Peradapan etnis Tionghoa di dunia terbilang sangatlah massif, bahkan hampir di seluruh belahan dunia pasti ada kawasan Chinatown di kota-kota tertentu. Termasuk di Indonesia dan Amerika Serikat pertumbuhan penduduk dari etnis Tionghoa terus bertambah, bahkan bisa dibilang kawasan Chinatown di Amerika Serikat cukup banyak. Dirangkum oleh redaksi CASA Indonesia dari berbagai sumber, berikut ini kawasan Chinatown yang terkenal di Amerika Serikat.

1. Chinatown - Los Angeles




Chinatown di Los Angeles

Chinatown di Los Angeles/kiwijuuu


Chinatown di Amerika yang terkenal dan terbesar adalah kota Los Angeles. Kota ini merupakan kota terbesar di Amerika yang memiliki penduduk dari benua Asia paling banyak. Perayaan Tahun Baru Imlek di sini akan terasa berbeda karena akan festival yang diadakan dalam beberapa minggu. Salah satu yang terkenal adalah parade Tahunan Naga Emas, di mana ada pertunjukan tarian singa dan naga, hingga balon raksasa dengan bentuk singa dan naga dalam jumlah banyak.

Parade ini merupakan tradisi perayaan imlek yang setiap tahun dilaksanakan. Ini dibuat untuk menghormati leluhurnya dan mengajarkan anak-anak dalam mempertahakan kebudayaan sekaligus melanjutkan tradisi dari tempat asal mereka.

2. Chinatown - San Francisco


Chinatown di San Francisco

Chinatown di San Francisco/hillarytphotos


San Francisco merupakan salah satu kawasan Chinatown terbesar di Amerika. Bahkan kawasan ini merupakan pintu masuk imigran penduduk yang berasal dari Tiongkok di tahun 1980 hingga kini. Chinatown San Francisco kini telah berkembang menjadi pusat kebudayaan China sekaligus komunitas China terbesar di luar benua Asia.

Jika Anda melawati persimpangan Bush Street dan Grant Avenue, Anda akan terkejut dan terasa seperti berada di Tiongkok. Di sini, Anda akan menemukan banyak pendagang kaki lima yang menjual berbagai produk, mulia dari mie hingga produk yang dimpor langsung dari Tiongkok. Ada juga pasar ikan dan restoran yang menawarkan kuliner otentik khas negeri Tirai Bambu, termasuk egg tarts di Golden Gate Bakery yang menjadi favorit para wisatawan.

3. Chinatown - New York


Chinatown di New York

Chinatown di New York/bpvny


Tidak banyak yang mengetahui bahwa di kota New York terdapat kawasan Chinatown. Bahkan beberapa situs traveller menyebutkan kawasan ini merupakan salah satu hidden gem yang berada di kota New York. Didirikan tahun 1940 dengan Chatham Square yang menjadi landmark kawasan ini merupakan memiliki popolasi etnis Tionghoa terbesar. Bahkan di New York sendiri banyak berdiri kawasan Chinatown kecil yang berkembang karena imigran dari negara Tiongkok.

Jika jalan-jalan ke kawasan ini, cobalah untuk ke arah Empire State Building dan cobalah menghadap ke utara. Anda akan melihat tanda dan tulisan berbahasa Mandarian disetiap bangunannya layaknya seperti berada di Tiongkok.

Jangan lupa untuk menikmati kuliner khas etnis Tionghoa dengan mengunjungi restoran Jing Fong. Anda bisa bisa mencicipi hidangan terkenal dan menjadi favorit seperti dumpling (pangsit udang), kue dengan bahan dasar lobak, hingga tahu yang terbuat dari kacang almond.

4. Chinatown - Chicago


Chinatown di Chicago

Chinatown di Chicago/markandhisfuji


Kawasan Chinatown di Amerika selanjutnya adalah kawasan Chinatwon yang berada di kota Chicago. Untuk mendatangi kawasan ini, Anda bisa menggunakan taksi dengan jarak tempuh selama 20 menit dari pusat kota. Populasi etnis Tionghoa di sini merupakan yang paling banyak, yaitu sekitar 70.000 dan ini menjadi salah satu kkota dengan omunitas Tionghoa dengan pertumbuhan paling cepat di Amerika Serikat.

Ketika ingin memasuki kawasan ini, Anda akan disambut dengan gerbang “ Selamat Datang” dalam bahasa Mandarian besar dan berwarna merah. Selain menikmati suasana kawasannya, Anda bisa mengunjungi Chinese American Museum of Chicago, di mana museum ini akan memngenalkan Anda pada kebudayaan masyarakat Tionghoa yang tidak akan Anda temui di manapun.

