Tahun 2018 merupakan tahun yang monumental untuk pembangunan gedung pencakar langit kategori supertall. Tahun lalu banyak gedung supertall yang telah rampung.


12 Skyscraper Tertinggi di 10 Tahun Terakhir



Skyscraper Center


Masuk di tahun 2019, CASA Indonesia telah menyiapkan beberapa daftar gedung pencakar langit tertinggi selama sepuluh tahun terakhir berdasarkan data yang diambil dari Skyscraper Center.


1. Burj Khalifa, Dubai


Pertama kali berdiri di tahun 2010, hingga saat ini Burj Khalifa masih memegang rekor sebagai gedung pencakar langit tertinggi di dunia.


12 Skyscraper Tertinggi di 10 Tahun Terakhir

Burj Khalifa


Tercatat gedung yang dirancang oleh Skidmore, Owings & Merill LPP ini memiliki tinggi 829,8 meter dengan 163 lantai. Gedung ini berfungsi sebagai perkantoran, hotel, hingga residensial.


2. Shanghai Tower, Shangai


Dirancang oleh Gensler dan diresmikan pada tahun 2015, Shanghai Tower menempati tempat kedua sebagai gedung tertinggi di dunia.


12 Skyscraper Tertinggi di 10 Tahun Terakhir

Shanghai Tower / Gensler


Gedung ini tercatat berdiri setinggi 632 meter dan jika dilihat dari kejauhan, seakan terlihat dikonstruksi secara spiral. Perspektif tersebut hadir berkat pantulan bias cahaya dari jendela. 


3. Makkah Royal Clock Tower, Mekkah


Letaknya yang bersebrangan dengan Masjid Al-Haram, gedung yang memiliki nama lain King Abdul Aziz Endowment Tower ini, lantas menjadi gedung yang mencuri perhatian.


12 Skyscraper Tertinggi di 10 Tahun Terakhir

Makkah Royal Clock Tower / Saudi bin Ladin Group


Peringkat tertinggi ketiga dunia jatuh pada gedung setinggi 601 meter ini. Selain itu, secara regional Timur Tengah menjadi gedung tertinggi kedua setelah Burj Khalifa


4. Ping An Finance Center, Shenzhen


Seperti sebuah roket jika terlihat dari kejauhan, Ping An Finance Center di Tiongkok menempati posisi keempat sebagai gedung tertinggi di dunia.


12 Skyscraper Tertinggi di 10 Tahun Terakhir

Ping An Finance Center / Kohn Pedersen Fox


Gedung yang memiliki 115 lantai ini diresmikan di tahun 2017 dan hanya diperuntukkan sebagai gedung perkantoran.


5. Lotte World Tower, Seoul


Menjadi menara tertinggi di Korea Selatan, Lotte World Tower memiliki garis desain gedung yang unik. Konsep desain pada gedung tersebut hadir berkat pengaruh kesenian dan kebudayaan tradisional Korea Selatan.


12 Skyscraper Tertinggi di 10 Tahun Terakhir

Lotte World Tower / Kohn Pedersen Fox


Dengan 123 lantai, gedung ini memiliki tinggi 555,7 meter dan difungsikan sebagai perkantoran, hotel, serta pusat perbelanjaan. 


Baca juga: Hebat! Gedung Tertinggi di Dunia yang Terbuat dari Kayu


6. One World Trade Center, New York City


Menggantikan gedung kembar pasca 9/11, One World Trade Center mengokupasi ¼ lahan kantor yang runtuh di tahun 2001.


12 Skyscraper Tertinggi di 10 Tahun Terakhir

One World Trade Center / Durst




Diresmikan di tahun 2014, gedung ini kembali menjadi salah satu ikon untuk Manhattan Skyscrapers bersama dengan Empire State Building dan Chrysler Building.


7. Guangzhou CTF Finance Center, Guangzhou


Menempati posisi ketujuh tertinggi di dunia, gedung ini berada di jantung perekonomian kota Guangzhou. Dengan total 111 lantai, selain menjadi kantor, gedung ini memiliki hotel dan apartemen di dalamnya.


12 Skyscraper Tertinggi di 10 Tahun Terakhir

Guangzhou CTF Finance Center / WSP


Secara keseluruhan, gedung yang ujungnya terlihat seperti lipatan kertas ini berdiri setinggi 530 meter.


8. China Zun, Beijing


Rampung pada tahun 2018, China Zun langsung menjadi gedung tertinggi nomor delapan di dunia. Selain itu, Gedung ini digadang sebagai flagship building untuk Ibukota Tiongkok, Beijing.


12 Skyscraper Tertinggi di 10 Tahun Terakhir

China Zun / Kohn Pedersen Fox


Gedung setinggi 527,7 meter ini memiliki profil atap yang unik di bagian lobby, berbentuk cekungan yang terinspirasi dari salah satu ornamen upacara tradisional khas Tiongkok.


Baca juga: 7 Seniman Melukis Gedung Gucci ArtLab di Casellina


9. International Commerce Centre, Hong Kong


Meskipun hanya menduduki peringkat 11 dalam kategori gedung tertinggi di dunia, International Commerce Centre di Hong Kong ini merupakan gedung pencakar langit dengan tingkat efisiensi energi yang tinggi.


12 Skyscraper Tertinggi di 10 Tahun Terakhir

International Commerce Centre


Program tersebut setiap tahunnya terus meningkat sejak pertama kali diprakarsai di tahun 2011. Dengan 108 lantai, gedung ini memiliki tinggi 484 meter.


10. Vincom Landmark 81, Ho Chi Minh City


Angka “81” di dalam nama gedung ini menunjukkan jumlah lantai yang dimiliki oleh Vincom Landmark 81.


12 Skyscraper Tertinggi di 10 Tahun Terakhir

Vincom Landmark 81 / Aurecon


Berbentuk seperti kumpulan balok kristal yang tersusun rapi, gedung ini berdiri tegak setinggi 469,5 meter, menobatkannya sebagai gedung tertinggi pertama di Asia Tenggara dan menempati posisi 12 di dunia.


11. Marina 101, Dubai


Sebagai gedung tertinggi kedua di Dubai, Marina 101 merupakan rumah dari Hard Rock Hotel pertama di kawasan Timur Tengah.


12 Skyscraper Tertinggi di 10 Tahun Terakhir

Marina 101 / Sheffield Holdings Group


Desainnya yang sangat terpengaruh oleh art deco, menjadikan gedung dengan tinggi 425 meter ini memiliki daya tarik tersendiri di tengah gedung-gedung pencakar langit lainnya di distrik Marina yang menjorok ke arah teluk persia.


12. Trump International Hotel & Tower, Chicago


Donald Trump lebih dulu dikenal sebagai businessman dan konglomerat ternama. Sebagai bentuk pengukuhan, dirinya memiliki gedung yang dinamai Trump Tower.


12 Skyscraper Tertinggi di 10 Tahun Terakhir

Trump International Hotel & Tower / Trump Hotels


Pada tahun 2009 di Chicago terdapat penambahan Trump International Hotel & Tower yang dinobatkan sebagai gedung tertinggi ke-22 di dunia setinggi 423,5 meter.