Teknologi membuat hidup manusia lebih mudah dari sebelumnya. Teknologi IoT (Internet of Things) misalnya membuat produk home appliances bisa belajar secara otomatis menggunakan internet untuk mengikuti keinginan penggunanya.


Baca juga: Transhuman Code: Eksplorasi Seni Melalui Teknologi





Perkembangan teknologi home appliances kini sampai di tahap jamaknya penggunaan sensor.


Moen, perusahaan home appliances AS yang fokus pada produk-produk seperti keran ini meluncurkan U, keran pintar yang bisa menuangkan air mengikuti volume wadah dengan suhu sesuai keinginan.


Baca juga: Pecinta Musik? 9 Speaker Canggih ini Wajib Dimiliki


Menggunakan sensor, keran pintar tersebut akan mencampurkan air panas dan dingin sehingga air yang keluar dipastikan memiliki suhu yang sesuai dengan keinginan.






Keran pintar tersebut dapat diperintahkan melalui aplikasi Moen di ponsel. Tidak hanya melalui aplikasi, Moen juga mengklaim keran pintarnya juga bisa bekerja melalui perangkat Google Assistant atau Amazon Alexa.


Pengguna setidaknya harus memiliki satu speaker pintar di dalam rumahnya agar keran pintar tersebut bisa bekerja melalui perintah suara.


Keran pintar juga bisa dioperasikan melalui gestur tangan berkat sensor built-in motion dan tersedia juga tuas yang biasa tersedia di keran-keran konvensional.




Sumber: Gizmodo
Foto teaser: dok. Moen