding. Frame monokromatis menjadi pilihan yang aman untuk dipajang sebagai dekorasi ruang tamu.


Baca juga: Cara Menyusun Bingkai di Dinding Yang Rapi dan Cantik


Foto teaser: West Elm