Memiliki dapur yang berantakan dan tidak tertata rapi adalah hal yang paling tidak diinginkan oleh hampir semua orang. Namun, hal ini dapat diatasi dengan penggunaan rak dapur yang bisa menyesuaikan dengan ruang dapur yang Anda miliki di rumah. Rak dapur biasanya digunakan sebagai tempat menyimpan peralatan masak, peralatan makan, atau bumbu dapur. Untuk Anda yang memiliki ruang dapur yang tidak terlalu besar, beberapa rak dapur minimalis berikut ini dapat menjadi inspirasi.


1. Rak Dapur Minimalis dengan Nuansa Kayu

rak dapur minimalis       

                                    (Foto: Dok. Minq Bui, Arsitek: A-Boom Design Office (@aboomdesign) )




Nuansa kayu pada rak dapur minimalis dapat menghadirkan kesan unik dan kesan alami pada area memasak Anda. Selain itu, rak dapur minimalis berbahan kayu solid juga dinilai lebih tahan lama jika dirawat tepat. Agar rak dapur minimalis berbahan kayu lebih awet digunakan, Anda dapat memolesnya dengan minyak atau wax


Jika Anda membutuhkan lebih banyak ruang untuk menyimpan peralatan masak dan peralatan makan, Anda dapat memilih lemari rak dapur kayu minimalis yang tinggi. 


2. Rak Dapur Minimalis Berbahan Stainless Steel 

Rak dapur minimalis

                                                                        (Foto: Dok. Backsplash / Pinterest)


Sudah sejak lama, bahan stainless steel menjadi bahan favorit bagi beberapa perabot rumah tangga, terutama perabot dapur. Ini karena bahan stainless steel dinilai lebih kuat, lebih mudah dibersihkan, dan lebih awet digunakan hingga bertahun-tahun, sehingga sangat cocok digunakan di area memasak yang rentan terkena noda minyak, saus atau lainnya saat memasak. Kesan mengkilap dari perabot berbahan stainless steel ini juga dapat menciptakan kesan elegan pada dapur Anda.


3. Rak Dapur Gantung Model Terbuka

Rak dapur minimalis

                                                                (Foto: Dok. Mother Earth Living / Pinterest)


Mengaplikasikan rak dapur gantung minimalis dengan model terbuka membuat Anda lebih mudah untuk menjangkau peralatan-peralatan yang diletakkan pada rak tersebut. Namun, pastikan untuk selalu memerhatikan kebersihan dan kerapian peralatan dapur jika Anda memilih menggunakan rak dapur model ini. 


4. Rak Dapur Dengan Pintu Kaca

rak dapur minimalis

                                                                            (Foto: Dok. Magda (@love_lives_here) )                                                      




Dengan menggunakan pintu kaca pada kabinet rak dapur, Anda dapat berkreasi dalam menata peralatan-peralatan dapur. Piring dan gelas yang tertata rapi bisa menjadi unsur estetika pada dapur yang terlihat berkat penggunaan kaca. 


5. Lemari Rak Dapur Dengan Desain Ramping dan Tinggi

Rak dapur minimalis

                                                                            (Foto: Dok. IKEA / Pinterest)


Jika Anda tidak ada cukup ruang untuk menambahkan rak dapur dinding, lemari rak dengan desain yang ramping dan tinggi bisa menjadi pilihan terbaik karena dapat menghemat ruang di area memasak. Memiliki desain yang ramping dan tinggi membuat lemari rak ini dapat diletakkan di pojok dapur. Meskipun tidak terlalu besar, namun lemari rak dengan desain seperti ini tetap dapat menampung cukup banyak barang. 


6. Gunakan Rak Tambahan untuk Memaksimalkan Ruang Kabinet Dapur


                                                                (Foto: Dok. MDesign Home Decor / Pinterest


Perlu ruang tambahan untuk menyimpan perlengkapan makan atau memasak yang cukup banyak? Anda dapat menggunakan rak tambahan untuk memaksimalkan ruang di dalam kabinet dapur. Dengan begitu, Anda dapat memanfaatkan tinggi kabinet untuk menyimpan lebih banyak barang. Selain itu, rak tambahan ini juga dapat membantu Anda untuk mengelompokkan peralatan dapur di dalam lemari, sehingga terlihat lebih rapi. 


7. Rak Dapur Kabinet Yang Terletak Di Bawah

rak dapur minimalis

                                                        (Foto: Dok. Martha Stewart Living / Pinterest)


Jika Anda memiliki hunian yang tidak terlalu luas, Anda dapat menggunakan rak dapur kabinet yang terletak di bawah, agar terhindar dari kesan ruangan sempit. Agar lebih fungsional, rak dapur kabinet yang terletak di bawah juga dapat Anda manfaatkan sebagai meja preparation


(Teaser: Dok. Karola Smyk (@smyk_w_kuchni_blog) )