Karakter burung fiksional bernama Dodo dalam kisah Alice in Wonderland pernah berujar, ”The best way to explain it is to do it.” Perkataan ini seolah mewakili prinsip yang ingin dihadirkan oleh Li Xiang dalam Chengdu Neobio Family Park. Bahwa menelusuri beragam kegiatan aktif merupakan salah satu metode edukasi yang menyenangkan untuk anak-anak. Menggawangi X+Living sejak tahun 2011, sang arsitek menghadirkan cabang kelima dari Neobio Family Park yang berlokasi di Chengdu, Tiongkok. 


Entrance dari Chengdu Neobio Family Park



Entrance dari Chengdu Neobio Family Park


Pintu masuk berwarna biru muda dengan bentuk arch yang dihiasi dengan empat kanopi menggemaskan menjadi penanda area masuk dari indoor playground yang berlokasi di pusat perbelanjaan dalam kawasan S1 Global Center of High Tech Zone, Chengdu, Tiongkok. 


Area tangga menuju stasiun kereta kecil

Area tangga menuju stasiun kereta kecil


Dari pintu masuk, anak-anak serta orang tua disambut dengan visual seperti dunia dongeng berkat ruang yang dipenuhi beragam bentuk yang whimsical dan kaya akan warna. Memiliki luas 5.151 meter persegi, taman bermain yang terbagi atas dua lantai ini menyuguhkan empat area utama, yaitu Reading Area, Dining Area, Sims City, dan Climbing Area


Karpet bermotif menggemaskan melapisi seluruh lantai playground

Karpet bermotif menggemaskan melapisi seluruh lantai playground




Tumpukan tangga menyerupai labirin hadir sebagai pusat ruang dan menyatukan keseluruhan area tersebut. Karpet hitam bermotif panah tampak melapisi tiap anak tangga. Karpet diterapkan demi keamanan dan kenyamanan bagi anak kecil saat bermain di dalam Neobio Family Park. 


Tangga sebagai titik utama penghubung berbagai ruang

Tangga sebagai titik utama penghubung berbagai ruang


Petualangan bagi pengunjung cilik berlanjut dengan menggunakan kereta kecil yang mengelilingi miniatur kota yang berada di area Sims City. Tak hanya berkeliling, berbagai replika bangunan seperti supermarket, kantor pos, dan rumah sakit, hadir guna mengajak pengunjung untuk mendalami beragam peran profesi di dunia nyata. 


Jalur kereta yang akan mengelilingi area SIms City

Jalur kereta yang akan mengelilingi area SIms City


Unsur estetika yang mengombinasikan bentuk setengah lingkaran dan segitiga serta kumpulan motif lingkaran menyerupai radar merupakan cara desainer dalam mendobrak stereotip atas desain ruang untuk anak. Dengan demikan seluruh ruang justru dapat mengundang imajinasi serta kreativitas para pengunjung saat bertandang di magical world ini.


Sumber foto: Shao Feng / X+Living