Annyeong-haseyo! Sapaan tersebut berarti ‘Halo’ dalam Bahasa Korea. Selama satu dekade terakhir, minat masyarakat akan dunia hiburan dan budaya Negeri Ginseng ini meningkat drastis. Mulai dari industri musik boyband dan girlband, kuliner, hingga drama Korea telah menjadi hiburan sehari-hari bagi masyarakat, terutama saat pandemi ketika masyarakat memiliki lebih banyak waktu untuk menikmati hiburan tersebut.


Baca juga: PSBB Lanjut Lagi? Lepas Stress dengan 6 Drama Korea Ini





Ketika menonton drama Korea, apa hal pertama yang Anda perhatikan dari tontonan tersebut? Apakah aktor ganteng dan aktris cantiknya? Akting dan cerita romansa yang begitu menggemaskan? Atau makanan-makanan pedasnya yang terlihat menggiurkan? Bagi Tim Editorial CASA Indonesia, selain hal-hal tersebut kami juga sering kali memperhatikan desain interior dan dekorasi rumahnya yang memanjakan mata. Tata rumah dan dekorasi yang cantik membuat rumah-rumah di dalam drama Korea terkesan estetik dan rapi. Tak ayal banyak orang yang menginginkan rumah idaman mereka well-decorated bak rumah-rumah di dalam drama Korea.


Jika Anda juga menginginkan dekorasi rumah idaman ala drama Korea, simak beberapa highlight rumah dalam drama Korea berikut pilihan CASA Indonesia!


1. Rumah Mewah nan Minimalis ala ‘Secret Garden’


Rumah pertama yang akan dibahas adalah rumah mewah milik CEO sukses Kim Joo-Won yang diperankan oleh Hyun Bin dalam drama Secret Garden. Serial TV yang menceritakan tentang CEO kaya raya yang jatuh cinta kepada wanita sederhana Gil Ra-Im yang diperankan oleh Ha Ji-Won.



Rumah Kim Joo-Won dalam Secret Garden / SBS



Rumah besar dengan jendela floor-to-ceiling dan konsep open space yang ditampilkan merupakan representasi kemewahan lengkap dengan penggunaan lantai marmer dan suasana rumah serba putih yang mendukung gaya minimalis.



Main room Rumah di Secret Garden / SBS


Penggunaan furnitur modern dengan bentuk organis dan dekorasi minimalis dengan dominasi warna monokrom membuat rumah ini memiliki ciri tersendiri dalam membangun kesan gaya hidup mewah yang dimiliki oleh pemerannya.


Baca juga: Cuci Mata Furnitur Hits ala Korea Hanya di Wonderaum


2. Rumah Abadi milik Gong Yoo dalam ‘Goblin’


Pecinta drama Korea pasti sudah tidak asing lagi dengan aktor kawakan Gong Yoo yang berperan sebagai Goblin di serial ini. Bersama Lee Dong-Wook yang berperan sebagai Grim Reaper, serial romansa ini menceritakan tentang keabadian Goblin di dunia sebelum akhirnya bertemu dengan seorang wanita biasa yang dapat membuat keabadiannya musnah.



Rumah dalam serial Goblin / tvN


Rumah yang ditinggali oleh Goblin merupakan penggabungan gaya klasik dan modern yang memanjakan mata dengan elemen-elemen interior yang artistik, jendela besar berbentuk arch dan pilihan furnitur yang solid memperlihatkan bahwa rumah ini bukan sembarang rumah, namun rumah milik makhluk abadi.



Meja makan ikonik dengan jendela besar dalam Goblin / tvN


Didominasi dengan warna putih dan cokelat, membuat rumah ini terlihat nyaman namun tak menghilangkan sisi megah dari rumah ini.



3. Apartemen Minimalis Do Min Joon dalam ‘My Love From the Star’


Menceritakan tentang seorang alien yang tersesat di bumi 400 tahun lalu, Do Min-Joon yang diperankan oleh Kim Soo-Hyun memiliki paras yang ganteng dan sempurna. Sebagai makhluk dari luar bumi, Do Min-Joon selalu bersikap sinis kepada manusia, hingga akhirnya ia jatuh cinta dengan seorang aktris bernama Cheon Song-Yi yang diperankan oleh Jun Ji-Hyun.



Apartemen Do Min-Joon dalam serial My Love from The Star / Tobosu


Di dalam cerita, keduanya tinggal di sebuah unit apartemen yang letaknya bersebelahan. Baik apartemen milik Do Min-Joon maupun Cheon Song-Yi, keduanya memiliki gaya minimalis modern dengan nuansa hitam dan putih dan pemilihan furnitur modern serba putih. Uniknya, di dalam apartemen ini juga terdapat sebuah area taman kecil atau inner courtyard yang dapat digunakan sebagai area bersantai.





