Di dalam potret masyarakat 5.0, keberlimpahan data saja tidaklah cukup. Dibutuhkan juga bantuan kecerdasan buatan (AI) untuk memilah data-data yang berlimpah tersebut untuk kepentingan manusia.


Baru-baru ini Samsung memperkenalkan Ballie, robot berbentuk bola kecil yang bisa bergulir secara otomatis.






Samsung memperkenalkan Ballie pertama kali pada CES (Consumers Electronic Show) 2020 / The Verge


Ballie dilengkapi dengan kamera dan kecerdasan buatan untuk merasakan kehadiran penghuni rumah dan mengontrol home appliances yang berada di sekitarnya.


Baca juga: Rayakan Pesta di Rumah dengan Robot Bartender


Di dalam videonya, Ballie terlihat dapat mengikuti aktivitas pemilik rumah dan membantu bahkan tanpa harus diperintahkan.




Fitur yang patut digarisbawahi adalah, Ballie mampu memerintahkan perangkat-perangkat rumah yang telah terhubung melalui internet.


Ballie misalnya bisa memerintahkan robot vacuum cleaner untuk membersihkan lantai yang kotor. Samsung mengumumkan jika Ballie juga bisa berperan sebagai asisten fitness untuk membantu penghuni rumah berolahraga.


Baca juga: Intip Lobby HQ YouTube di California yang Interaktif


Ballie merupakan hasil dari filosofi ‘Age of Experience’ Samsung untuk setiap produk dan jasa mereka. Maksud dari filosofi itu sendiri adalah membuat peralatan pintar yang bisa berbagi data sehingga bisa terus bekerja lebih baik.




Sumber: The Next Web
Foto teaser: dok. The Next Web