Euforia pelantikan Presiden AS Joe Biden memang mencuri perhatian dunia. Begitu banyak harapan yang diberikan kepada pasangan Presiden Joe Biden dan Wakil Presiden Kamala Harris untuk membawa perubahan baru bagi Amerika Serikat. Selain siap menempati The White House sebagai kediaman resmi dan berkantor di Ruang Oval, perhatian juga tertuju pada kendaraan resmi kepresidenan yang akan ditunggangi Presiden Joe Biden selama bertugas.


Ternyata, kendaraan yang akan dipakai Presiden Joe Biden masih peninggalan dari Presiden Donald Trump. Kendaraan resmi Presiden AS atau dikenal dengan kode POTUS (President of The United States) dinamai The Beast. Beast yang bermakna raksasa dan garang bukan tanpa alasan. Mobil berjenis sedan limosin tersebut memang berukuran besar, panjang, dengan spesifikasi keamanan paling top dan rahasia di dunia.

tongkrongan the beast yang sangar dan gagah (foto: nbc news)


mobil kepresidenan as tersebut bermerek cadillac one dengan tongkrongan yang mirip seperti cadillac ct6. kendaraan presiden biden ini merupakan generasi kedua dari cadillac one. walau masuk dalam kategori sedan limosin, dimensi cadillac one ini sangat besar dengan tinggi lebih dari sebuah mobil medium suv. bahkan diameter bannya saja ditengarai menyamai ukuran ban truk medium.


badan dari mobil kepresidenan as ini terbuat dari plat besi lapis baja tebal yang dipadukan dengan alumunium, keramik, sampai titanium. perhatikan saat seorang presiden as akan turun atau naik menuju mobilnya, pasti akan terlihat sang ajudan sekuat tenaga membuka pintunya. ini karena untuk pintu saja tebalnya mencapai 8 inci serupa dengan tubuh pesawat boeing 757.
sementara untuk roda dan kaki-kaki, cadillac one untuk potus memiliki spesifikasi keamanan paling premium. roda dan kaki mobil ini disebut mampu bermanuver dalam keadaan apapun baik banjir hingga serangan roket mendadak. pihak protokol gedung putih maupun cadillac sebagai pabrikan mobil potus memang tidak pernah melansir secara gamblang spesifikasi cadillac one demi keamanan negara as.


tetapi dalam beberapa kesempatan pernah dilansir foto-foto baik eksterior lengkap sampai interior cadillac one yang membuat siapapun segan terhadap kegagahan the beast. pada bagian interiornya, selain anti peluru hingga rudal, tersedia perangkat oksigen darurat dan sistem komunikasi super canggih yang memungkinan presiden joe biden mengatur jalannya negara as dari dalam mobil.

Gambaran deskripsi kecanggihan The Beast (Foto: News18)

Oleh karena itu, tidak heran bila The Beast selalu mengantar kemanapun Presiden AS bertugas di seluruh penjuru dunia. Seperti kunjungan Presiden Barack Obama ke Indonesia beberapa tahun lalu misalnya, The Beast ikut menggilas jalanan ibu kota selama Presiden Obama bertandang. The Beast tidak hanya diproduksi satu melainkan beberapa untuk setiap kondisi yang diperlukan Presiden AS.


Misalnya, saat Presiden AS akan melakukan perjalanan luar negeri, The Beast bisa diterbangkan terlebih dahulu ke Negara tujuan dengan pengawalan super ketat. Untuk rincian harga? Beberapa media mengabarkan bila satu mobil Cadillac One The Beast dibanderol hingga 20 miliar Rupiah lebih dengan spesifikasi yang sama untuk semua produknya. Let’s roll, Mr. President!