Warna dari cahaya lampu merupakan faktor penting yang mempengaruhi suasana ruangan. Warna tersebut dapat dipengaruhi melalui penggunaan kap lampu.


Biasanya material kap lampu terbuat dari kain linen, silk, atau kertas perkamen. Setiap material tentu merefleksikan nuansa cahaya yang berbeda.







Kali ini desainer asal India, Vaidehi Thakkar dan Nir Meiri Studio yang berbasis di London melakukan sesuatu yang unik. Mereka menciptakan Veggie Lights, kap lampu yang terbuat dari daun kubis merah.


Baca juga: Anti Hujan, Produk Fashion ini Menggunakan Tenda Bekas


Untuk membuat kap lampu tersebut, Thakkar mengembangkan proses yang dinamakan Fiber Flats – proses mengubah sayuran menjadi seperti kertas.






Sayuran yang telah menjadi kertas ini lalu dibentuk membulat menjadi kap lampu. Hasilnya, Veggie Lights menampilkan refleksi cahaya yang unik berkat urat-urat sayur yang mengering sehingga kian tampak jelas.


Baca juga: 9 Inspirasi Desain Rumah Hemat Energi


Kap lampu unik ini tidak hanya menampilkan pengalaman ruang yang berkesan, dia juga menjadi bukti jika Thakkar dan Nir Meiri Studio serius dalam mengeksplorasi material-material berkelanjutan sebagai produk furnitur.



Sumber, foto & teaser: dok. Inhabitat