Apakah Anda menginginkan desain rumah yang instagrammable? Istilah instagrammable rasanya telah masuk kamus penting di dunia desain, baik itu desain rumah, restoran, cafe, bahkan instalasi seni di ruang publik.


Sebagai media premium yang membahas desain interior dan arsitektur, CASA Indonesia selalu menampilkan desain-desain teranyar dari arsitek dan desainer lokal maupun internasional. Melalui media sosial @casaindonesia yang telah menjadi sumber inspirasi terpercaya di Indonesia dan terus berkembang pesat, berikut 10 pilihan rumah paling instagrammable versi CASA Indonesia.




Tim redaksi CASA Indonesia merangkumnya berdasarkan impression dari feed Instagram yang telah di-publish selama tahun 2019. Semoga menjadi inspirasi!


1. Teras kayu dengan interior double height ceiling

Teras berbahan panel kayu mampu menegaskan kesan natural di dalam taman Anda. Sebelum membangun teras kayu, Anda harus memikirkan sistem drainasenya. Sistem drainase yang buruk membuat air akan mengendap sehingga kayu akan cepat lapuk.


Teras kayu sendiri sangat sesuai untuk hunian di iklim tropis. Ketika hujan, teras kayu akan lebih mudah menyerap air dan tidak terlalu sulit untuk dibersihkan. Teras kayu yang sering dipel, diberi pelitur, berisiko untuk licin ketika basah. Untuk menyiasatinya, lap teras kayu dengan kain kering dan lapiskan produk anti-slip pada permukaan kayu.


10 Desain Rumah Paling Instagrammable di CASA Indonesia

Akin Atelier / Murray Fredericks


2. Taman kering dengan fasad rumah putih

Dewasa ini, merawat taman secara rutin menjadi kesulitan bagi penghuni rumah yang bekerja. Tanpa mengurangi keindahan tanaman hijau, taman kering yang mengombinasikan lantai beton, rumput, dan batu kerikil adalah pilihan yang tepat. Perawatannya akan lebih mudah.

Jika area yang Anda miliki cukup terbatas, bercocok tanam di pot atau sekadar menjajarkan di lantai juga sangat menarik. Jadikan pemandangan taman Anda sebagai asupan mata dan udara segar di dalam rumah. Gunakan pintu kaca besar yang memberikan pandangan tak terbatas; pintu sliding akan jauh lebih mudah dan efisien.


10 Desain Rumah Paling Instagrammable di CASA Indonesia

Ryan Leidner / Joe Fletcher Photography


3. Ruang tamu minimalis

Ciptakan suasana nyaman di ruang televisi melalui beberapa trik ini. Gunakan sofa 2-seater yang dipenuhi dengan bantal beragam ukuran serta berikan sentuhan hijau melalui indoor plant di beberapa sudut ruang. Tak luput pula, terapkan vitrase sebagai gorden guna menyaring cahaya matahari yang memasuki interior rumah.


10 Desain Rumah Paling Instagrammable di CASA Indonesia

Attic / Mariana Orsi


4. Pola batu bata putih yang berongga

Kesan seamless akan membuat hunian terasa lebih leluasa. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah memberikan akses pada ruang keluarga menuju taman belakang. Penggunaan jenis pintu kaca geser akan membuat ruangan lebih terang yang juga dapat membantu menghadirkan dimensi ruang yang lebih luas.



5. Fasad rumah yang menarik perhatian

Lahan terbatas merupakan salah satu hal lazim yang ditemui di perumahan kota besar. Pemanfaatan lahan dengan struktur bangunan vertikal dapat menjadi solusi untuk menciptakan hunian yang memiliki fungsi ruang optimal.

Dengan desain yang berbeda seperti penggunaan plat besi berpola untuk mengurangi intensitas cahaya sekaligus memberi privasi lebih bagi penghuni merupakan salah satu cara agar rumah tampak terlihat 'standout' di antara rumah lainnya. 


