Tidak terasa perhelatan Olimpiade 2020 yang akan diadakan di Jepang tinggal beberapa bulan lagi. Dengan terpilihnya Jepang sebagai tuan rumah Olimpiade 2020 kali ini, berarti ini merupakan kali ke empat (1964, 1972, dan 1998) negara Matahari Terbit atau Negeri Sakura menjadi penyelenggara.

Pemerintah Jepang melakukan berbagai persiapan, termasuk menyiapkan stadion-stadion yang akan dijadikan venue dari seluruh cabang olahraga yang dipertandingkan. Mengutip dari situs Japan RailPass, jrailpass.com bahwa sebanyak 43 venue yang akan digunakan sebagai venue di Olimpiade 2020 nanti dan ini lima stadion terkenal di Jepang diantaranya



1. Tokyo National Stadium


Tokyo National Stadium

Tokyo National Stadium/yasai_juice_01


Stadion ini merupakan venue utama yang digunakan ketika Jepang menjadi tuan tumah Olimpiade tahun 1964. Dan pada Olimpiade 2020, Tokyo National Stadium atau New National Stadium kembali menjadi venue utama sebagai menjadi tempat upacara pembukaan dan juga penutupan perhelatan kompetisi olahraga internasional yang diadakan setiap empat tahunan.

Untuk itu, stadion ini dilakukan renovasi secara besar-besaran sejak 2016 lalu. Mulai dari tampilan stadion hingga menambah kapasitas tempat duduk yang diperbanyak menjadi 80ribu kursi. Ini menggantikan Nissan Stadium di Yokohama yang disebut-sebut sebagai stadion terbesar di Jepang. Tahun 2015 pemerintah Jepang memilih Kengo Kuma untuk merancang stadion nasional yang baru di Tokyo, sebuah arena yang akan menjadi pusat bermulanya pertandingan olimpiade 2020 di kota tersebut. Proyek ini direbut secara kontroversial dari arsitek berkebangsaan Inggris Zaha Hadid, di tengah adanya kekhawatiran akan terjadi peningkatan biaya. Kuma juga memenangkan kompetisi dari rekan senegaranya Toyo Ito, yang juga telah menyampaikan visinya untuk tempat tersebut.

Diresmikan November 2019 lalu oleh Perdana Menteri Shinzo Abe dan Komite Olahraga Jepang, kini stadion yang diberi nama New National Stadium tersebut siap digunakan. Selain sebagai tempat upacara pembukaan dan penutupan, stadion ini juga diperuntukkan untuk cabang olahraga atletik dan sepak bola.

2. Sapporo Stadium


Sapporo Stadium

Sapporo Stadium/hiraku_m


Stadion sepak bola yang pernah digunakan sebagai venue Piala Dunia 2002 ini juga masuk menjadi salah satu venue Olimpiade 2020. Tidak hanya untuk laga sepak bola, stadion yang resmi dibuka pada tahun 2001 ini juga digunakan untuk pertandingan baseball. Bahkan Sapporo Stadium ini juga merupakan markas klub sepak bola Consadole Sapporo dan klub baseball Hokkaido Nippon-Ham Fighters.

Pada Olimpiade 2020 di Jepang, stadion ini akan digunakan sebagai venue khusus untuk cabang olahraga sepak bola. Stadion yang memiliki kapasitas 41ribu ini, kita akan melihat aksi para pemain kelas dunia dalam medali emas.

3. Tokyo Stadium (Ajinomoto)


Tokyo Ajinomoto Stadium

Tokyo Ajinomoto Stadium/pompommk


Stadion pertama di Jepang yang memberikan hal penamaan ke brand lain, yaitu Ajinomoto yang mendapat kontrak selama lima tahun dan sudah melakukan perpanjangan hingga kontrak ketiga. Sehingga mulai dari Maret 2003 – Februari 2019 nama Tokyo Stadium berubah menjadi Ajinomoto Stadium.



Stadion yang digunakan untuk Liga Champions Asia (AFC) ini di Chofu, Tokyo, Jepang. Pada awalnya, stadion ini didirikan pada Maret 2001 di kawasan Kanto Mura, sebuah daerah pembangunan kembali yang dulunya digunakan oleh Angkatan Bersenjata Amerika di Jepang. Stadion ini juga digunakan sebagai markas dua kub sepak bola J1 League, FC Tokyo dan klub sepak bola J2, Tokyo Verdy. Bahkan stadion ini menjadi markas sementara tim sepak bola nasional Arab Saudi ketika Piala Dunia 2002 untuk latihan.

Olimpiade 2020 kali ini, Ajinomoto Stadium menjadi salah satu stadion yang menjadi venue untuk tiga cabang olahraga, yaitu sepak bola, rugby, dan cabang olahraga yang baru dipertandingkan yakni modern pentathlon yang di dalamnya terdiri dari lima pertandingan sekaligus (berenang, anggar, berkuda, dan laser-run).

4. International Stadium Yokohama


International Yokohama Stadium

International Yokohama Stadium/dwvelarde


International Stadium Yokohama atau biasa disebut Nissan Stadium ini merupakan salah satu stadion di Tokyo, Jepang yang digunakan sebagai venue di Olimpiade 2020, Juli hingga Agustus mendatang. Stadion sepak bola yang berada di kota Yokohama ini adalah markas dari klub sepak bola ternama di Jepang, Yokohaman F. Marinos.

Stadion yang selesai dibangun pada tahun 1998 ini memiliki kapasitas sebesar 72ribu tempat duduk. Bahkan stadion ini pernah digunakan menjadi salah satu stadion sepak bola untuk pertandingan Piala Dunia 2002. Ada tiga laga di babak penyisihan dan partai final Piala Dunia 2002, Jerman vs Brazil.

Pada event Olimpiade 2020 di Jepang kali ini, Internasional Stadium Yokohama ini kembali dipilih menjadi venue untuk cabang olahraga sepak bola. Untuk menuju ke sini, Anda bisa naik kereta dan turun di stasiun ShinYokohama.

5. Miyagi Stadium


Miyagi Stadium

Miyagi Stadium/yocchi121305


Selain digunakan untuk stadion olahraga, stadion yang selesai dibangun pada tahun 2000 ini juga digunakan untuk tempat konser musik terkenal di Jepang. Mulai dari kelompok Arashi, Nogizaka46, Glay, Southern All Stars, Exile dan berbagai band lainnya.

Stadion yang banyak digunakan untuk pertandingan sepakbola dan atletik ini menjadi salah satu venue Olimpiade 2020 Juli mendatang. Stadion berkapasitas 49ribu ini dalam persiapan menyambut Olimpiade sudah melakukan renovasi yang memakan biaya sebesar 20 miliar dollar Amerika. Bahkan sebelumnya stadion ini juga sudah melakukan renovasi untuk Olimpiade tahun 2013 dengan dana sebesar 7.5 miliar dollar Amerika.

Olimpiade 2020 kali ini, Miyagi Stadium akan menggelar berbagai pertandingan dalam cabang olahraga sepakbola. Untuk mencapai stadion ini, Anda bisa menempuh selama 40 menit dengan berjalan kaki dari stasiun Rifu.

Itulah lima stadion di Jepang dari total 43 tempat yang akan dijadikan sebagai venue Olimpiade 2020 nanti.


Foto teaser. @chiyuki_arita