Yang menyukai sajian kuliner khas China, Anda bisa datang ke beberapa restoran Chinese yang menyajikan aneka hidangan China otentik dengan rasa yang lezat. Salah satu restoran terkenal di kawasan ini adalah Lao Sze Chuan yang terkenal dengan kuliner pedasnya.

5. Chinatown - Toronto


Chinatown di Toronto

Chinatown di Toronto/blogto




Di Amerika Utara, ada kawasan Chinatown yang bisa Anda kunjungi yaitu di kota Toronto. Kawasan yang berada di Downtown Toronto ini disebut sebagai salah satu wisata tersembunyi. Sama dengan kawasan Chinatown sebelumnya, etnis di sini memiliki tingkat populasi yang tinggi, di mana hampir seluruhnya menjalankan berbagai bisnis.

Kawasan yang dikembangkan pada akhir tahun 90-an ini merupakan salah satu kawasan Chinatwon terbesar di Amerika Utara. Jika berlibur ke AS dan mengunjungi Toronto maka wajib untuk datang ke kawasan ini. Gaya hidup khas etnis Tionghoa akan terasa kental di sini dan jangan lupa untuk berwisata kuliner khas China yang terkenal enak.

6. Chinatown – Seattle


Chinatown di Seattle

Chinatown di Seattle/sugiantoiman


Secara resmi disebut kawasan Chinatown Internasional Seattle, ini adalah komunitas yang sangat beragam yang tidak hanya menampung penduduk asal Tiongkok, tetapi juga warga Jepang, Vietnam, dan Filipina. Etnis Tionghoa mulai mengunjungi kota ini pada tahun 1860-an, terutama untuk bekerja sebagai buruh dan menetap di sini.

Ada beberapa tempat untuk dikunjungi di kota ini termasuk Taman Hing Hay, yang secara rutin menyelenggarakan acara dan pertunjukkan budaya. Ada juga Museum Wing Luke, yang akan Anda sukai jika Anda tertarik pada sejarah.

Restoran di sini menawarkan hidangan luar biasa. Jangan lupa datang ke Supermarket Uwajimaya. Toko ini juga memiliki food court di mana Anda dapat menikmati kuiner khas Tiongkok yang lezat. Kunjungi juga Mike's Noodle House jika Anda suka mie, bubur, dan wonton.

7. Chinatown - Washington D.C.


Chinatown di Washington D.C.

Chinatown di Washington D.C./visitwashingtondc


Tujuan utama mengunjungi kawasan Chinatown di Washington D.C. adalah makanannya. Beristirahat sejenak dari berkeliling mengunjungi monumen-monumen dan galeri potret Presiden sambil mencicipi aneka masakan di H Street yang kini berkembang pesat. Salah satu restoran terbaik di daerah ini sebenarnya adalah restoran Jepang yakni Daikaya.

8. Chinatown - Philadelphia


Chinatown di Philadelphia

Chinatown di Philadelphia/pixlpics


Kawasan ini bukanlah kawasan yang luas, tetapi setiap sudut dari kawasan Chinatown Philly ini juga patut dikunjungi. Kawasan Chinatown ini menawarkan beberapa jenis tur lengkap dengan jasa tour guide yang akan memandu Anda untuk belajar tentang sejarah, budaya, dan makanan kawasan Chinatown tersebut.

9. Chinatown - Huston

Chinatown di Houston tidak murni seluruh penduduknya merupakan etnis Tionghoa, namun ada etnis lain yang juga mendiami kawasan ini seperti keturunan Timur dan Timur Tengah. Anda dapat menikmati campuran ini di Crawfish & Noodles, sebuah restoran Cajun dari Vietnam.

10. Chinatown - Boston


Chinatown di Boston

Chinatown di Boston/nw_food_travel


Chinatown Beantown di kota Boston memiliki luas lebih kecil daripada di kawasan Chinatown di California dan New York, tetapi itu tidak membuatnya kurang menyenangkan. Cukup berjalan kaki beberapa blok dari Boston Common yang indah di kota dan Anda akan menemukan restoran dan pasar yang sangat otentik dan selalu dipenuhi hingga dengan pelanggan.

Rumah dim sum China Pearl di Tyler Street adalah salah satu favorit kota ini dengan ukuran yang sangat besar!

11. Chinatown – Las Vegas

Kata "otentik" bukanlah yang pertama kali muncul di benak ketika memikirkan kawasan ini. Chinatown di Las Vegas tergolong baru dan masih terus melakukan pengembangan. Restoran-restoran baru bermunculan di Chinatown Las Vegas, seperti District One Kitchen & Bar yang melakukan sentuhan Asia.

Demikian rangkuman dari 10 kawasan Chinatown di Amerika yang bisa Anda kunjungi ketika traveling ke sana!

Foto Teaser: instagram/sergiorene_