Bagaimana cara memiliki dapur dan ruang makan yang terasa lega, namun ternyata space yang dimiliki sangat terbatas? Solusi adalah menyatukan kedua area tersebut, karena memiliki kegiatan yang saling berkaitan. Ini merupakan solusi rumah kecil yang kerap digunakan oleh para arsitek dan desainer dari luar negeri, seperti Singapura dan Jepang.


Solusi Rumah Kecil: Desain Ruang Makan & Dapur Jadi 1



Common Living


Metode desain ini semakin banyak diterapkan di Indonesia karena kapasitas hunian yang semakin compact. Ada beberapa cara membuat kedua ruangan ini berintegrasi, yaitu menjadikan island table multifungsi sebagai tempat memasak dan meja makan, atau membuat meja makan lipat yang menyambung dengan dapur, atau menggunakan meja makan kecil yang bisa berdekatan dengan dapur.

Berikut ini CASA Indonesia memberikan 10 inspirasi desain ruang makan dan dapur yang dijadikan satu agar bisa memaksimalkan area.


Solusi Rumah Kecil: Desain Ruang Makan & Dapur Jadi 1

Nimtim Architects / Megan Taylor


1. Meja makan kotak yang berhimpitan dengan kitchen top table

Walaupun berada di apartment, dapur dan ruang makan Anda tetap bisa terlihat megah. Gunakan warna hijau yang terlihat segar dan ramah menyambut tamu. Untuk memaksimalkan area di apartemen, meja makan bisa dirancang menyatu dengan island table, bahkan dengan desain kaki meja yang menyambung.

Gunakan cermin sebagai wall treatment, karena material ini mampu membuat ilusi ruang yang terlihat lebih besar. Dan salah satu kunci penting untuk dapur apartment adalah pencahayaan. Ruang yang terang akan membuat atmosfer yang terasa lapang.


Solusi Rumah Kecil: Desain Ruang Makan & Dapur Jadi 1

Bayan Works Studio / Kafin Noe'man


2. Penggunaan batu bata ekspos

Menggunakan batu bata sebagai dekorasi dinding bisa diaplikasikan dengan beberapa macam. Pertama, menggunakan batu bata ekspos yang diberikan cat pelapis (clear coating). Kedua, batu bata tempel dengan ragam ukuran. Ketiga, keramik bermotif batu bata yang digunakan pada projek di atas. Keempat, wallpaper.


Setiap material memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Dari segi pemasangan dan maintenance, batu bata ekspos dan keramik paling efisien.


Solusi Rumah Kecil: Desain Ruang Makan & Dapur Jadi 1

Effisima Architects / Mario Wibowo


3. Berapa ukuran standar dapur kecil agar tetap nyaman?

Standar ukuran untuk sirkulasi gerak di dapur adalah 120 sentimeter. Ini adalah ukuran minimal yang nyaman untuk memasak, mengambil bahan makanan, dan berjalan. Jika ingin menghadirkan meja makan di dapur namun luasan dapur Anda tergolong kecil, meja makan lipat adalah solusinya. Mudah diletakkan, tidak memakan area, dan tetap efisien jika butuh ruang makan yang lebih besar.


Solusi Rumah Kecil: Desain Ruang Makan & Dapur Jadi 1

Patti Home


Baca juga, 12 Ruang Makan Minimalis dengan Sentuhan Alam. Segar!


4. Desain rumah 36 meter persegi yang efisien

Jadikan desain kitchen set Anda mampu menyesuaikan kebutuhan Anda sehari-hari, baik itu aktivitas reguler, sekadar berkumpul-kumpul, ataupun perayaan besar. Rancang island table yang ukurannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Saat acara bersama keluarga besar, island table ini bisa diperpanjang hingga menyatu dengan bay window, sehingga ruang makan bisa berkapasitas hingga 6-7 orang. 


Solusi Rumah Kecil: Desain Ruang Makan & Dapur Jadi 1

Aksioma Design & Construction / Celvin Leowardi

5. Storage ruang yang tersembunyi

Satukan ruang keluarga, ruang makan, dapur menjadi satu open space tanpa diberi sekat atau partisi sehingga interior terasa luas. Dengan ruang yang lebih lega, hal ini membantu mengakomodasi gaya hidup penghuni rumah modern yang kian menggemari berkumpul bersama keluarga dan kolega dalam pertemuan yang lebih informal.

Selain itu, cermin dapat diterapkan di salah satu sisi ruang untuk mempertegas kesan luas pada ruang.


