Perayaan Tahun Baru Imlek tahun 2020 kali ini jatuh pada tanggal 25 Januari 2020. Hari yang selalu dinanti dan ditunggu-tunggu oleh masyarakat etnis Tionghoa setiap tahunnya ini memiliki tradisi, salah satunya adanya beragam aneka hidangan kuliner khan Imlek. Selain rasanya yang enak dan lezat, ada makna khusus yang mengandung doa sekaligus harapan untuk keberuntungan di tahun depan.

Kali ini, team redaksi CASA Indonesia coba merangkum dari berbagai sumber hidangan kuliner khas Imlek yang terdiri dari makanan dan kue biasa disajikan di meja ketika perayaan Tahun Baru Imlek.



1. Teh Telur


Teh Telur/thesubversivetable


Hidangan kuliner khas Imlek ini selalu dihidangkan di atas meja ketika perayaan Tahun Baru Imlek. Telur yang direbus dengan kecap asin dan juga teh ini punya rasa yang unik, seperti telur cokelat dengan rasa manis dan juga gurih. Makna yang terkandung dalam kuliner ini dipercaya akan datangkan kesuburan.

2. Babi Panggang


Babi Panggang

Babi Panggang/taste.com.au


Selain ayam dan bebek yang menjadi kuliner khas Imlek, hidangan yang menggunakan daging babi juga tidak pernah absen untuk disantap bersama keluarga. Dengan mengonsumsi hidangan dari daging babi ini dipercaya akan menghindarkan sifat pemalas.


Baca Juga : 15 Makanan Imlek Wajib Ada dan Membawa Keberuntungan

3. Ayam Kodok


Ayam Kodok

Ayam Kodok/droolcookclub


Kuliner khas Imlek ini pun selalu tersaji di meja makan untuk dinikmati bersama keluarga besar. Hidangan kuliner ini merupakan hidangan kuliner yang menjadi ciri khas makanan khas etnis Tionghoa peranakan dengan bahan dasar ayam yang disajikan menyerupai kodok gemuk. Kuliner khas ini merupakan lambang dari kebahagiaan dan keberuntungan.

4. Abalon


Kuliner khas Imlek dari Abalon

Kuliner khas Imlek dari Abalon/bz_foodie


Abalon merupakan species dari kerrang-kerangan yang hanya bisa ditemui dalam laut yang sangat dalam. Kuliner ini tergolong makanan yang mewah karena harganya cukup mahal. Untuk ukuran besar dan kualitasnya yang baik harganya bisa mencapai Rp 15-20 juta.

Kerang istimewa ini digunakan sebagai bahan dalam pembuatan salah satu kuliner khas Imlek yaitu, Eight Treasure Soup.


Baca Juga : 5 Resto Oriental Legendaris Untuk Rayakan Imlek

5. Teripang


Hoisom atau Teripang

Hoisom atau Teripang/millenniumhotelsirihjakarta


Selain abalon, kuliner khas Imlek yang tergolong mahal adalah teripang. Fakta uniknya ketika menjelang perayaan Imlek, harga teripang ini akan jauh lebih mahal, bahkan bisa mencapai jutaan rupiah.

Kuliner ini juga bisa disebut oleh masyarakat etnis Tionghoa adalah hoisom yang maknanya harapan untuk kehidupan yang lebih baik. Biasanya teripang dimasak bersama dengan abalone dengan cara di-saute ataupun ditumis.

6. Udang


Udang

Udang/cenksarikaya_


Udang juga dalam kepercayaan etnis Tionghoa merupakan kuliner khas Imlek yang merupakan symbol dari kemakmuran. Maka tidak heran hidangan berbahan dasar udang ini selalu ada sebagai makanan yang disantap bersama seluruh anggota keluarga.

Penggunaan uang dalam masakan khas Imlek ini adalah udang dengan ukuran yang besar dan dimasak dengan bumbu khas masing-masing keluarga.

7. Sarang Burung Walet


Sup Sarang Burung Walet

Sup Sarang Burung Walet/hellonests.com


Selain menjadi salah satu kuliner khas Imlek, biasanya sarang burung walet ini juga digunakan sebagai kado pemberian untuk calon mertua.

Sarang burung walet juga menjadi salah satu tradisi Imlek di Kalimantan namun harganya jauh lebih mahal daripada abalone, dan teripang. Jika bentuknya sudah seperti mangkok, harganya bisa mencapai Rp 6 juta per kilogram.



