Ingatkah Anda kapan terakhir kali mencuci gorden? Gorden adalah hiasan rumah yang sering luput dari perhatian. Padahal sebaiknya gorden dicuci setiap 3-6 bulan sekali. Mengapa? Posisi gorden menggantung di jendela atau pintu selama beberapa bulan, membuatnya menjadi salah satu tempat bersarangnya debu. Gorden yang kotor, tentunya tidak baik untuk kesehatan keluarga di rumah. Oleh karena itu, berikut ini tips merawat gorden di rumah. 


Kenali Bahan Gorden

Tips merawat gorden

                                                                               (Foto: Dok. Anthropologie )




Perlu diketahui, tidak semua jenis bahan gorden dapat dicuci dengan menggunakan mesin cuci. Karena ada beberapa jenis bahan gorden, seperti beludru yang memerlukan perawatan khusus. 


Untuk bahan beludru hindari memeras gorden bahan ini dengan cara memelintirnya, karena akan membuat bulu-bulunya mudah rontok. Sementara gorden bahan chenille harus dilakukan dry cleaning, karena mencucinya dengan cara biasa justru dapat membuat gorden menciut. 


Namun, untuk bahan gorden lainnya seperti katun, polyester atau satin yang bersifat ringan, umumnya dapat dicuci biasa dengan menggunakan mesin cuci. Oleh karena itu, selalu perhatikan jenis bahan gorden sebelum mencucinya. Sebab, salah dalam teknik pembersihan, tentu akan membuat gorden lebih cepat rusak.


Perhatikan Cara Menjemur Gorden

Tips Merawat Gorden

                                                                    (Foto: Dok. Martha Stewart Living / Pinterest)




Setelah mencuci, Anda bisa menjemur gorden dengan menggantungnya di tali jemuran atau sejenisnya. Namun, hindari untuk menjemur gorden secara langsung di bawah sinar matahari, agar warna gorden lebih tahan lama. Untuk poni gorden, usahakan untuk dijemur sama seperti saat poni gorden menggantung di jendela atau pintu, agar tidak berubah bentuk. 


Setrika Gorden agar Kembali Ke Bentuk Semula

Tips merawat gorden

                                                                                            (Foto: Dok. West Elm/ Pinterest)

        

Saat menyetrika gorden yang perlu diperhatikan adalah mengatur panas setrika, tidak terlalu panas dan sesuai dengan bahan gorden, sehingga tidak merusak gorden. Lalu, setrika perlahan-lahan sesuai lipatan atau jalur, mulai dari bawah ke atas, agar bentuknya tetap sama dan rapi. 


Bersihkan Peranti Logam Gorden

Tips merawat gorden

                                                    (Foto: Dok. Michaela Diane Designs / Pinterest)


Pastikan peranti logam pada gorden seperti kawat, smock ring, dan besi dilepas terlebih dahulu sebelum mencucinya. Hal ini dilakukan untuk menghindari karat yang tentu saja bisa merusak gorden. Peranti logam pada gorden ini bisa kamu bersihkan dengan menggunakan lap kering hingga tidak ada debu yang tersisa. 


(Teaser: Dok. Andre Monteiro Fotografia Arsitek: Carla Felippi ( @caralafelippi_arquiteta ) )