Hari ini 1944 silam, Thom Mayne, principal architect dari Morphosis, firma arsitektur yang berbasis di Los Angeles, Amerika Serikat, lahir.






Thom Mayne / Archdaily


Selama hidupnya, Mayne telah diganjar berbagai macam penghargaan; seperti Pritzker Prize pada 2005 dan AIA Gold Medal pada 2013.


Baca juga: 12 Daftar Pertanyaan untuk Arsitek saat Membangun Rumah


Kalangan arsitek dan penikmat arsitektur memiliki julukan yang unik untuk Mayne, yakni “The Bad Boy of Architecture”. Julukan tersebut muncul lantaran Mayne seringkali menantang gagasan-gagasan konvensional arsitektur sehingga menimbulkan kontroversi.



41 Cooper Square / Iwan Baan




Salah satu proposal proyeknya ketika itu mendesain hotel setinggi 381 meter di tengah kota alpen kecil di Vals, dan langsung menimbulkan kritik dari banyak pihak.


Mayne memang terkenal dengan bentuk-bentuk arsitektur yang eksperimental. Firma arsitekturnya bahkan juga terkenal dengan desainnya yang tegas, menggabungkan antara bentuk-bentuk pahatan dan monolitik.


Baca juga: Citra 3 Arsitek Indonesia yang Mendunia


Selama hidupnya, Mayne telah banyak bertanggung jawab untuk bangunan-bangunan seperti Cooper Union Building di New York, Emerson College di Los Angeles, dan kantor pusat Caltrans District 7.



Perot Museum / Roland Halbe

Sumber: Archdaily
Foto teaser: Dok. Iwan Baan / Archdaily