8. Sirip Ikan Hiu


Sup Sirip Ikan Hiu

Sup Sirip Ikan Hiu/daikongogogo


Seperti, abalon, teripang, sarang burung walet, sirip ikan hiu juga pernah menjadi salah satu hidangan kuliner saat perayaan Tahun Baru Imlek. Namun, untuk bisa mencicipinya, Anda harus rela mengeluarkan uang sebesar Rp 20 – 30 juta. Meskipun demikian, saat ini menu kuliner Imlek ini sudah tidak bisa lagi dikonsumsi karena untuk mengurangi jumlah perburuan hiu yang populasinya kini makin sedikit.

9. Lumpia


Lumpia

Lumpia/foodfunandlife


Selain merupakan makanan atau snack khas Semarang, lumpia ini juga menjadi salah satu makanan dalam sajian kuliner khas Imlek yang biasa disajikan ketika kumpul keluarga. Dalam Bahasa Kanton, lumpia disebut chun juan. Warnanya yang berkilau seperti emas ini melambangkan simbol kekayaan.

10. Kue Bulan

Kue Bulan

Kue Bulan/lysa_tangkulung


Kue bulan atau dalam istilah Bahasa Inggris adalah Moon Cake ini menjadi kue berbentuk bulat yang disajikan ketika perayaan Imlek. Dalam Bahasa Hookian, kue khas Tionghoa ini disebut gwee pia atau tiong ciu pia . Sekilas memang kue ini mirip dengan bakpia, namun yang menjadi pembeda adalah dekorasi huruf atau aksara Tionghoa yang berarti “panjang umur”.  

11. Nuo Mi Fan


Nuo Mi Fan

Nuo Mi Fan/samlocalcookingexperiencehk


Ini adalah kue yang terbuat dari beras ketan yang biasa disajikan di ruang tamu untuk menyambut tamu ketika Imlek. Rasanya yang manis dan cenderung lengket ini diartikan sebagai simbol kebersamaan dan keharmonisan dalam sebuah keluarga. Jika dilihat sekilas, kue ini mirip dengan nasi goreng karena warnanya yang cokelat.

12. Kue Tapel


Kue Tapel khas Cirebon

Kue Tapel/aboutcirebon_food


Kue ini merupakan kue khas dari kota Cirebon yang juga menjadi salah satu sajian kue di Tahun Baru Imlek. Masyarakat di kota Cirebon ini banyak ditempat oleh etnis Tionghoa sehingga banyak kuliner asal Tionghoa yang dikombinasi dengan kue khas kota tersebut.

13. Kue Ku


Kue Ku

Kue Ku/alan_travellingfoodies


Selain kue keranjang sebagai kuliner khas Imlek, ada kue ku yang juga menjadi salah satu kue khas perayaan Imlek yang jadi primadona. Bentuknya yang menyerupai seperti tempurung dengan isian kacang hijau, kue ini diartikan sebagai simbol harapan untuk panjang umur.

Selain bisa dinikmati bersama dan disajikan ke tamu yang datang, kue ku ini juga dipilih sebagai sesaji untuk keluarga yang telah tiada.

14. Kue Wajik


Kue Wajik

Kue Wajik/mamahkejogja


Ternyata kue wajik bukan hanya kue tradisional Indonesia, namun kue yang dibuat dari berasa ketan dan gula merah juga sebagai salah satu kue khas perayaan Imlek. Kepercayaan etnis Tionghoa, kue ini sebagai simbol sebagai harapan agar seluruh cita-cita keluarga bisa tercapai. Selain itu teksturnya yang lengket, ini juga simbol dari jalinan persaudaraan yang kuat.

15. Onde-Onde Kuah


Onde Onde Kuah

Onde Onde Kuah/karensuriana


Berbeda dengan di Indonesia, di negeri Tiongkok onde-onde disantap dengan kuah. Menurut kepercayaan etnis Tionghoa, Bentuknya yang bulat dipercaya sebagai lamban dari keutuhan, persatuan, dan harmonisasi dalam sebuah keluarga.


Jika tradisi Imlek di keluarga Anda, mana hidangan kuliner khas Imlek yang bisa disajikan?


Foto teaser. mika_hadi