Apakah rumah Anda terkena banjir? Sebelum kembali ke rumah, pastikan lingkungan sekitar Anda apakah sudah aman atau belum. Jika sudah dalam keadaan surut dan aman, segera bersihkan rumah Anda dengan beberapa tips di bawah ini. CASA Indonesia telah menyiapkan urutan cara membersihkan rumah setelah banjir.


Penting sebelum masuk rumah! Cek ceiling atau plafon rumah Anda, jika Anda melihat bintik-bintik air, itu merupakan indikasi kerusakan atap. Pastikan Anda berdiri di posisi yang aman.




Cepat! 9 Tips Membersihkan Rumah Setelah Banjir

Luxart


1. Salurkan udara segar ke dalam rumah

Pertama kali Anda masuk rumah, Anda harus membuka semua jendela dan pintu serta menggunakan kipas untuk menjaga sirkulasi udara.


Tips dari CASA Indonesia: Sebelum Anda memulai proses pembersihan rumah, pastikan listrik rumah dalam kondisi padam, agar aman. 


2. Memilah barang dengan bijak

Bencana banjir bisa berpengaruh besar pada kondisi rumah, seperti barang-barang yang ikut terhanyut atau terendam air sehingga tidak bisa diselamatkan. Mungkin ini salah satu momen bagi Anda untuk memilah barang mana yang masih bisa diselamatkan atau terpaksa dibuang. Jika furnitur ada yang bisa Anda alihfungsikan, sebaiknya dipisahkan dan bisa Anda permak setelah semuanya telah selesai.


Cepat! 9 Tips Membersihkan Rumah Setelah Banjir

DIY Makeover / Homeisd


Furnitur yang sudah terendam lumpur dan berkondisi parah, sebaiknya dibawa ke tempat mencuci profesional. Kasur adalah merupakan barang yang Anda gunakan setiap hari. Jika telah terendam air, sebaiknya dibuang. Kasur yang telah terendam air sangat tidak baik untuk pernapasan.


Tips dari CASA Indonesia: Memang sayang untuk membuang furnitur di rumah, namun Anda juga harus ingat akan kesehatan Anda sekeluarga. Kuman bisa mengendap di furnitur yang sifatnya menyerap air dan berterbangan di dalam rumah. Maka, mari memilih furnitur dengan bijaksana.


Baca juga, Kapan Harus Bersih-Bersih Rumah?


3. Karpet, si penyerap air

Menyambung pembahasan nomor 2, karpet adalah salah satu barang yang sulit diperbaiki. Dengan sifatnya yang menyerap air, partikel-partikel cair akan mengendap dan sulit dihilangkan. Pertolongan pertama adalah bentangkan karpet di luar rumah yang terpancar oleh matahari.

Siram kedua sisi karpet menggunakan air dengan tekanan besar untuk melunturkan lumpur. Gunakan produk pembersih karpet dan gosok seluruh bagian karpet. Jemur karpet hingga betul-betul kering.  



Tips dari CASA Indonesia: Jika Anda merasa karpet masih berbau kurang sedap, disarankan membawa ke tempat mencuci karpet profesional agar kuman tidak berterbangan di dalam rumah.

Namun, jika kondisi karpet begitu parah dan sudah terendam air atau lumpur hingga 24 jam, sebaiknya karpet tersebut dibuang daripada memberikan udara buruk dalam rumah, terutama bagi Anda yang memiliki anak kecil



4. Cegah jamur secepat mungkin pada furnitur

Jangan tunda membersihkan sofa dan furnitur lainnya karena kuman akan mudah menyebar. Untuk mencegah jamur menempel pada furnitur Anda, hal yang harus Anda lakukan adalah mengeringkan barang yang telah tergenang air. Lepaskan bagian-bagian furnitur agar air tidak tersimpan di sela-sela, seperti di laci atau pintu kabinet.

Bersihkan lumpur-lumpur yang menempel atau semprot dengan air bersih, kemudian jemur selama sekitar 48 jam. Gunakan kipas angin untuk mempercepat pengeringan. 


Cepat! 9 Tips Membersihkan Rumah Setelah Banjir

Best of Tips


Tips dari CASA Indonesia: Untuk membuatnya kembali mengilap, perabotan bisa dipelitur ulang. Untuk furnitur berbahan metal, Anda bisa taburkan baking soda di atas permukaan karat dan diamkan selama 1 jam setelah dibersihkan dengan air. Selain itu bisa juga merendamnya dengan cuka masak selama semalaman.

Setelah bersih dari karat, Anda bisa memperindah furnitur metal dengan menggunakan cat semprot akrilik.


