Sedang membangun rumah dan ingin menciptakan tampilan yang mewah dan elegan? Material marmer merupakan salah satu pilihan yang tepat untuk membuat rumah menjadi mewah meski luasannya tidak terlalu besar. Keunggulan marmer memang terletak di ciri khas urat-urat yang meliputi permukaannya hingga tingkat kejernihan marmer. Sebagai petunjuk, harga untuk marmer sendiri sangat bervariasi tergantung tingkat kelangkaan, nilai impor, dan kualitas batuannya.

Berikut adalah 5 jenis marmer yang lazim digunakan untuk membuat tampilan rumah kian mewah!

Marmer Ujung Pandang




Marmer Ujung Pandang (Foto: marmer-granitmurah.com)

Jenis marmer Ujung Pandang memang batuan yang paling umum kita temui pada rumah. Terutama rumah-rumah yang dibangun tahun 80-90an. Namun jangan salah, jenis marmer yang berasal dari Sulawesi ini adalah marmer lokal favorit asal Indonesia lho! Ciri khas marmer Ujung Pandang terletak di warna yang menyerupai warna gading dan kecokelatan. Begitu mewah bila dipasangkan dalam ruangan dengan pendar lampu kuning dan temaram. Harganya pun cukup terjangkau dan memiliki motif urat dan kilap yang tidak kalah dengan marmer impor. Selain Ujung Pandang, jenis marmer dari Tulungagung juga memiliki karakteristik yang serupa dengan marmer Ujung Pandang.

Marmer Statuario

Dominasi putih pada marmer statuario (Foto: gmst.co.id)

Marmer statuario adalah jenis marmer yang juga menjadi material favorit untuk rumah modern saat ini. Ciri utama dari marmer statuario adalah warnanya yang didominasi putih dengan urat tegas dan samar berwarna keabuan. Jenis marmer statuario ini sering dipasangkan pada lantai, top table kamar mandi, top table dapur, dan juga sebagai ornamen dinding. Warna yang lembut dari marmer statuario dipercaya membuat rumah menjadi sejuk dengan paras yang elegan. Marmer statuario biasanya dijual dalam potongan slab atau luas karena orang mencari pertemuan garis urat yang sama untuk mempertahankan keindahannya.

Marmer Limestone



Contoh aplikasi marmer Limestone pada lantai kolam pinggir kolam renang (Foto: myfancyhouse.com)

Bila Anda ingin membangun rumah dengan gaya vila tropis ala Bali modern, jenis marmer Limestone adalah andalannya! Saat menginap di vila, Anda pasti menemukan material marmer Limestone ini di area teras atau kolam renang maupun kamar mandi. Marmer Limestone memiliki ciri warna kuning serta kehijauan dengan permukaan yang agak kasar. Oleh karena itu, marmer limestone sering dipakai pada area outdoor atau area yang berhubungan dengan air karena tidak licin dan tahan segala jenis cuaca.

Marmer Travertine

Aplikasi marmer Travertine pada dinding (Foto: pinimg.com)

Sama seperti marmer Limestone, marmer Travertine juga lazim dijumpai pada rumah-rumah modern bergaya tropis elegan. Marmer Travertine ini biasanya dipakai sebagai dinding fasad, lantai, maupun area teras dan swimming pool. Ciri khasnya terletak pada warna kecokelatan dengan urat lurus yang seragam. Dengan tampilan yang begitu elegan, marmer jenis Travertine juga menjadi material favorit untuk mendandani ekterior rumah supaya tampak mewah.

Marmer Onyx

Aplikasi marmer Onyx pada kamar mandi yang super mewah (Foto: emperorhouse.com)

Gurat dari urat pada marmer Onyx membuatnya bisa dikatakan sebagai sosialita di kelas marmer. Marmer jenis Onyx merupakan marmer yang langsung diambil dari potongan gunung marmer yang terbentuk dari kristal endapan beragam mineral. Marmer Onyx sendiri biasanya diimpor dari Italia sehingga harganya cukup membuat kantung bernyanyi. Berkat keidahannya, marmer Onyx sering dijadikan sebagai ornamen dinding dan juga lantai. Tidak hanya itu, pada beberapa seri marmer Onyx langka, marmer tersebut digunakan sebagai material lantai kamar mandi sehingga ritual mandi Anda serupa kaisar Romawi.