Ketika orang mendengar kata bekerja, pasti erat kaitannya dengan kantor. Namun, di zaman berbasis teknologi seperti sekarang ini, bekerja bisa dilakukan dimana saja, seperti dari rumah atau co-working space.

Nyatanya work from anywhere ini lebih efisien dan efektif, tetapi itu bukan berarti kantor-kantor menjadi sepi akan karyawan. Dengan maraknya hal ini, membuat para kantor-kantor mencari cara untuk membuat para karyawannya lebih produktif dengan rasa nyaman dan menyenangkan di ruang kerjanya.







Berangkat dari topik produktivitas kerja, para arsitek dan desainer interior di seluruh dunia pun dipicu oleh desain kantor yang atraktif dan dinamis untuk para karyawan. Tetapi selain diperlukannya ruangan yang well designed demi kenyamanan, furnitur kursi kantor atau meja kerja pun tidak kalah pentingnya dalam urusan produktif. Jadi, bisa dibilang sekarang ini sudah banyak kantor-kantor yang bisa dibilang lebih memperhatikan produktivitas dan kesehatan para karyawannya.



1. Habit saat orang bekerja yang berkaitan dengan produktivitas




Berbicara tentang habit orang saat bekerja, tentunya setiap orang memiliki cara bekerja yang berbeda. Ada yang mudah bekerja dalam tekanan atau membutuhkan ketenangan atau juga"deadliner". Selain habit dari setiap individu, jam kerja kantor pun berbeda-beda, ada 8 jam/hari atau dibebaskan datang beberapa hari dalam seminggu.

Terlebih lagi dengan maraknya work from anywhere, para karyawan dibebaskan memilih tempat kerjanya masing-masing, mungkin open space, co-working space atau bahkan di rumah. Dimana pun para karyawan bekerja itu adalah keputusan mereka untuk lebih produktif dalam menyelesaikan pekerjaannya.


Baca juga, 23 Desain Ruang Kerja yang Membuat Anda Fokus di Rumah




Kebiasaan kerja ini lah akhirnya berpengaruh pada desain kantor sehingga pemilihan furnitur kantor. Jenis kantor open space biasanya membutuhkan  meja besar dengan kapasitas 6 atau 8 orang dan mengusung bentuk kantor desain yang modern dan kekinian.




Selain produktivitas, kesehatan tetap harus diperhatikan karena tanpa sehat orang-orang pun tidak dapat bekerja dan berkarya dengan maksimal.


2. Perhatikan kesehatan dalam bekerja

Bekerja di kantor dengan posisi duduk seharian di kursi bisa menyebabkan masalah pada kesehatan, mulai dari yang ringan hingga berat.

 

Menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of The American College of Cardiology, memaparkan hasil penelitian dengan objek wanita yang rata-rata duduk hingga 10 jam perhari dapat memiliki risiko terkena penyakit jantung lebih tinggi dibandingkan dengan yang hanya duduk selama 5 jam atau kurang.


Karena pada dasarnya badan manusia memang harus bergerak untuk tetap menjaga kesehatan tubuh dari masalah otot dan rangka, kesehatan mata bahkan pendengaran. Pasalnya, otot dan rangka manusia memang dirancang untuk membuat badan terus bergerak aktif.



Human Dimension


Baca juga, 10 Relaksasi Sederhana untuk para Arsitek dan Desainer


Membungkuk ke depan dan mendekati layar komputer bisa menempatkan stres yang luar biasa pada leher. Beban terbesar terutama pada bagian tulang yang menghubungkan tulang belakang dengan kepala, dan itu juga membuat otot bahu dan punggung terasa pegal.


Untuk mengantisipasi penyakit yang tidak diinginkan, Anda bisa mencoba memperbaiki postur tubuh ketika duduk. Usahakan duduk dengan posisi punggung yang tegak. Ada beberapa olahraga ringan yang bisa Anda lakukan sembari duduk di kursi.


Lakukan stretching ringan di tempat seperti gerakan bagian leher, bahu, tangan , pergelangan tangan bahkan kaki, karena duduk dalam posisi yang sama selama berjam-jam bisa berpengaruh kepada tulang belakang.




3. Ternyata warna berpengaruh terhadap tingkat produktivitas




Pemilihan warna ternyata juga berperan penting dalam meningkatkan produktivitas kerja. Pada interior, warna turut menciptakan suasana yang menenangkan, menyejukkan bahkan memberi inspirasi bagi para karyawan yang bekerja di dalamnya. Sehingga pilihan warna yang diterapkan pada interior ruangan kantor harus tepat dengan penataan yang pas, contohnya warna abu-abu.


Memberikan kesan netral, suasana yang stabil, luas dan tentunya tentram ini cocok diterapkan pada warna-warna furnitur di ruangan yang membutuhkan kesan tenang. 


Baca juga, Desain Ruang Kerja yang Kids-Friendly Ala Sigi Wimala


4. Pemilihan furnitur agar tetap sehat dalam bekerja




Kursi kantor dan meja kerja merupakan salah satu instrumen paling penting dalam kantor karena itu merupakan tempat Anda menghabiskan waktu paling lama saat bekerja. Pemilihan meja kerja dan kursi kantor juga harus disesuaikan dengan desain ruangan dan kebutuhan untuk tetap menjaga kesehatan tubuh.




Sebagai perusahaan furnitur kantor yang telah berdiri lebih dari 38 tahun, Fursys dari Korea terus berinovasi dan menghasilkan produk yang fungsional serta berestetika. Berangkat dari kebutuhan yang telah dibahas sebelumnya, kini terdapat meja kerja mutakhir dengan posisi yang fleksibel dengan pengaturan dalam sekali sentuh.

Fursys yang didistribusikan oleh PT Cordialels Sistem Furniture meluncurkan meja dengan ketinggian yang mampu diatur sesuai kebutuhan. Motion Desk mampu disesuaikan ketika karyawan sedang duduk atau bisa ditinggikan ketika bekerja sambil berdiri.




Motion Desk dari Fursys merupakan meja kerja yang menyediakan lingkungan sehat yang dapat dioptimalkan para pengguna. Meja kerja ini juga berfitur rak penyimpanan barang akan mengikuti posisi atau ketinggian meja yang diinginkan.

Motion Desk memiliki desain yang sangat modern, rapi, serta fungsional. Selain itu, Motion Desk juga dilengkapi oleh divider board berbahan magnet dan berlapis fabric untuk menempelkan notes. Agar memberikan suasana kerja yang rapi, Motion Desk juga memiliki tempat stop kontak tersembunyi. 


5. Furnitur dengan teknologi canggih




Baca juga, Kerja Nyaman Meski dari Rumah


Selain gaya bekerja yang sekarang sudah berbeda, ternyata kemajuan teknologi pun berpengaruh dalam berbagai hal, termasuk dalam menghasilkan suatu desain furnitur kantor. Melihat teknologi yang semakin berkembang tentunya para perusahaan furnitur berlomba-lomba untuk membuat sebuah produk yang canggih dalam memenuhi kebutuhan konsumennya.




Motion Desk pun terus berevolusi dengan desain mengikuti tren desain. Didesain dengan tombol futuristik yang dilengkapi oleh fitur Bluetooth, perubahan ketinggian bisa diatur dalam satu sentuhan saja serta dilengkapi oleh indikator sentimeter. Motion Desk telah berhasil memberikan solusi yang fungsional dan mudah menggunakan teknologi ini. 


Sumber teaser: Fursys Group /  PT Cordialels Sistem Furniture