Kebiasaan orang mencari TV baru adalah mencari info tentang spesifikasi dari TV itu sendiri. Namun, apakah hanya hal itu saja yang perlu diperhatikan? Pernahkah terbayangkan oleh kalian bahwa pentingnya tempat peletakkan TV di rumah menjadi hal yg patut diperhatikan terlebih dahulu. Karena dengan pemanfaatan TV sebagai sarana hiburan yang tak tergantikan di rumah, hal itu bermanfaat untuk mengetahui berapa besar tempat yang tersedia dirumah.

Konsep minimalis yang masih marak digandrungi masyarakat pun tetap bisa menjadi alternatif pemilihan rak TV minimalis tahun ini. Berikut 10 inspirasi meja TV pilihan CASA Indonesia:





1. Kombinasi Warna



Zooco Estudio / Imagen Subliminal


Ruangan yang tampil polos memberi kesan monoton. Namun, tidak salahnya jika meja TV minimalis yang ada di rumah memanfaatkan persamaan dengan lemari yang ada. Hal ini juga dapat menghidupkan suasana dalam ruangan sehingga lebih dinamis. Dengan desain yang sederhana, meja ini tetap bisa memuat banyak barang-barang diatasnya sebagai hiasan sehingga meja ini menjadi aksen tersendiri di rumah Anda. 


Baca juga, Tips Memilih dan Meletakkan TV di Ruang Keluarga


2. Tambahan Unsur Vintage yang Tak Pudar


Rumanara / Dwi Andika


Penambahan dekorasi vintage akan memberikan suatu warna tersendiri untuk bagi hunian minimalis Anda. Jangan khawatir untuk kesan tua yang tercipta, perpaduan vintage dan minimalis bisa menjadi salah satu alternatif Anda dalam memilih tema untuk penempatan TV di ruang keluarga nantinya. Kombinasi marmer dengan kayu yang terkenal tangguh dan bisa digunakan dalam jangka panjang ini siap menghadirkan suasana klasik yang bergaya ke dalam ruang keluarga di rumah.


3. Tetap Elegan Dengan Sentuhan Kayu


Justin Hutchinson / Mr. P


Kayu yang selalu menjadi primadona pada furnitur bisa menjadi pilihan material Anda saat memilih rak TV. Meja TV berbahan kayu bisa menghadirkan ruangan yang lebih bersih namun dapat terlihat stylish. 


Baca juga, 17 Ruang Tamu Minimalis yang Super Nyaman


4. Perhatikan Ruang Penyimpanan



Felipe Hess Arquitetos / Fran Parente


Meskipun memiliki ukuran yang cenderung kecil, meja TV minimalis tetap memiliki ruang penyimpanan yang bisa dimanfaatkan untuk penyimpanan barang-barang multimedia pelengkap tv. Dengan ukuran yang ringkas ini juga meja TV dapat terlihat sederhana dan modern disaat yang bersamaan, bingkai foto, buku-buku, vas bunga pun dapat menjadi dekorasi tambahan yang mempercantik meja TV Anda. 


5. Hadirkan Juga Nuansa Natural



SIAA + Beatriz Meyer Estudio / Pedro Kok


Terlihat sangat minimalis dan praktis dengan desain modern nan simpel, meja ini cocok untuk dipadupadankan dengan konsep desain rumah apapun. Termasuk dengan menghadirkan nuansa natural, Anda bisa meletakan meja TV ini didepan tanaman-tanaman hijau yang berada dirumah agar kesan natural makin terasa.


Baca juga, 9 Ruang Keluarga Minimalis, Sesuaikan Kultur Keluarga




6. Low Board atau High Board?



Ssom Studio 


Pemilihan meja TV memang harus disesuaikan dengan ukuran TV, tapi tidak ada salahnya jika Anda menyesuaikan juga dengan barang-barang yang akan disimpan pada nantinya di meja ini. Anda bisa memilih rak tinggi jika barang-barang yang diletakkan cukup banyak. Tetapi jika Anda hanya meletakkan sedikit barang, Anda bisa memilih meja dengan low board untuk penyimpanan yang sedikit.


7. Desain Multifungsi



Metamoorfose Studio / Ana Mello


Tentunya, selain digunakan untuk menempatkan TV, meja jenis ini bisa memiliki banyak fungsi lain yang bisa dimanfaatkan. Biasanya meja tv minimalis ini dilengkapi oleh banyak sekat kabinet atau partisi yang bisa digunakan untuk menyimpan barang-barang, seperti buku, majalah, hiasan, foto dan lainnya. Ternyata jika meja TV diperpanjang hingga 78 sentimeter bisa dimanfaatkan sebagai meja makan. Ini merupakan solusi yang cocok bagi pemilik rumah minimalis. 


Baca juga, 8 Kombinasi Warna Cat Ruang Tamu Minimalis Terbaik


8. Mempercantik Ruang Keluarga



Mim Design - Sean Fennessy 


Praktis, itu yang ditawarkan oleh meja tv minimalis ini. Dengan konsepnya yang sangat simpel dan modern, meja ini cocok untuk dikombinasikan dengan dekorasi lain yang dapat menghasilkan ruangan yang cantik. 


9. Ruangan Terlihat Lebih Luas



Dof Sky Ground & Aomo


Biasanya meja TV memiliki ukuran yang besar untuk disimpan di ruang keluarga. Dengan meja berukuran besar itu bisa membuat ruangan terlihat lebih sempit. Oleh karena itu, meja TV minimalis hadir dengan ukuran yang relatif kecil dan bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin memiliki ruangan lebih lapang. Sesuaikan ukuran meja TV dengan ukuran TV yang Anda miliki, agar ruangan terasa nyaman untuk ditempati dan suasana yang tidak terasa penuh lagi. 


Baca juga, 10 Inspirasi Ruang Tamu Kecil Terlihat Luas + Tips!


10. Perawatan yang Mudah



ES Arquitetura


Model yang minimalis membuat meja ini mudah untuk dibersihkan. Dengan menggunakan kain microfiber, lap kering, minyak kayu jika meja terbuat dari kayu. Meja akan kembali bersih dari debu dan kotoran yang akan membuat meja ini terlihat bersih. Lakukanlah selama 3-4 bulan sekali. 


Sumber teaser: Source Architects - Tom Ferguson