Mendekorasi ulang rumah tidak semata-mata harus membeli furnitur baru hanya untuk menghadirkan nuansa fresh di tahun yang baru. Dengan sedikit kreativitas dan usaha, furnitur-furnitur lama Anda, tentu tidak hanya akan terlihat seperti baru, bahkan dapat jadi beda dari sebelumnya. Berikut tips untuk memperindah furnitur lama Anda yang telah CASA Indonesia rangkum.


Tips Menyulap Furnitur Lama Menjadi Seperti Beli Baru



Kring Table / Santai Furniture

1. Kayu


Kayu merupakan material yang cukup versatile dan mudah untuk direkondisikan. Jika terjadi penuaan warna, Anda bisa sedikit demi sedikit menyerut kulit luar dari furnitur kayu yang dimiliki.


Sulap Furnitur Lawas Menjadi Baru dengan Cara Ini

Ashley Poskin / Apartment Therapy


Selain itu, bisa poles permukaan furnitur kayu Anda dengan minyak atau cairan khusus agar memperpanjang umur serat kayu. Untuk menghadirkan sesuatu yang baru, Anda bisa mencat ulang, bahkan Anda bisa tambahkan aksen-aksen debu atau ampas kopi sebelum dilapis kembali dengan pernis untuk memberi kesan relic pada meja atau kursi kayu di rumah.


2. Kulit


Furnitur dengan lapisan kulit biasanya ada pada sofa. Untuk membuat sofa kulit selalu mengkilap dan terlihat sehat, Anda bisa dengan rutin membersihkannya dengan cairan pembersih khusus atau dengan campuran air perasan lemon dan krim tartar yang tentunya mudah diaplikasikan.


Tips Menyulap Furnitur Lama Menjadi Seperti Beli Baru

Colosseo Sofa / Natuzzi Italia

Untuk menutupi kerutan pada bagian permukaan, bisa diatasi dengan menambah busa sofa, agar kulitnya terlihat kencang.


Baca juga: Sudah Dicoba! 10 Cara Menghias Kamar Menjadi Baru Lagi


3. Velvet


Membersihkan furnitur berbahan velvet tidaklah sulit, hanya perlu perhatian lebih. Dengan menggunakan fabric steamer yang cairannya berasal dari campuran baking soda dan air perasan lemon, mengangkat noda bandel di permukaan furnitur akan menjadi mudah.


Sulap Furnitur Lawas Menjadi Baru dengan Cara Ini



Mike Garten / Good Housekeeping


Untuk menghadirkan kesan baru, Anda bisa gunakan fabric cover dengan model terkini untuk furnitur velvet di rumah agar terlihat lebih up to date.


Baca juga: 7 Tips Hemat Memperbaiki Dapur Lama Menjadi Baru


4. Metal


Sebelum memulai memberi new looks pada furnitur-furnitur Anda yang berasal dari metal, coba untuk bersihkan karatnya terlebih dahulu. Untuk membersihkan karat, banyak sekali cara yang mudah dan bahan-bahannya bisa Anda temukan di dalam rumah.


Tips Menyulap Furnitur Lama Menjadi Seperti Beli Baru

Barrel Side Table / Box Living

Anda bisa taburkan baking soda di atas permukaan karat dan diamkan selama satu jam setelah dibersihkan dengan air. Selain itu bisa juga merendamnya dengan cuka masak selama semalaman. Setelah bersih dari karat, Anda bisa memperindah furnitur metal dengan menggunakan cat semprot akrilik.


5. Marmer


Noda kecokelatan seperti karat di permukaan marmer akan muncul seiring lamanya pemakaian dan paparan sinar matahari. Seperti kulit manusia, permukaan marmer juga sensitif dan mudah sekali mengalami perubahan warna.


Tips Menyulap Furnitur Lama Menjadi Seperti Beli Baru

Standus Table / MM Gallery

Untuk membersihkannya, rendam bola-bola tisu dalam larutan amonia dan hidrogen peroksida, lalu tempelkan ke bagian noda pada marmer. Lalu bungkus dengan plastic wrap dan tunggu selama dua hingga tiga hari dan bilas. Marmer Anda akan kembali bersih dan bersinar.


Selamat mencoba.


Foto teaser: Plaid