Berlokasi di kawasan Bintaro, rumah seluas 200 meter persegi ini adalah hasil kolaborasi antara pemilik rumah dan kawan baiknya yang menggeluti profesi yang serupa di Hadiprana Design Consultant.


Dalam proses pengerjaannya, rumah ini didesain khusus sebagai hunian bagi ibu dan anak, sekaligus mengakomodasi kehadiran keluarga besar yang acap kali datang untuk berkunjung. 




Merupakan sebuah proyek renovasi, konsep desain yang coba ditampilkan dari rumah dua lantai ini adalah integrasi persona. Hanya dibatasi oleh pintu geser, transisi antara kamar mandi utama dan dua kamar tidur di lantai dasar menuju ruang tamu keluarga terasa begitu halus dan menawan.


Rumah Dengan Dekorasi Indah di Lahan Terbatas


Baca juga: Solusi Rumah Kecil: Desain Ruang Makan & Dapur Jadi 1


Hampir seluruh ruang di lantai dasar dirancang sebagai area personal dan memiliki fungsi yang maksimal, seperti ruang kerja yang berada persis di belakang ruang santai keluarga, serta kamar tidur utama yang memiliki akses langsung menuju teras, sehingga mempunyai sirkulasi udara serta pencahayaan alami yang optimal.


Rumah Dengan Dekorasi Indah di Lahan Terbatas


Interior rumah didominasi oleh warna putih, karena menurut sang pemilik, warna tersebut bermakna layaknya kanvas yang memberinya keleluasaannya dalam menata rumah sebebas mungkin dengan menghadirkan elemen interior yang menegaskan kesan intim. Hal tersebut dibuktikan melalui beberapa lukisan yang terpajang merupakan hasil guratan tangan dirinya dan keluarga.


Baca juga: 12 Ruang Makan Minimalis dengan Sentuhan Alam. Segar!


Rumah Dengan Dekorasi Indah di Lahan Terbatas


Selain itu, warna dasar pada interior dikombinasikan dengan warna lain untuk membagi-bagi rona di tiap ruangan, seperti sentuhan emas di kamar tidur, balutan warna hijau di ruang keluarga, serta penggabungan warna biru dan cokelat di lantai atas.


Rumah yang dibangun di atas lahan seluas 144 meter persegi ini tampak dinamis dengan keragaman warna yang lembut




Rumah Dengan Dekorasi Indah di Lahan Terbatas


Jika lantai dasar sengaja dirancang sebagai area yang sesuai dengan kepribadian sang pemilik rumah, lantai atas didesain dengan ruangan untuk keluarga besar berkumpul.


Terdapat satu ruangan yang didedikasikan sebagai tempat bersantai untuk keluarga besar. Ruangan yang lekat dengan nuansa hangat berkat balutan aksen kayu tersebut tersambung dengan kamar tidur tamu yang memiliki akses menuju balkon.


Rumah Dengan Dekorasi Indah di Lahan Terbatas


Baca juga: Ini dia! Prediksi Tren Tumbuhan di Tahun 2020


Pada bagian eksterior, motif fishscale teraplikasi pada kisi-kisi yang membentang dari sisi kanan hingga sisi kiri lantai atas rumah ini. Motif tersebut juga digunakan pada pagar, sehingga menghadirkan kesatuan yang unik untuk tampilan rumah.


Kanopi bergaya oriental yang menutupi teras dan balkon sengaja dipilih untuk membubuhi nuansa Asia.




Dengan lahan terbatas, sang pemilik rumah mensiasati kehadiran taman dengan membangun teras panjang, dipenuhi tanaman hijau yang merambat pada tubuh pagar yang putih, seperti pakis dan kehadiran pohon kamboja yang cukup besar mampu menghalangi pancaran sinar matahari berlebih.


Pada ujung teras terdapat kolam kecil yang memberikan suasana tenang dan nyaman, terutama di pagi hari, di saat para penghuni rumah memutuskan untuk sarapan di area ini.