Setelah 70 tahun, Volkswagen secara resmi menghentikan produksi salah satu mobil ikonis mereka, VW Beetle pada Juli 2019. Sebagai bentuk penghargaan, pabrikan mobil asal Jerman tersebut merilis video animasi singkat yang merayakan sejarah mobil berdesain bulat yang ramah ini.


Baca juga: Rumah ini Cocok untuk Kolektor Mobil dan Pecinta Musik





Desain VW Beetle yang ikonis ini merupakan karya dari Ferdinand Porsche / Architectural Digest


Dengan judul “The Last Mile”, video pendek Volkswagen ini mengikuti cerita seorang anak dan perjalanan hidupnya; mendapatkan VW Beetle, membangun keluarga, hingga menjadi tua. Video pendek tersebut juga menampilkan banyak publik figur seperti Kevin Bacon hingga Andy Warhol dan diiringi dengan lagu “Let It Be” The Beatles yang dinyanyikan ulang oleh paduan suara anak-anak.


Baca juga: Cybertruck Milik Tesla Menarik Perhatian Polisi Dubai


Seri VW Beetle adalah segalanya. dia pernah menjadi ikon propaganda Adolf Hitler di puncak-puncak kejayaan Nazi. "Strength Through Joy" adalah julukan yang diberikan Adolf Hitler sebagai mobil resmi untuk organisasi bidang gaya hidup di bawah kepartaian Nazi, yakni KdF (Kraft durch Freude/ Strength through Joy).


Tujuan organisasi KdF ketika itu; untuk mempromosikan gaya hidup yang menyenangkan kepada warga Jerman, salah satunya dalam bentuk VW Beetle.



Pemimpin Nazi Adolf Hitler berbicara di depan peluncuran mobil VW Beetle, 1939 / Associated Press




VW Beetle lalu menjadi ikon kebangkitan ekonomi Jerman pasca perang. Menjadi ikon counterculture di Amerika Serikat pada 1960-an, lalu menjadi contoh globalisasi berkat produknya yang terjual dan digunakan di seluruh dunia. Tidak hanya itu, VW Beetle juga sering menjadi bagian dari produk-produk budaya populer, salah satunya menjadi mobil kesayangan Lindsay Lohan dalam film Herbie: Fully Loaded (2005).



Iring-iringan VW Beetle bersama mobil VW lainnya / Jean-Francois Monier, AFP


Setelah mengalami transformasi desain selama berapa kali hingga mencapai tiga generasi, pabrik VW Beetle terakhir di Puebla, Meksiko memutuskan untuk berhenti memproduksi VW Beetle. Dilansir oleh NPR, keputusan tersebut diambil karena pabrik tersebut akan memproduksi SUV baru yang berada di bawah model VW Tiguan.


Selamat jalan VW Beetle.



Sumber: Highsnobiety, NPR, USA Today
Foto teaser: dok. HIghsnobiety