Surabaya, sebuah kota terbesar di Indonesia setelah Jakarta, sekaligus kota metropolitan yang berada di Provinsi Jawa Timur.


Seiring kemajuan kotanya, gedung-gedung tinggi kian banyak menghiasi langit Surabaya. Polusi dari asap kendaraan juga kian bertambah setiap harinya berkat mobilitas masyarakat yang begitu padat. Upaya Pemerintah Kota setempat dalam mempertahankan keseimbangan alam dan kecantikan Kota Pahlawan ini terlihat dengan keberadaan taman-taman yang juga menjadi area berkumpul publik yang menyenangkan.


Beberapa di antaranya, CASA Indonesia rangkum untuk Anda:


1. Taman Apsari



Dok. Travelingyuk.com


Taman Apsari merupakan salah satu taman bersejarah yang berada di Surabaya. Di sana Anda dapat menjumpai patung Gubernur Jawa Timur pertama (Gubernur Soerjo) dan Arca Joko Dolog. Meski berada di tengah kota, Taman Apsari adalah taman yang sejuk dan menenangkan.


2. Taman 10 November



Dok. Instagram / @amal_muraji


Taman yang sebelumnya bernama Taman Mundu ini terletak persis di depan Stadion Gelora 10 November. Taman ini menyediakan panggung terbuka untuk menggelar beberapa pertunjukan atau event. Selain itu, terdapat pertunjukan air mancur menari yang dapat pengunjung nikmati, ditambah pencahayaan yang baik pada malam hari.


3. Taman Monumen Bambu Runcing



Dok. Dolendolen.com


Berada di jantung kota Surabaya, Taman Monumen dibangun untuk mengingat masa-masa perjuangan arek-arek Surabaya melawan penjajah. Pada akhir pekan, taman monumen ini ramai dikunjungi para pesepeda dan pejalan kaki yang berolahraga di sekitar taman.


4. Taman Ekspresi



Dok. Instagram / @tamankota.sub


Seperti oase di tengah panasnya Kota Surabaya, Taman Ekspresi di Jalan Genteng Kali ini memberikan kesegaran bagi warga Surabaya. Perpohonan yang rindang, lingkungan yang bersih serta fasilitas yang cukup lengkap membuat masyarakat betah berlama-lama di sini. Sesuai dengan namanya, Taman Ekspresi juga merupakan tempat untuk mengekspresikan karya seni.




5. Taman Balaikota



Dok. Instagram / @ahuiliee


Taman yang terletak di seberang Balai Kota Surabaya ini terkenal dengan keasrian lingkungannya. Taman ini cocok bagi Anda yang ingin mencari ketenangan untuk melepas penat dari hiruk pikuk kota.


6. Taman Bungkul



Dok. Pegipegi


Salah satu taman yang cukup terkenal di Surabaya, di Taman Bungkul terdapat skatepark, jogging track, panggung untuk pertunjukan, taman bermain anak dan fasilitas lainnya. Berkat fasilitas yang memadai, Taman Bungkul berhasil meraih penghargaan The 2013 Asian Townscape Award dari PBB sebagai taman terbaik di Asia pada tahun 2013.


7. Taman Gantung



Dok. Travelbos.id


Taman Gantung merupakan pemberi kesegaran di tengah sesaknya bangunan-bangunan yang memenuhi Kota Surabaya. Bila Anda melintas di sekitar Jalan Tunjungan, tidak ada salahnya mampir sebentar ke Taman Gantung. Di sana Anda dapat beristirahat sebentar, sambil menikmati pemandangan lalu lintas Kota Surabaya


8. Taman Harmoni Keputih



Dok. Cikitaokt.wordpress.com


Di Taman Harmoni Keputih ini, Anda dapat menjumpai bunga-bunga sakura memenuhi taman. Selain bunga sakura, terdapat jenis bunga-bunga lain yang kehadirannya menjadi objek foto yang menarik. Taman Harmoni Keputih dulunya adalah Tempat Pembuangan Akhir (TPA) yang kini berubah menjadi ruang terbuka publik yang menarik


9. Taman Flora



Dok. Travelbos.id


Sebagai upaya dalam menghijaukan kota, Taman seluas 2,4 hektar ini dipenuhi beraneka ragam jenis tanaman di dalamnya. Anda dapat mengajak buah hati untuk rekreasi sambil belajar. Selain flora, terdapat juga beberapa koleksi fauna seperti rusa, kijang, merak, burung unta, dan hewan lainnya.


Teks oleh Edwin Hartanto

Foto teaser: Taman Harmoni di Surabaya / Dok. Surabaya.go.id