Ruang kerja dan perpustakaan pribadi milik Do Min-Joon / SBS


Di dalam apartemen ini juga terdapat ruang kerja dengan rak buku yang dibuat seperti ruang perpustakaan pribadi khusus untuk membaca dan bekerja milik Do Min-Joon.


Baca juga: Wow! Drama Hits Korea 2020, Semua Pakai Furnitur Ini! 


4. Rumah Trendi nan Canggih ala ‘Crash Landing on You’


Hadir pada akhir 2019, serial drama Korea bertajuk romansa ini menghadirkan animo yang cukup tinggi pada pecinta drama Korea. Pasalnya cerita yang dimulai oleh seorang anak konglomerat yang sedang melakukan paralayang dan mengalami kecelakaan yang membuatnya harus mendarat di wilayah Korea Utara. Drama yang diperankan Son Ye-Ji sebagai Yoon Se-Ri dan aktor kawakan Hyun Bin sebagai tentara ganteng Lee Jung-Hyeok ini berhasil mencuri hati masyarakat terhadap cerita dan visualnya.



Rumah Se-Ri dalam Crash Landing on You /  Homedecor


Jika Anda salah satu yang mengikuti hype drama ini, Anda pasti tak asing dengan kehadiran rumah trendi nan canggih milik Se-Ri. Interiornya yang khas, terutama dengan hadirnya elemen interior yang canggih juga bentuk-bentuk geometris yang hadir sebagai aksen di dalam rumahnya.



Tampilan Geometris rumah Se-Ri / Metrostyle


Gaya interior modern dengan visual yang hangat dan warna-warna kontras berani dihadirkan sebagai representasi dari pemiliknya, Se-Ri yang merupakan wanita dari keluarga konglomerat yang memiliki kekuasaan. Selain itu, hadirnya dekorasi dengan bentuk yang unik juga menambah ramai rumah ini.



Selain mengintip rumah-rumah ala drama Korea di atas, beberapa tips dekorasi yang bisa Anda aplikasikan di dalam rumah Anda untuk memiliki rumah dengan dekorasi ala Korea sebagai berikut:


Pilihlah warna cat dinding yang netral

Penggunaan warna netral dengan tone yang terang akan membuat tampilan dinding polos Anda menjadi bersih dan akan mudah dipadukan dengan warna-warna lain sebagai furnitur atau dekorasi. Warna-warna seperti putih, krem, putih gading dan abu-abu muda dapat menjadi pilihan Anda.


Gunakan furnitur minimalis berbahan kayu

Furnitur berbahan kayu seringkali digunakan oleh masyarakat untuk mendapatkan dekorasi serupa dengan rumah-rumah ala Korea. Ketika menggunakan furnitur yang minimalis dengan bahan kayu, tampilan akan otomatis menjadi estetik. Namun, jangan lupa untuk memperhatikan bentuk dan jenis kayu yang digunakan sebagai furniturnya, ya!


Baca juga: 6 Barang Wajib Untuk Dekor Kamar Ala Drama Korea! 


Manfaatkan bukaan dalam rumah

Salah satu kunci untuk mendapatkan rumah dengan suasana yang cozy bak drama Korea adalah memanfaatkan bukaan dalam rumah. Jendela besar floor to ceiling dapat menjadi pilihan. Namun, pastikan arah jendelanya, ya! Menghadap ke Utara atau Selatan merupakan pilihan terbaik.


Tambahkan lampu dengan warna hangat

Penggunaan cahaya buatan di dalam ruangan dapat menciptakan suasana tertentu. Untuk meniru suasana ala rumah di drama Korea, Anda dapat menyimpan lampu-lampu di beberapa titik dengan warna-warna hangat. Tidak perlu terlalu terang, lampu-lampu tersebut juga dapat digunakan sebagai focal point di dalam ruangan.


Pilih dekorasi untuk menjadi aksen

Untuk mendapatkan kesan estetik dari ciri khas rumah ala Korea, bukan berarti Anda harus menggunakan seluruh dekorasi yang polos dan netral. Tambahkan beberapa warna dan tekstur yang mencolok di beberapa objek untuk membuat aksen. Penggunaan warna yang terang dengan motif kotak atau tekstur yang lebih berbulu seringkali digunakan sebagai aksen.




Melihat-lihat dekorasi rumah cantik bak drama Korea merupakan hal yang menyenangkan dan memanjakan mata. Anda juga dapat membuat suasana ala drama Korea di rumah Anda dengan tips-tips di atas. Dari highlight rumah ala drama Korea dan tips yang sudah diberikan, mana yang jadi favorit Anda?


Foto teaser: CDN Home Design
Teks oleh: Atsmara Tsaniya