Pernahkah terpikir oleh Anda, bagaimana nasib buku fisik atau perpustakaan di masa depan? Apakah kedua hal tersebut akan tetap ada? Bagaimana orang akan menggunakan perpustakaan pada nantinya dengan perubahan pola hidup juga kehadiran teknologi dan internet yang semakin mudah untuk kita mengakses informasi?







Pada tahun 2019 kemarin, Department of Architecture Co., merombak ulang sebuah perpustakaan arsitektur di Chulalongkorn University Thailand. Sebuah proyek yang mengeksplorasi kemungkinan tentang bagaimana nasib perpustakaan ini kedepannya. Karena perpustakaan saat ini mungkin masih menjadi salah satu peran penting untuk sarana belajar dan mengajar.


Baca juga, Gemas dan Edukatif, Ini Desain TK Tunanetra di Thailand




Oleh karena itu, proyek perpustakaan ini bertujuan untuk memperluas makna perpustakaan, tidak hanya sekadar tempat membaca buku, tetapi juga menjadi inkubator kreatif bagi para siswanya.




Beragam ruangan pun dihadirkan di sini, mulai dari coworking space, ruang pameran, pin-up space untuk tempat pertukaran ide, yang juga menyediakan media digital, film, dan lainnya.


Baca juga, Snøhetta Rancang Jantung Baru di Philadelphia


Pada lantai pertama sistem grid 3D menyelimuti coworking space yang menyediakan platform bagi para siswanya untuk membuat sebuah pameran atau acara dengan kreasinya masing-masing. Ini menjadi sebuah ajang bagi para siswa untuk bereksperimen sekreatif mungkin. 






Tentunya selain terdapat ruangan yang bisa membuat para siswa bereksplorasi, masih ada ruangan sepi untuk mereka yang ingin berkonsentrasi. Terdapat sebuah labirin untuk meminimalkan gangguan dari sirkulasi di sekitar yang bisa dijadikan salah satu tempat berfokus disini.




Baca juga, Layaknya Ulat, Perpustakaan Berliku-liku di Mumbai


Disediakan pula tipe tempat duduk yang berbeda memungkinkan orang untuk memilih sesuai dengan kemauan mereka, mulai dari coworking space, meja yang langsung menghadap ke area luar, tempat yang tenang, meja yang rendah, ruang yang berisikan sofa, hingga duduk di lantai. 




Untuk para siswa yang mencari materi hingga malam, tidak perlu khawatir karena telah dibuatkan tempat khusus untuk istirahat di sebuah mezzanine sebelum lanjut pergi ke kelas berikutnya.


Sumber foto + teaser: W Workspace / Archdaily