Tradisi berkumpul bersama keluarga menjadi tradisi yang selalu dilakukan ketika perayaan Tahun Baru Imlek. Selain berkumpul bersama, tradisi lainnya yakni menyantap hidangan kuliner khas Imlek bersama. Namun menikmati kuliner khas Imlek terasa tidak lengkap jika tidak dibarengi dengan menonton film-film Mandarin.




Banyak film-film Mandarin yang bisa ditonton bersama keluarga saat Tahun Baru Imlek. Kali ini redaksi CASA Indonesia coba merangkum film dengan latar oriental yang akan membuat liburan Imlek akan semakin seru.


1. IP Man

IP Man 4, The Finale

IP Man/araujo.paulinhooficial


Film yang dibintangi Donnie Yen ini memang menjadi salah satu film Mandarin yang ditunggu-tunggu. Apalagi Desember 2019 lalu sudah tayang di bioskop-bioskop Indonesia seri keempat yang merupakan seri penutup dari film ini.


Film bergenre laga ini memiliki setting oriental khas Tiongkok yang sangat kental. Mulai setting tempat, pakaian yang dikenakan Donny Yen (pemeran utama) dan teknik bela diri Wing Chun yang berasal dari Tiongkok. Bahkan film ini meyediakan dalam 3 bahasa, Indonesia, Inggris dan Mandarin untuk memudahkan setiap penontonnya.


2. Kungfu Hustle


Kungfu Hustle

Kungfu Hustle/moviematic


Film Mandarin yang resmi dirilis pada 2014 lalu sangat cocok ditonton bersama keluarga ketika merayakan Imlek. Selain sentuhan komedi dari sang aktor Stephen Chow, kesan dan latar oriental kebudayaan etnis Tionghoa zaman dulu sangat kental difilm dengan genre komedi aksi bela diri kungfu dari Hongkong dan Tiongkok.


Film ini juga menyajikan tontonan yang memadukan komedi dengan efek-efek khusus yang menyesuaikan dengan perkembangan teknologi animasi. Latar yang digunakan pada film ini adalah kota Shanghai di tahun 1930.


Baca Juga: Kunjungi 5 Destinasi Wisata Berdasarkan Film Ini


3. Shaolin Soccer


Shaolin Soccer

Shaolin Soccer/celestialmovies


Film dengan setting oriental berikutnya adalah film dari Hongkong yang dirilis di tahun 2001. Sang sutradara sekaligus pemeran utama, diperankan oleh Stephen Chow yang akan membuat film ini tidak akan membuat Anda bosan menontonnya.


Selain lucu, setting kota Hongkong yang banyak terdapat ornament-ornamen khas negeri Tiongkok menjadi hal yang ditonjolkan. Selain latar kota Hongkong, film ini juga menonjolkan teknik kungfu shaolin yang menjadi salah satu ikon dari Tiongkok.


4. Kungfu Panda


Kungfu Panda

Kungfu Panda/lacesamauit


Film ini pasti akan disukai oleh anak-anak dan akan menjadi tontonan ketika merayakan Tahun Baru Imlek nanti. Film animasi yang diproduksi oleh Dreamworks Animation disutradarai oleh Alessandro Carloni dan Jennifer Yuh mulai rilis dalam tiga seri yang bersambung, mulai 2008 (Kungfu Panda 1), 2011 (Kungfu Panda 2), dan seri terakhir Kungfu Panda 3 dirilis pada 29 Januari 2016.


Pengisi suara setiap karakter pada film ini merupakan artis-artis ternama, seperti Jackie Chan, Angelina Jolie, dan beberapa nama artis ternama lainnya. Meskipun film animasi, kesan dan setting kuil-kuil di negeri Tiongkok menjadi latar film ini. Selain itu, sama seperti film-film Mandarin lain, film Kungfu Panda ini juga mengenalkan bela diri khas Tiongkok yaitu kungfu Shaolin.


5. Crouching Tiger, Hidden Dragon


Film Crouching Tiger, Hidden Dragon

Crouching Tiger, Hidden Dragon/zhangziyi_official


Salah satu film yang akan menemani Anda dan keluarga saat Imlek adalah Crouching Tiger, Hidden Dragon. Film dengan latar beladiri dan fantasi petualangan ini merupakan film yang diambil dari novel karya Wang Dulu dengan judul yang sama. Pemeran utama dalam film ini merupakan aktor film terkenal, seperti Chow Yun Fat, Michelle Yeoh, Zhang Ziyi dan Chang Chen.

