Pemilihan material kayu pada fasad museum yang baru diresmikan ini memiliki arti sesuai dengan namanya yang bermakna “Pasar Kayu”. Odunpazari Modern Art Museum merupakan karya terbaru dari Kengo Kuma & Associates yang berdiri di Turki. 


Kengo Kuma Rancang Museum Modern di Turki




Berada di kota Eksisehir, museum ini memiliki peran dalam pengembangan ekosistem seni di kawasan tersebut. Kota di timur Turki ini juga dikenal sebagai kota pelajar. Oleh karena itu, atmosfer lingkungan yang hidup dan dinamis diharapkan mampu meningkatkan minat masyarakat sekitar terhadap seni.


Baca juga: Mengenal Secondary Skin, Lapisan Kedua pada Hunian


Kengo Kuma Rancang Museum Modern di Turki


Desain batang kayu yang disusun sejajar pada museum yang dibangun di atas tanah seluas 3.582 meter persegi ini merefleksikan lingkungan permukiman sekitar yang didominasi oleh rumah tradisional, Ottoman Wooden House. Di bagian interior pun, para pengunjung juga akan menemukan elemen kayu dalam berbagai bentuk, seperti piramida dan kubus pada ceiling yang difungsikan sebagai penanda besaran volume pada setiap area pameran. 


Baca juga: Menikmati Keasrian Alam Hutan Hujan Alila Ubud




Kengo Kuma Rancang Museum Modern di Turki


Selain itu, ornamen tersebut juga berperan sebagai filter untuk pencahayaan matahari yang masuk ke dalam museum, sehingga menghadirkan kesan bayangan yang dramatis.


Baca juga: Unik! Resort Ini Berada di Antara Teluk dan Laut


Kengo Kuma Rancang Museum Modern di Turki


Untuk memberikan presentasi ruang tanpa batas, museum tiga lantai ini hanya menggunakan kaca sebagai railing dan batas di setiap lantai. Hal tersebut juga memungkinkan untuk memaksimalkan jarak pandang terhadap berbagai karya seni yang dipamerkan, sehingga para pengunjung memiliki point of view beragam dalam menyikapi objek kesenian.


Arsitek: Kengo Kuma

Sumber foto: dok. NAARO, Batuhan Keskiner, Kemal Seckin