Seorang perfeksionis pasti memiliki target yang jelas, hal ini berpengaruh juga pada cara mereka menata hunian mereka. Sebagian besar orang mengira bahwa seorang perfeksionis pasti memiliki hunian yang rapi dan sempurna, namun hal itu sangat salah.


Seorang perfeksionis justru sering mengalami kesulitan saat menata hunian karena mereka tidak dapat memulai sebelum mengetahui secara jelas apa saja yang akan mereka lakukan. Mereka membutuhkan waktu lama ketika melakukan sesuatu karena semuanya begitu dipikirkan dengan matang.




Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan para perfeksionis untuk menata hunian mereka versi CASA Indonesia.


1. Persempit target yang ingin dicapai

Seorang perfeksionis biasanya menginginkan segala sesuatu yang dikerjakan selesai tepat pada waktunya, seperti menjemput anak tepat waktu dan makan siang tepat pada pukul 12.00. Hal ini juga memengaruhi cara mereka menata hunian, teratur dan serentak.


Namun, daripada menargetkan seluruh ruangan harus selesai di satu hari yang sama, lebih baik persempit target dan mengubahnya menjadi target harian dengan menyelesaikan satu atau dua hal setiap harinya, seperti membersihkan jendela pada hari Senin kemudian merapikan lemari dapur di hari selanjutnya. Dengan cara ini, setidaknya kegiatan menata rumah dapat dimulai walaupun tidak dilakukan secara serentak melainkan secara satu per satu.


Anda Perfeksionis? Simak Tips Menata Rumah Ini!

The Kitchn


2. Buat daftar pekerjaan yang akan dilakukan

Membuat daftar pekerjaan dapat membantu seseorang dalam mengontrol pekerjaan yang sedang dilakukan termasuk saat menata hunian. Pembuatan daftar ini dilakukan agar tidak ada pekerjaan yang terlewat dan tidak ada pekerjaan lain yang dilakukan di luar pekerjaan yang sudah tercantum di dalam daftar. 


Anda Perfeksionis? Simak Tips Menata Rumah Ini!

To-do list untuk mencatat pekerjaan / Love, Life & Biz


3. Batasi waktu saat pengerjaan



Selain membuat daftar pekerjaan, diperlukan juga batasan waktu setiap mengerjakan suatu hal. Seringkali saat sedang menata rumah, hal yang terjadi adalah kita menemukan sesuatu yang sudah lama dicari dan akhirnya lupa dengan tugas yang sedang dikerjakan. Batasan waktu diperlukan agar hal tersebut tidak terjadi dan malah mengganggu tercapainya target. 


Baca juga, 6 Tip & Trik Menata Interior Apartemen Kecil


Anda Perfeksionis? Simak Tips Menata Rumah Ini!

Ruang makan yang tergabung dengan dapur / Dekoruma

4. Bedakan pembersihan menjadi dua tugas

Untuk mencapai target dengan lebih baik dan lebih cepat, buatlah dua jadwal yang berbeda untuk menata hunian, pembersihan harian/mingguan dan pembersihan yang lebih menyeluruh. Sisihkan beberapa menit setiap hari untuk pembersihan harian/mingguan yang berfungsi untuk menjaga hunian agar tetap rapi dan cantik setiap saat.



Anda Perfeksionis? Simak Tips Menata Rumah Ini!
Tempat penyimpanan tersembunyi / Grandes Site 

Sedangkan pembersihan yang lebih menyeluruh berfungsi sebagai waktu untuk menata ulang atau menyortir barang-barang yang sudah tidak terpakai, sisihkan waktu lebih banyak untuk melakukan pembersihan yang lebih menyeluruh.


Baca juga, 8 Tips Menata Rumah Modern yang Super Nyaman


5. Lakukan pekerjaan dengan bantuan

Mengerjakan segala sesuatu pasti lebih mudah apabila dikerjakan dengan adanya bantuan, sama halnya dengan menata hunian. Dengan adanya bantuan pekerjaan dapat selesai lebih mudah dan cepat. Ajak pasangan atau anak Anda saat menata hunian untuk menciptakan suasana yang lebih cair dan menyenangkan.

Waktu ini juga dapat digunakan untuk mempererat keakraban dan melatih kemahiran dalam bekerja sama.


Anda Perfeksionis? Simak Tips Menata Rumah Ini!

Office Snapshots


6. Putar musik saat bekerja

Selain mengerjakan pekerjaan dengan bantuan, untuk membuat suasana bekerja menjadi lebih santai, dapat juga menyalakan musik di speaker untuk menemani saat bekerja. Putaran musik yang memenuhi hunian dapat menghilangkan rasa terburu-buru dan menjadikan pekerjaan menjadi sebuah aktivitas lebih menyenangkan.


Anda Perfeksionis? Simak Tips Menata Rumah Ini!

Penempaan speaker di sudut ruang / FonQ


Sumber teaser: Quicken Loans
Teks oleh: Shabrina Putri Nisakara