Baca juga, Tips Menyulap Furnitur Lama Menjadi Seperti Beli Baru


5. Dinding penuh noda

Sama halnya dengan furnitur, dinding juga harus segera dibersihkan apalagi setelah tergenang air selama beberapa jam. Namun pastikan Anda membersihkan dinding setelah dalam keadaan benar-benar kering. Jika Anda membersihkannya dalam keadaan basah, noda akan semakin parah.

Gunakan kain bersih dan sikat untuk membersihkan noda. Tambahkan air sabun dan berikan larutan disinfektan untuk hasil yang lebih steril atau bersih. 




Cepat! 9 Tips Membersihkan Rumah Setelah Banjir

One Crazy House


Tips dari CASA Indonesia: Bagi Anda yang menggunakan wallpaper, segera cabut karena air akan terhambat di dalamnya dan menjadi jamur. Jika kondisi cuaca dirasa telah membaik, lapisi lagi dinding dengan pelapis anti air atau cat tembok. 


6. Furnitur berbahan kayu yang menyerap air

Karena memiliki karakteristik menyerap air, furnitur kayu adalah salah satu barang yang harus Anda cek pertama kali. Kayu merupakan material yang cukup versatile dan mudah untuk direkondisikan. Ketika hujan turun, dinding hunian merupakan permukaan yang menghantarkan kelembaban dari luar ke dalam.


Cepat! 9 Tips Membersihkan Rumah Setelah Banjir


Furnitur upholstery sendiri memiliki tendensi untuk menarik kelembaban dari dinding rumah, yang bisa memperburuk permukaan furnitur kayu Anda. Agar furnitur tidak terpapar kelembaban dari luar, sebaiknya pisahkan sofa, kursi, lemari, kasur sejauh 15 sentimeter dari dinding hunian.


Baca juga, 5 Tips untuk Merawat Furnitur Kayu di Musim Hujan


7. Cek kondisi kulkas Anda

Lihat apakah kabel yang terkoyak atau terbuka pada lemari es, mesin cuci, dan produk elektronik. Bagi barang yang sulit Anda jangkau, hubungi perusahaan jasa untuk memeriksa keamanan koneksi dan komponen. Ganti apa pun yang tampaknya rusak parah. Hal ini juga berlaku pada TV, pemanggang roti, atau alat elektronik lainnya.


Tips dari CASA Indonesia: Jika Anda jauh dari rumah selama lebih dari 4 jam, buang semua makanan di dalam kulkas yang mudah rusak seperti daging, susu, dan sisa makanan. Makanan dalam freezer akan aman selama sekitar 48 jam.


Baca juga, 5 Cara Terbaik Menata dan Merawat Freezer di Rumah


8. Peralatan dapur harus direndam

Jika laci dapur Anda sampai terendam, peralatan makanan dan memasak harus Anda bersihkan. Tuang larutan desinfektan dan air pada wadah besar dan rendam gelas, barang berbahan porselen, alat makan plastik, dan enamel selama 10 menit. Sedangkan untuk peralatan perah, panci, dan wajan, Anda cukup merebusnya di air selama 10 menit.


Tips dari CASA Indonesia: Jangan tunda membersihkan peralatan masak dan makan, karena benda-benda inilah yang bersentuhan langsung dengan makanan yang Anda santap nantinya.


Cepat! 9 Tips Membersihkan Rumah Setelah Banjir


9. Cuci kain sebanyak 2x dengan deterjen bubuk

Gunakan deterjen bubuk dan air dingin untuk mencuci baju serta kain-kain seperti sarung bantal dan selimut. Deterjen bubuk bekerja dengan baik untuk menghilangkan tanah liat dan kotoran yang mungkin terkandung di air banjir. Setelah pencucian awal ini, cuci ulang semuanya, kali ini gunakan air panas. Keringkan semua pakaian sampai Anda yakin ada noda yang hilang. 


Tips dari CASA Indonesia: Jangan lupa kelompokan sesuai jenisnya dan cuci secara terpisah. 



Bonus! Bagi yang ingin membuat rumah dan ingin punya rumah anti banjir:

Ketinggian rumah bukan hanya dari jumlah lantainya, namun posisi rumah dari permukaan jalan. Jika Anda memiliki rumah di kawasan yang rawan banjir, sebaiknya rancang pondasi yang lebih tinggi. Untuk rumah rawan banjir, pondasi disarankan 40-50 sentimeter lebih tinggi dari jalan.


Cepat! 9 Tips Membersihkan Rumah Setelah Banjir


Semakin tinggi memang semakin baik, namun itu juga berpengaruh pada budget. Selain itu, buat resapan air untuk mempermudah air masuk ke dalam tanah dengan lubang biopori. Biopori adalah lubang lubang-lubang kecil yang dibuat di dalam tanah.


Baca juga, 25 Desain Rumah Minimalis 2 Lantai Untuk Keluarga Muda


Foto teaser: Ilustrasi Rumah Banjir / American House Shield