Solusi Rumah Kecil: Desain Ruang Makan & Dapur Jadi 1

AGo Architects / Achmad Soeri

Solusi Rumah Kecil: Desain Ruang Makan & Dapur Jadi 1

AGo Architects / Kafin Noe'man




Ruang khusus penyimpanan seperti gudang dianggap tidak efektif dan boros penggunaan ruang di rumah. Namun bagi beberapa penghuni, gudang memang masih dirasa dibutuhkan, maka maksimalkan ruang sekecil apapun atau furnitur untuk penyimpanan.

Selain itu, hindari memisahkan furnitur dan home appliances (kulkas, dispenser air, mesin cuci) yang sebenarnya dapat disatukan dengan kabinet built-in di dapur.


6. Built-in cabinet untuk ruang yang lebih rapi dan terstruktur

Mengaplikasikan built-in cabinet pada kitchen appliances dapat menghadirkan layout yang efisien untuk dapur dengan luas yang terbatas. Kitchen island yang berguna sebagai tempat persiapan memasak juga bisa dialih fungsikan untuk tempat bersantap santai


Solusi Rumah Kecil: Desain Ruang Makan & Dapur Jadi 1

OAX Arquitectos / The Raws


Baca juga, 25 Desain Dapur Cantik yang Bisa Anda Tiru dengan Mudah


7. Kurasi barang yang tidak perlu

Apa yang harus dilakukan dalam menghadirkan dapur dan ruang makan meski dalam keterbatasan ruang? Lakukan kurasi terhadap barang, khususnya di dapur, dengan barang yang selalu digunakan sehari-hari. Pastikan barang yang jarang Anda gunakan selalu tersimpan rapi di dalam kabinet dapur.


Solusi Rumah Kecil: Desain Ruang Makan & Dapur Jadi 1

Ryan Leidner / Joe Fletcher Photography


Hilangkan sekat antar ruang sehingga keseluruhan rumah dapat menjadi satu-kesatuan yang saling terkoneksi. Manfaatkan meja bar yang terkoneksi langsung dengan dapur sebagai area makan. Hal ini bertujuan untuk menghemat ruang tanpa harus menghilangkan fungsi ruang makan. Dan terakhir, pastikan dapur memiliki akses udara yang cukup agar terasa segar sepanjang hari.


8. Tips untuk menjadikan dapur terasa segar dan nampak alami

Pastikan area dapur memiliki ventilasi yang cukup sehingga uap air ataupun asap yang dihasilkan oleh proses memasak tidak terperangkap di dalam rumah. Sebagai gambaran, Anda dapat memanfaatkan pintu geser sebagai pembatas antara area dapur dan outdoor, sehingga ventilasi ruangan dapat disesuaikan dengan kebutuhan.


Solusi Rumah Kecil: Desain Ruang Makan & Dapur Jadi 1

Mande Austriono dari Dform / Kiearch


Sementara untuk membuatnya nampak alami, Anda dapat menggunakan elemen kayu dengan finishing berwarna bening sehingga serat kayu dapat terekspos dengan baik. Selain itu, furnitur rotan seperti kursi juga dapat memperkuat kesan back to nature yang ingin dihadirkan. Sebagai tambahan, Anda juga dapat meletakan elemen dekorasi pada area yang sulit dijangkau, seperti bagian atas kabinet dapur.


9. Alasan sink sebaiknya taruh dekat jendela

Meletakkan sink di dekat jendela adalah salah satu spot terbaik untuk menikmati pemandangan sembari mencuci piring; agar tidak jenuh. Tapi tahukah Anda bahwa meletakkan di bawah jendela adalah biaya pembuatan dapur yang paling murah dan efisien?

Alasan sederhananya adalah karena jendela beririsan dengan dinding luar. Dalam hal pemasangan pipa, semakin dekat jarak dengan area pembuangan, semakin sedikit penggunaan pipa limbah.


Solusi Rumah Kecil: Desain Ruang Makan & Dapur Jadi 1

Marta Wojtysiak


Lalu perihal maintenance jika ada penyumbatan. Anda harus membongkar lantai hingga pipa jika terletak jauh dari jendela. Tak hanya berantakan dan tidak nyaman, namun juga sangat mahal. Maka, rancang layout dapur Anda sebaik mungkin.


10. Furnitur di ruang makan yang menyambung hingga ke tangga

Optimalkan ruang dengan merancang tangga sekaligus furnitur built-in yang terletak di sepanjang samping jendela. Furnitur ini bisa difungsikan sebagai sofa dan laci di ruang makan. Kitchen set berwarna hitam memberikan aksen di antara interior ruang makan yang bernuansa lembut.


Solusi Rumah Kecil: Desain Ruang Makan & Dapur Jadi 1

Haptic Architects / Inger Marie Grini


Foto teaser: Aksioma Design & Construction / Celvin Leowardi