Bigert & Bergström, seniman asal Swedia yang terdiri dari Mats Bigert dan Lars Bergström. Mereka mulai berkolaborasi sejak tahun 1986, dan menghasilkan banyak karya, salah satunya pada tahun 2017 mereka berhasil membuat Solar Egg.







Sebuah tempat sauna berbentuk telur yang dibuat khusus untuk orang-orang Kiruna setelah kerusakan yang disebabkan oleh penambangan besi yang mengakibatkan relokasi di seluruh kota Swedia.


Baca juga, Sister City, Hotel Bernuansa Sauna di Kota New York




Oleh karena itu mereka ditugaskan oleh Riksbyggen developer untuk merancang monumen peringatan relokasi kota mereka. Disaat seluruh kota digeser beberapa kilometer ke arah timur, White Arkitekter, biro arsitektur asal Swedia ini mengerjakan proyek telur emas setinggi lima meter dengan lebar empat meter.


Baca juga, 7 Destinasi Spa Terbaik dari Aman Hotels & Resorts






Telur ini terdiri dari 69 lembar stainless-steel berlapis emas yang membentuk oval. Bentuk telur ini ditujukan kepada iklim dengan lingkungan bersalju yang tercermin dari permukaan cermin emas yang menyelimutinya.


Baca juga, Liburan Anak Anti Mainstream di Acquaree Kids Spa, JHL




Di bagian dalam, terdapat pembakar kayu yang terbungkus oleh sangkar besi berbentuk anatomi jantung yang dapat menghantarkan panas hingga 85 derajat celcius. Serta bangku yang terbuat dari kayu aspen untuk tempat duduk berkapasitas hingga delapan orang. 


Sumber foto + teaser: Jean-Baptiste Béranger / dezeen