Film yang tayang perdana pada Festival Film Cannes di tahun 2000 ini memiliki setting oriental sangat kental dalam film ini. Mulai dari setting kota, bangunan, pakaian yang dikenakan hingga aksi bela diri kungfu yang semuanya berasal dari kebudayaan negeri Tiongkok. Film ini mendapat review positif dari kritikus film, bahkan Rotten Tomatoes memberikan rating 97% dari 153 review.




6. Shanghai Noon


Film Shanghai Noon

Shanghai Noon/moviesquaree


Film ini bisa jadi opsi tontonan ketika perayaan Imlek bersama keluarga di rumah. Film komedia laga ala koboi ini dibintangi Jackie Chan dan Owen Wilson merupakan film produksi Amerika yang menggabungkan dua unsur, Tiongkok dengan kungfu dan unsur western dengan suku Indian dan koboi.


7. Red Cliff


Film Red Cliff

Red Cliff/primori8


Film dengan setting peperangan ini dibuat berdasarkan kisah nyata dan peristiwa peperangan Chibi yang berlangsung pada 208-209 masehi diakhir masa Dinasti Han sebelum masuk periode Tiongkok Kuno.

Khusus di Asia, film yang dirilis dalam dua bagian (I dan II) ini memiliki durasi 4 jam. Red Cliff bagian I dirilis 2008, sedangkan bagian II nya dirilis pada awal 2009. Berbeda dengan Benua Asia, film ini hanya memilik satu versi dengan durasi selama 2,5 jam. Pada saat itu, film Asia Red Cliff ini merupakan film dengan biaya produksi termahal. Bahkan keuntungan dari film ini memecahkan rekor film box office Titanic yang tayang di Tiongkok.

Tentu film ini akan menambah keseruan Anda dan keluarga dalam menikmati perayaan Tahun Baru Imlek nanti.


8. The Great Wall


The Great Wall

The Great Wall/filmmotarjem


Film ini merupakan film bergenre petuangan dan fiksi ilmiah dengan teknologi 3D yang melibatkan 2 negara, Tiongkok dari sisi sutradara (Zhang Yimou) dan Amerika untuk penulis naskah. Bahkan untuk produksinya juga melibatkan dua production house asal China dan satu production house dari Amerika.

Nama-nama aktor terkenal seperti Matt Demon, Pedro Pascal, Willem Defou, dan juga Andy Lau akan beradu akting dalam film ini. Film ini merupakan film pertama Andy Lau dalam sebuah produk film Hollywood dan kolaborasi kedua bersama sang sutradara.

Film ini akan membuat liburan Imlek nanti menjadi lebih seru dan epic!


9. Enter the Fat Dragon


Film Enter the Fat Dragon

Enter the Fat Dragon/maactioncinema


Sukses dengan film IP Man, aktor Donnie Yen kembali menjadi pemeran utama dalam film ini. Berbeda dengan film sebelumnya, Anda akan dibuat kaget dengan perubahan karakter dan yang paling berbeda adalah penampilan aktor tersebut.

Lokasi syuting di kota Hongkong akan membuat setting oriental akan terlihat jelas. Hongkong memang mayoritas penduduknya merupakan etnis Tionghoa. Film yang akan resmi dirilis bertepatan pada Imlek 2020 ini akan menjadi pilihan lain untuk merayakan Imlek bersama keluarga.


10. Mulan


Film Mulan

Mulan/disneyliveactions


Film animasi yang diproduksi Disney pada 1998 ini akan memiliki versi remake yang akan rilis dan bisa ditonton pada 2020 ini, tepatnya pada Maret di Amerika Serikat. Film drama dengan bela diri yang merupakan cerita dari legenda Tionghoa, yaitu Hua Mulan. Untuk karakter Mulan sendiri akan diperankan oleh Yifei Liu, setelah proses casting yang melibatkan 1000 aktris. Selain Liu, ada nama-nama tenar seperti Donnie Yen, hingga Jet Li yang akan berakting untuk memerankan peran pendukung.

Meskipun tidak bisa dinikmati ketika Imlek nanti, namun ini bisa menjadi list film yang harus Anda dan keluarga tonton.


Foto teaser: @maactioncinema