10 Desain Rumah Paling Instagrammable di CASA Indonesia

Arsitek Spacefiction Studio dan desainer lanskap Green Leaf Landscape / Monika Sathe Photography


6. Atap segitiga yang unik

Bagaimana menyiasati teras yang kecil agar terasa luas dan nyaman?


Salah satu strateginya adalah menerapkan ceiling yang tinggi dan cat putih. Ceiling yang mengerucut menyerupai atap dapat menjadi pilihan yang cermat sehingga teras lebih atraktif, sedangkan warna terang akan memberikan ilusi sehingga ruangan terlihat lebih luas.




10 Desain Rumah Paling Instagrammable di CASA Indonesia

Mande Austriono dari Dform / Kiearch


Kemudian dapat disiasati dengan penggunaan lampu warm white dan tumbuhan. Selain kaktus, lidah mertua, dan talas, Anda juga dapat menggunakan tanaman lain. Namun pastikan bahwa tanaman yang digunakan membutuhkan perawatan yang minim.


Dan terakhir, jangan lupa untuk menempatkan media duduk seperti bench dan kursi sebagai tempat bersantai di teras rumah.


Baca juga, Apa Arti & Fungsi Secondary Skin?


7. Rumah modern tropis

Rumah modern tropis lekat dengan gambaran dengan ruang terbuka, memudahkan untuk memberi dekorasi, seperti furnitur yang sesuai dengan kepribadian Anda. Ciri khas dari rumah tropis modern adalah memiliki ceiling tinggi, memiliki banyak bukaan, dan tanggap dengan iklim.


Maksud tanggap dengan iklim adalah memiliki desain yang bertahan dengan curah hujan yang tinggi serta terik matahari, selayaknya iklim di Indonesia. Tambahan kolam renang akan membuat rumah modern tropis menjadi lebih asri dan sejuk.



Bagi pecinta material kayu dan ingin diaplikasikan di tampak depan (fasad) rumah, coba tata kayu ulin dengan rongga yang berpola. Pastikan ukuran dan jarak tidak terlalu kecil agar sinar matahari dan udara tetap bisa masuk ke dalam rumah.


8. Taman di sekeliling ruang tamu

Ruang keluarga merupakan sebuah sanctuary yang harus memberikan suasana yang nyaman serta aman bagi penghuninya. Agar kenyamanan terjaga, hias taman kering menggunakan batu kerikil putih sehingga menghadirkan suasana yang zen. 


10 Desain Rumah Paling Instagrammable di CASA Indonesia

SIAA + Beatriz Meyer Estúdio / Pedro Kok


9. Pohon di dalam rumah

Langit-langit yang tinggi pada rumah sangat membantu perputaran udara. Tinggi double height ceiling biasanya berkisar 7 hingga 8 meter. Sistem ini bisa digunakan untuk rumah satu lantai ataupun lebih. Dengan ukuran ini, Anda bisa menanam pohon di dalam rumah, pastikan pilih pohon berakar kecil yang tidak menganggu struktur rumah, seperti pohon Kiara Tanjung.


Dengan perhitungan yang cermat, aliran udara dapat diarahkan menyilang di lantai satu dan lantai dua, sehingga dapat mengoptimalkan sirkulasi udara alami. Sistem void juga dapat membantu memberikan kesan rumah yang lebih lapang. Gunakan material kayu sebagai aksentuasi di ceiling agar menambah kesan hangat.


10 Desain Rumah Paling Instagrammable di CASA Indonesia

VTN Architects_VoTrongNghia


10. Taman kering dan kolam air yang segar

Desain ruang keluarga yang terbuka mengarah ke taman membuat ruangan memiliki sirkulasi udara yang baik serta segar. Kehadiran taman kering cocok diaplikasikan untuk area rumah yang kurang pancaran matahari. Selain itu, gunakan batu kerikil putih agar taman tetap terasa zen.


10 Desain Rumah Paling Instagrammable di CASA Indonesia

Sebastian Mariscal StudioYoshi Koitani & Michael Sylvester


Foto teaser: Ere Studio Architects / Yudi D. Hertanto